Search

9 Platform IoT Gratis, WAJIB COBA!!

Ilustrasi Platform IoT

sumber: https://unsplash.com/photos/

Platform IoT adalah suatu ekosistem yang digabungkan untuk menjadi wadah pembuatan produk dan solusi IoT agar efisien dan tidak memakan banyak waktu. Platform IoT disini sebagai lingkungan IoT yang siap dipakai untuk suatu produk atau bisnis. Platform IoT dapat digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, menyimpan data, menampilkan data, mengontrol perangkat, mengelola inventory perangkat dan lain-lain. Beberapa platform gratis untuk penggunaan tertentu dan berbayar untuk fasilitas yang lebih lengkapnya. Pada artikel ini, mimin mau kasih 9 rekomendasi platform IoT gratis yang bisa kalian coba untuk bantu kamu terus berkarya! Simak ya..


1. Firebase



Firebase

sumber: https://www.blog.google/


Firebase adalah suatu layanan yang dikeluarkan google untuk mempermudah para pengembang aplikasi untuk mengembangkan aplikasinya. Firebase (BaaS ‘Backend as a Service’) ini merupakan solusi yang ditawarkan oleh Google untuk mempermudah pekerjaan Developer agar para apps developer bisa fokus mengembangkan aplikasi tanpa harus memberikan effort yang besar untuk urusan backend. Firebase memiliki beberapa fitur, yaitu:

  • Google Analytic

Analytics menyajikan data terkait perilaku pengguna aplikasi Android dan iOS agar memudahkan kita mengambil keputusan yang lebih baik tentang produk dan mengoptimalkan pemasaran. Lihat data error, efektivitas notification, performa deep link, data pembelian dalam aplikasi, dan lain-lain.

  • Real-time database

Untuk Menyimpan dan sinkronkan data antara pengguna dan perangkat secara realtime menggunakan database noSQL yang dihosting secara cloud.

  • Authentication

Untuk mengelola pengguna dengan cara yang mudah dan aman dengan menawarkan beberapa metode autentikasi, termasuk email/sandi, penyedia pihak ketiga seperti Google atau Facebook, atau langsung menggunakan sistem akun yang sudah ada.

  • Cloud Storage

Untuk menyimpan dan membagikan gambar, audio, video, atau konten lainnya.

  • Hosting

Memudahkan hosting web statis dengan fitur yang dibuat khusus untuk aplikasi web modern serta memberi sertifikat SSL gratis.


2. Ubidots


Ubidots adalah sebuah platform IoTmemberikan jasa secara gratis untuk user dengan batasan untuk lima sensor dan untuk menambah sensor maka harus membayar sejumlah uang agar dapat menghapus batasan sensor. Ubidots juga memberikan layanan notifikasi email dan SMS berdasarkan trigger yang dibuat data sensor sesuai dengan ketetapan user. Ubidots tergolong popular di kalangan IoT enthusiast karena tools-nya yang mudah untuk digunakan dan sudah menyediakan berbagai jenis koneksi terhadap development board di pasaran. Ubidots sudah menyediakan panduan penggunaan sehingga user tidak akan kesulitan untuk mengakses dan menggunakan Ubidots sesuai dengan board development yang dimiliki oleh user.


Mimin udah pernah bahas Ubidots secara lengkap dan tata cara penggunaannya di artikel sebelumnya. Baca selengkapnya disini ya guys Belajar Software Ubidots Untuk IoT Enthusiast!


Kalian juga bisa tonton secara lebih detail cotoh pengaplikasian ubidoats menggunakan board Mappi32 di Tutorial Mengakses Sensor UV VEML6075 Ubidots melalui Qwiic Connector.

Tutorial di Channel Youtube KMTek Indonesia

Kalo kalian penasaran sama mikrokontroller Mappi32 buatan anak bangsa dari PT. Karya Merapi Teknologi, kalian bisa baca selengkapnya disini ya!


3. ThingSpeak

Website ThingSpeak

sumber: ThingSpeak.com


ThingSpeak merupakan platform open source IoT dan API untuk menyimpan dan mengambil data dari hal menggunakan protokol HTTP melalui Internet atau melalui Local Area Network. ThingSpeak didukung perangkat lunak komputasi numberik yaitu Matlab. Menyediakan visualisasi data secara realtime dan dengan dukungan Matlab, memungkinkan untuk menambahkan data untuk keperluan analisis dan pemrosesan tanpa perlu membeli lisensi Matlab. ThingSpeal dapat mendukung beberapa perangkat misalnya Arduino, Raspberry Pi, hingga ESP. ThingSpeak memiliki beberapa fitur yaitu:

  • Visualisasi data sensor secara realtime

  • Agregasi data dari penyedia pihak ketiga

  • Task IoT analytics terjadwal guna menganalisis data

  • Event Scheduling

  • Menjalankan aksi berdasarkan data yang diterima

Teman-teman yang penasaran bisa cuss buat project di ThingSpeak.com yaa, selamat berkarya!


