Search

Aplikasi Cloud Computing dalam Dunia Bisnis


Ilustrasi cloud computing
Ilustrasi cloud computing

Sumber : Pixabay


Kemajuan teknologi membuat manusia dapat mewujudkan apapun yang mereka inginkan. Segala bentuk keinginan mereka diutarakan dan diaplikasikan menggunakan teknologi terbaru sehingga tidak lagi dengan cara manual. Perubahan ini membawa manusia ke generasi baru dalam bekerja, sekolah, dan kegiatan lainnya. Aplikasi teknologi membuat pekerjaan mereka menjadi lebih praktis bahkan tidak perlu mengingat hal yang kompleks dalam mengerjakan suatu hal. Mereka hanya perlu membuat sistem sesuai dengan tujuannya dan didapatkanlah sebuah sistem kerja yang sederhana. Memang tidak semua orang dapat menggunakan dan mengaplikasikan hal tersebut, tetapi untuk orang-orang yang memiliki bakat dan minat di bidang tersebut dapat dengan mudah memberdayakan sumber daya teknologi menjadi suatu hal yang brilian.

Contoh mudahnya adalah saat kita menyimpan suatu memori atau data saat ini. Semuanya dapat dengan mudah dikumpulkan dalam satu folder yang bahkan dapat diakses secara real time. Data - data yang disimpan dalam suatu aplikasi, web, ataupun penyimpanan lain yang ada dalam internet akan diolah menggunakan suatu pusat yang dinamakan cloud computing. Apa itu cloud computing dan apa keuntungannya? Yuk simak artikel berikut untuk mempelajari lebih lanjut soal cloud computing.


Apa itu Cloud Computing?

Sumber : Pixabay
Sumber : Pixabay

Cloud computing adalah teknologi yang membuat internet menjadi pusat suatu sistem untuk mengolah suatu data. Teknologi ini juga mempermudah interkoneksi kumpulan data sehingga dapat dijalankan melalui saluran analitik untuk memberikan informasi data kepada user. Cloud computing juga membantu memetakan identifikasi untuk di seluruh bagian data yang berbeda-beda sehingga sebagai user kita dapat membuat fitur barcode untuk memanajemen data yang user miliki. Cloud computing mampu menghubungkan data dengan aplikasi user ataupun menjalankan suatu data tanpa install aplikasi terkait. Keuntungan lain yang didapatkan dari cloud computing adalah terdapat lapisan yang dapat menormalisasi, mengkombinasi, dan menyatukan data yang di input. Bahkan, ada kemungkinan yang menyatakan bahwa cloud computing mampu mengevaluasi dan mengakurasi data sehingga membantu sebuah perusahaan untuk membuat keputusan yang tepat.

Teknologi ini juga tergolong murah sehingga akan menghemat biaya yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Teknologi ini banyak digunakan karena menyediakan tempat penyimpanan yang fleksibel dan efisien. penyimpanan/storage merupakan hal yang vital bagi sebuah perusahaan karena seluruh hasil analisis, data konsumen, data perusahaan, dan hal lainnya membutuhkan tempat penyimpanan yang besar. Maka dari itu, cloud computing menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut. Data yang disimpan dalam cloud computing juga terjaga keamanannya karena sistem ini sudah menyediakan jaminan untuk melindungi data yang di input oleh user.


Tipe-Tipe Cloud Computing


Pembagian tipe dari cloud computing dapat dibedakan berdasarkan dua hal, yaitu menurut jangkauan dan menurut jenis layanan. Berikut penjelasan tipe cloud computing berdasarkan jangkauan.

  1. Public cloud : Tipe ini merupakan tipe yang paling familiar diantara yang lain karena seringkali kita gunakan dalam kehidupan sehari hari. Pasti kalian pernah menggunakan layanan Amazon, Google, dan Microsoft bukan? Nah, ini merupakan salah satu aplikasi dari public cloud. Tipe ini dibuat untuk dapat digunakan oleh khalayak umum sehingga semua orang dapat mengaksesnya. Jangan khawatir atas keamanan dari public cloud karena tipe ini sangat mengedepankan faktor keamanan.

  2. Private cloud : Tipe ini banyak digunakan oleh organisasi dan perusahaan untuk menyimpan data dan pemberian akses terbatas. Akses dari cloud ini hanya diberikan kepada mereka yang termasuk dalam internal perusahaan tersebut.

  3. Community cloud : Tipe ini merupakan cloud yang dapat digunakan oleh beberapa organisasi secara bersamaan dan memiliki kepentingan yang sama. Selain itu, gabungan organisasi ini membutuhkan tingkat keamanan cloud yang sama sehingga dapat memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan. Tipe ini memungkinkan pengelolaan dilakukan oleh beberapa pihak sehingga aturan baku disepakati oleh gabungan organisasi terkait.

  4. Hybrid cloud : Tipe ini merupakan gabungan dua dari tiga tipe cloud yang sudah dijelaskan sebelumnya. Tipe ini memiliki sifat sesuai dengan rancangan gabungan cloud sehingga sangat fleksibel tergantung pengaturan dari pembuat.

