Search

Kombinasi Teknologi AI dan IoT? AIoT, Why not?

Updated: Jun 29, 2021



Ingatkah readers dengan mobil self-driving buatan Tesla? atau robot pelayan di suatu restoran di Jepang? Apakah readers pernah membayangkan teknologi apa yang bekerja dalam robot dan mobil tersebut? Jawabannya adalah Artificial Intelligence dan Internet of things. Yaps, tentunya beberapa dari readers sudah menduga hal ini, tetapi pernahkan kalian mengetahui bahwa kombinasi dari kedua teknologi tersebut akan membawa kita ke tingkat teknologi yang lebih tinggi dan menguntungkan. Tentunya dengan segala syarat dan ketentuan yang ada. Nah, readers udah penasaran belum, sebenarnya keuntungan dan kegunaan lain dari kombinasi AIoT apa aja sih? Yuk, simak artikel berikut!


Mengapa AIoT menjadi sorotan?

Nyatanya, penggunaan artificial intelligence dan Internet of Things sudah sangat menjamur di berbagai sektor. Bahkan, Head of Equity dari MNC Sekuritas, Bapak Frankie Wijoyo Prasetio mengatakan bahwa indeks saham di bidang teknologi mengalami kenaikan yang paling tinggi di awal tahun ini hingga mencapai 191%. Kondisi pandemi yang belum kunjung usai membuat penanaman saham di sektor teknologi meroket naik, ditambah lagi saat Go-jek dan Tokopedia merger menjadi GoTo.

Data yang diambil dari Recent Tech Trend Survey juga menunjukkan bahwa 67% dari popularitas teknologi dunia saat ini didominasi oleh internet of things dan Ai mendominasi sebesar 60%. Peningkatan investasi di sektor teknologi tentunya menjadi angin segar bagi developer untuk membangun inovasi baru dengan menggunakan AIoT, atau bahkan mengkombinasikan kekuatan dari keduanya.


Benua Asia bahkan diprediksi menjadi pasar IoT terbesar dalam kurun waktu sepuluh tahun kedepan. Hal ini didukung dengan data yang mengatakan bahwa 36% perusahaan di berbagai sektor di Asia sudah mengadopsi AIoT dalam menjalani bisnisnya. Bahkan, konser K-pop star sudah banyak yang dilaksanakan secara online dengan memberi kesan seperti menghadiri konser secara langsung. Keajaiban gabungan teknologi IoT dan Ai memang sudah benar-benar hebat dan menjadi bayangan kehidupan di masa depan.


Bagaimana Kombinasi AI dan IoT?

sumber : myreadersspace.com
sumber : myreadersspace.com

Sebelum beranjak lebih jauh, tahukah kamu bahwa kombinasi antara AI dan IoT biasa disingkat menjadi AIoT. Masih belum familiar? Ini dia cara kerjanya!

Seperti yang diketahui bahwa IoT merupakan sebuah sistem yang memiliki sensor dan mampu mengumpulkan data dari hasil temuan sensor selama periode waktu tertentu. Lalu, dimanakah penggunaan AI?. IoT memiliki tugas untuk menangkap data melalui sensor, mengkomunikasikan kepada user, mengumpulkan data, menganalisisnya, dan berakhir pada reaksi yang harus dilakukan ketika sesuatu terjadi di luar hal sewajarnya.

Nah, disinilah AI beraksi. AI seringkali kita temui dalam bentuk robot atau perangkat lain yang dapat melakukan satu atau beberapa hal untuk membantu kerja manusia. AI akan merespon secara cepat atas hal tersebut dan melakukan aksi untuk menyesuaikan keadaan kembali seperti semula. Tentunya AI harus di program sebelumnya untuk menetapkan aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan pada beberapa kondisi sehingga meminimalisir kesalahan reaksi.


Keuntungan AIoT


Sebelumnya telah disebutkan bahwa banyak investor yang menanamkan modalnya di pasar teknologi. Jika banyak investor yang siap memberikan modal yang tak terhingga pada sektor ini, tentunya mereka berharap keuntungan yang besar. Nah, yuk kita bahas keuntungan kombinasi teknologi ini.

  1. Membuat sistem operasi perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien. Keberadaan dari AIoT di suatu perusahaan akan memberikan dampak yang besar dalam proses penggunaan mesin atau alat lainnya. Kombinasi tersebut dapat mendeteksi proses produksi bagian mana yang banyak memakan waktu dan proses mana yang dapat disesuaikan sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja dalam suatu proses produksi. AIoT mampu menganalisis kondisi alat dan mesin sehingga memastikan semua berjalan secara optimal, efektif, dan efisien.

  2. Manajemen resiko yang lebih baik Penggunaan AIoT dalam suatu perusahaan dapat digunakan untuk memprediksi besarnya resiko dan memberikan reaksi atas kemungkinan kerugian yang akan terjadi. Program ini akan membantu pengusaha untuk menghemat kerugian finansial, sistem K3, dan ancaman hacker.

  3. Memancing inovasi produk baru dalam perusahaan Kemampuan analisis data dari IoT akan membantu developer dalam mengevaluasi barang dan jasa. Di sisi lain, AI akan mengeksekusi dan membantu mereka untuk menemukan inovasi baru yang belum ada sebelumnya.

  4. Meminimalisir down-time dalam industri Pernah mengalami mati mesin dalam proses produksi? AIoT adalah jawabannya. Waktu yang dihabiskan untuk memperbaiki mesin tersebut tentunya akan merugikan perusahaan karena mengurangi jumlah target produksi yang sudah ditetapkan. Adanya sistem pendeteksi dari IoT dan perawatan rutin dari AI akan menjaga performa mesin dan. Kombinasi ini juga mampu memprediksi mati mesin yang akan terjadi sehingga pengelola dapat mempersiapkan resiko-resiko yang mungkin akan terjadi. Sangat menguntungkan, bukan?

Gimana pandangan readers setelah membaca artikel di atas? Menjadi tertarik untuk menggunakan teknologi AIoT? Namun, perlu diingat bahwa setiap inovasi yang dilakukan perlu adanya proses penelitian dan riset yang panjang sehingga perlu kesabaran untuk kamu para developer. Selain itu, perlu proses pengembangan dan implementasi atas teknologi yang dibuat agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat luas. Selalu ingat bahwa semua kemudahan yang diciptakan oleh AIoT bukan sebuah jawaban dari pertanyaan, tetapi tantangan untuk bergerak maju kedepan! Selamat berkarya!


"Success in creating AI would be the biggest event in human history. Unfortunately, it might also be the last, unless we learn how to avoid the risks." - Stephen Hawking


Baca Juga :



Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, Jika ada saran, kritik maupun pertanyaan silahkan kirim pesan ke:


PT. Karya Merapi Teknologi

contact@kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!


YouTube: https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia

Instagram: https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/

Facebook: https://www.facebook.com/kmtech.id

LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/kmtek



Referensi :


701 views1 comment

Recent Posts

See All