4. Blynk


Logo Blynk

sumber: https://blynk.io/


Blynk adalah platform untuk aplikasi mobile baik iOS maupun Android yang bertujuan untuk kendali module Arduino, Raspberry Pi, ESP8266, WEMOS D1, dan module sejenisnya melalui Internet. Blynk tidak terikat pada papan atau module tertentu. Aplikasi Blynk merupakan wadah untuk membuat antarmuka grafis untuk project yang akan diimplementasikan hanya dengan metode drag and drop widget sehingga sangat mudah digunakan. Aplikasi ini mimin rekomendasi karena responnya cepat sekali, pengiriman data ke server lalu diterima di smartphone sangat cepat, dan data yang dipakai juga sangat sedikit, jadi gak bakal menguras kuota internet apalagi bagi kita yang mahasiswa ya, HEHE. (curhat deh miminnya masih mahasiswa). Bagi yang mau coba langsung cuss download aplikasi blynk ya, tersedia di google playstore baik versi lama maupun versi barunya.


Aplikasi Blynk Lama
Aplikasi Blynk Terbaru

5. Antares


ANTARES hadir sebagai produk dan layanan Internet of Things (IoT) di bawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia. ANTARES memiliki 4 pilar utama, yaitu IoT Platform, IoT Connectivity, IoT Solution, dan Devices. Antares didukung protokol MQTT, HTTP dan CoAP. Antares menawarkanmu segala kemudahan dalam mengembangkan aplikasi IoT dengan fitur sebagai berikut :

  • Aman

Seluruh komunikasi ditransmisikan di jalur yang telah dienkripsi. Segalanya diatur agar sangat handal, aman, dan tagguh di atas Secure Transport Layer.

  • Handal

Biarkan kami mengelola infrastruktur Anda selama 24/7. Fokuskan diri Anda kepada ide-ide dan layanan yang ingin Anda bangun.

  • Beragam Perangkat

Antares medukung berbagai macam perangkat seperti Arduino, ESP, Android, Raspberry Pi, dll dan berbagai macam bahasa pemrograman.

  • Open API

Anda tidak hanya bisa mengontrol aplikasi Anda melalui dashboard namun juga menggunakan API yang disediakan.


Di Antares juga tersedia yang gratis dan yang extra berbayar dengan fasilitas sebagai berikut:

Pricing Antares

sumber: https://antares.id/


Tertarik membuat project IoT di Antares ? Simak dulu!


Ilustrasi Create Project di Antares

1. Registrasi Akun Daftar ke Antares untuk dapat melakukan akses pada iot platform disini

2. Membuat IoT device dan Sensor Buatlah Device sendiri dengan melihat referensi pada Dokumentasi Antares. Daftarkan device pada Iot Platform Antares untuk memulai mengirim dan mengambil data.

3. Membuat Aplikasi IoT Buatlah Aplikasi Webs Apps atau Mobile Apps Anda sendiri dengan melihat referensi pada Dokumentasi API Antares. Monitoring dan controling device IoT Anda akan menjadi lebih mudah. Bingung? Cari aja contoh programnya di Dokumentasi.


6. ThingsBoard


ThingsBoard adalah platform IoT open-source untuk mengumpulkan data, pemrosesan, visualisasi data, dan manajemen perangkat device. ThingsBoard memungkinkan konektivitas perangkat melalui protokol IoT standar industri - MQTT, CoAP, dan HTTP dan mendukung penyebaran cloud dan lokal. ThingsBoard menggabungkan skalabilitas, toleransi kesalahan, dan kinerja sehingga kita tidak akan pernah kehilangan data. Thingsboard ini bisa menjadi solusi alternatif buat Anda yang tidak familiar dengan bahasa pemrograman. Cukup dengan drag and drop kita bisa menciptakan sebuah dashboard IoT yang akan terlihat profesional. Thingsboard ini mempunyai dua fungsi utama yakni sebagai broker dalam terminologi IoT (core services) dan sebagai web presentation atau penyaji data (web UI).