Selanjutnya adalah penjelasan tipe berdasarkan layanan yang diberikan. Berikut adalah bagian-bagiannya.

  1. Software as a Service (SaaS) : Tipe ini merupakan layanan yang menggunakan software berbasis cloud dan kebutuhannya disesuaikan dengan keinginan pengguna. Tipe ini banyak digunakan untuk developer dan sangat baik digunakan untuk saat pandemi seperti ini karena dapat dikolaborasikan dengan tim yang terpisah jarak dan ruang. (ga harus install)

  2. Infrastructure as a Service (IaaS) : Tipe ini menyediakan layanan infrastruktur cloud yang selalu disertakan dengan jaringan internet, bandwidth, alamat IP, dan hardware. Contoh dari tipe ini adalah Cisco. (harus install ke device dulu)

  3. Data - Storage as a Service ( DaaS) : Tipe ini menyediakan fasilitas penyimpanan data secara remote dan dapat diakses secara real time. Besarnya kapasitas penyimpanan data dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna tetapi harus ada biaya yang harus dibayarkan untuk mendapat penyimpanan yang besar. Contoh dari tipe ini adalah Google Cloud Datastore.

  4. Platform as a Service (PaaS) : Tipe ini merupakan layanan cloud dengan menyewa hardware, sistem operasi, storage, dan kapasitas jaringan internet. Tipe ini banyak digunakan oleh developer untuk membuat sebuah perangkat lunak. Contoh dari tipe platform as service adalah Amazon Web Service dan Google App Engine.

Contoh Penerapan Cloud Computing dalam Salesforce

Tampilan dari Salesforce
Tampilan dari Salesforce

Sumber : saasten.com


Salesforce merupakan aplikasi yang dapat membantu perusahaan atau organisasi dalam membangun aplikasi dengan cepat. Salesforce App dapat membantu developer dalam membuat model bisnis menjadi lebih fleksibel dan membuat owner menjadi lebih cepat mengetahui kebutuhan pasar dan konsumen. Penggunaan cloud computing mampu membuat sebuah bisnis atau organisasi mendapat banyak keuntungan, diantaranya sebagai berikut.

  • menimialisir pengeluaran biaya

  • meningkatkan kapasitas penyimpanan

  • otomatisasi

  • dapat digunakan dimana saja

  • membuat developer fokus pada inovasi produk karena infrastruktur sudah di kelola oleh cloud computing

  • fleksibel

  • meningkatkan agility sebuah bisnis

  • menyediakan layanan back up dan pemulihan bencana sehingga menghemat biaya maintenance

  • menghemat biaya dan waktu

SalesForce App Cloud memiliki beberapa fitur, diantaranya adalah Quickboooks, sistem manajemen personalia Fair Sail, Salesforce pardot marketing automation, Insight Squared Analytics, GetFeedback, Salesforce Mobile App, Box, MozyPro, Geopointe, dan Evernote. Fitur inilah yang dapat membantu sebuah organisasi atau perusahaan dalam mengembangkan usahanya dan terbutki bahwa SalesForce App Cloud dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan, mempermudah akses ke market internasional, menimalisir biaya pemasaran, mempercepat inovasi produk, dan membuat kolabirasi internal menjadi lebih efisien.


Jadi, tunggu apalagi? Ini saatnya membuat bisnis yang kamu rintis menjadi unggulan di nasional maupun internasional!


With the cloud, individuals and small businesses can snap their fingers and instantly set up enterprise-class services.” – Roy Stephan, 2011


Baca Juga :


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, Jika ada saran, kritik maupun pertanyaan silahkan kirim pesan ke:

PT. Karya Merapi Teknologi

contact@kmtech.id

Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!

YouTube: https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia

Instagram: https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/

Facebook: https://www.facebook.com/kmtech.id

LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/kmtek



Referensi :

Anonim. 2019. Mengenal apa itu Cloud Computing : definisi, fungsi, dan cara kerja. <https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-cloud-computing-defenisi-fungsi-dan-cara-kerja/>. Diakses pada 9 Juni 2021.


Papageorge, J. 2021. How cloud intelligence turns big data into even bigger business success. <https://www.bbntimes.com/technology/how-cloud-intelligence-turns-big-data-into-even-bigger-business-success>. Diakses pada 9 Juni 2021.


Joshi, N. 2021. How artificial intelligence, internet of things, cloud computing and blockchain can improve employee experience. <https://www.bbntimes.com/companies/how-artificial-intelligence-internet-of-things-cloud-computing-and-blockchain-can-improve-employee-experience>. Diakses pada 9 Juni 2021.


Anonim. 2021. Tipe layanan cloud computing dalam dunia usaha. <https://www.jurnal.id/id/blog/tipe-layanan-cloud-computing-dalam-dunia-usaha/>. Diakses pada 9 juni 2021.


Rumetna, M. S. (2018). Pemanfaatan Cloud Computing Pada Dunia Bisnis: Studi Literatur. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(3).

79 views0 comments

Recent Posts

See All