Arsitektur ThingsBoard

sumber: http://saptaji.com/


Tertarik memakai ThingsBoard? Kalian bisa kunjungi thingsboard.io, lalu klik "Try it Now" dan registrasi sebagai user. Mulai dengan klik "Live Demo", setelah itu pilih service yang kita inginkan. Ada 2 service yang tersedia yaitu Community Edition (CE) dan Professional Edition (PE). CE adalah layanan free alias open source sedangkan PE adalah layanan berbayar. Masing-masing memiliki fitur yang berbeda dan pilihlah sesuai kebutuhan. Tapi selama mimin pake, masih cukup kok pada yang Community Edition! Silahkan coba ya.



7. Thinger.io


Thinger.io adalah platform Internet of Things (IoT) yang menyediakan fitur cloud untuk menghubungkan berbagai perangkat yang terkoneksi dengan internet. Thinger.io juga dapat memvisualisasikan hasil pembacaan sensor dalam bentuk nilai atau grafik.

Tampilan Thinger.io

sumber: https://thinger.io/


Bagian menu pada sisi kiri halaman memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  • Statistic

Tampilan awal saat login, dimana pada opsi ini menampilkan beberapa informasi mengenai jumlah perangkat yang tersambung, dashboards, data buckets, endpoints, dll.

  • Dashboards

Interface untuk pengguna yang menampilkan informasi dalam berbagai bentuk grafik maupun angka. Tampilan pada dashboard dapat diatur sesuai kebutuhan.

  • Device

Laman yang menampilkan nama perangkat yang terkoneksi atau memiliki akses dengan akun Thinger.io yang digunakan saat itu juga. Jika perangkat sudah terdaftar dan sedang dalam keadaan online, maka pada kolom state akan berwarna hijau dengan tulisan connected. Sementara saat offline akan tertulis disconnected.

  • Data Buckets atau misa

Penyimpanan virtual dari hasil pembacaan sersor dari waktu ke waktu. Nilai interval penyimpanan data dapat diatur sesuai kebutuhan. Hasil penyimpanan juga dapat diekspor untuk pengolahan offline.

  • Endpoints

Titik masuk ke layanan, proses atau lainnya.

  • Access Tokens

Memberikan otoritas ke layanan atau aplikasi pihak ketiga tanpa harus membagikan nama pengguna dan kata sandi


Thinger.io memiliki 5 service dengan fitur-fitur tertentu, tentunya ada yang free!

Pricing Thinger.io

sumber: thinger.io


Thinger.io sekarang juga bisa kalian download di playstore!

Thinger.io apps


8. Telkomsel IOT


Logo Telkomsel IOT

sumber: https://files.acci.or.id/


PT Telekomunikasi Selular atau biasa kita sebut Telkomsel mengembangkan bisnis di bidang internet of things. Platform ini membantu pelanggan mempercepat time to market sehingga meningkatkan operasional bisnis sehingga lebih baik. Secara umum, Telkomsel IOT adalah layanan end-to-end yang memberi kemudahan integrasi dan efisiensi operasional secara realtime.


8. Geeknesia


Geeknesia adalah startup yang didirikan oleh dua UC Berkeley friends. Geeknesia adalah sebuah Platform Internet of Things (IoT) untuk mempermudah pengembangan solusi IoT, juga merupakan sarana untuk showcase ide, proyek, solusi, atau startup yang berhubungan dengan IoT, dan merupakan platform Crowdfunding untuk berbagai macam produk teknologi. Geeknesia dikembangkan dan dibuat oleh PT. IoT Inovasi Indonesia. Yang mimin suka dari web geeknesia, banyak banget project yang bisa kita pelajari. Selain itu, kita juga bisa berbagi ilmu dengan yang lain.


Contoh Project di Web Geeknesia

sumber: http://geeknesia.com/

Itu dulu ya, 9 rekomendasi platform IoT gratis yang bisa kalian coba! Silahkan kalian pilih sesuai kebutuhan dan juga kemampuan ya. Selamat mencoba dan berikan karya terbaikmu untuk negeri!


Baca juga:


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, Jika ada saran, kritik maupun pertanyaan silahkan kirim pesan ke:


PT. Karya Merapi Teknologi

contact@kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!


YouTube: https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia

Instagram: https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/

Facebook: https://www.facebook.com/kmtech.id

LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/kmtek


Referensi

8,585 views0 comments

Recent Posts

See All