top of page
Search

Komputasi Awan (Cloud Computing): Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya


cloud-KMTek
Sumber: ( stepwise.pl )

Dalam era digital yang mulai berkembang pesat pada saat ini, komputasi awan (cloud computing) dan layanan web telah menjadi komponen penting di dunia teknologi informasi. Komputasi awan merujuk pada penyediaan sumber daya komputasi seperti server, penyimpanan, basis data, serta aplikasi dengan menggunakan jaringan internet. Daripada mengandalkan infrastruktur lokal, komputasi awan justru memungkinkan penggunanya untuk mengakses dan menggunakan sumber daya tersebut secara online sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dapat menghilangkan keterbatasan fisik dan memungkinkan skalabilitas yang lebih besar. Selain itu, layanan web juga menyediakan aplikasi dan sumber daya digital lainnya secara online. Nah, pada artikel KMTek kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai komputasi awan dan layanan web.


Jenis Komputasi Awan

cloud-KMTek
Sumber: ( cirrusgo.com )

Penting untuk memahami model layanan komputasi awan secara umum. Terdapat tiga model utama dalam komputasi awan:


a. Infrastructure as a Service (IaaS)

IaaS (Infrastructure as a Service) merupakan salah satu model layanan komputasi awan yang menyediakan infrastruktur komputasi dan sumber daya secara virtual kepada pengguna. Dalam model layanan komputasi ini, penyedia layanan mengelola dan menyediakan infrastruktur fisik seperti server, jaringan, dan penyimpanan data, sedangkan pengguna dapat mengelola dan mengontrol infrastruktur tersebut sesuai kebutuhan. Pengguna juga dapat mengakses dan mengelola infrastruktur tersebut melalui interface pengguna yang sudah disediakan oleh penyedia layanan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk dapat memanfaatkan sumber daya IT tanpa perlu mengelola infrastruktur fisik secara langsung.


b. Platform as a Service (PaaS)

PaaS (Platform as a Service) adalah salah satu model layanan komputasi awan yang menyediakan sebuah platform pengembangan, pengujian, dan implementasi aplikasi. PaaS menyediakan platform yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan dan mengelola aplikasi mereka sendiri tanpa harus mengelola infrastruktur yang mendasarinya. Penyedia layanan PaaS menyediakan infrastruktur dan komponen yang diperlukan, seperti lingkungan pengembangan, basis data, serta layanan jaringan. Hal ini membuat pengguna dapat fokus pada pengembangan aplikasi tanpa harus khawatir tentang pengaturan infrastruktur yang kompleks. Pada model ini, penyedia layanan menyediakan lingkungan yang terpusat untuk pengembangan, pengujian, serta implementasi apliksi secara efisien.


c. Software as a Service (SaaS)

SaaS (Software as a Service) adalah model layanan komputasi awan yang menyediakan aplikasi perangkat lunak yang siap digunakan kepada pengguna. Aplikasi tersebut dapat diakses oleh pengguna melalui jaringan internet tanpa perlu menginstal atau mengelola infrastruktur di belakangnya. Aplikasi tersebut kemudian dihosting dan dikelola oleh penyedia layanan, sehingga pengguna dapat mengakses dan menggunakan aplikasi tersebut dengan mudah melalui peramban web.


Manfaat Komputasi Awan

cloud-KMTek
Sumber: ( websta.me )

Layanan komputasi awan telah menjadi bagian integral dalam dunia teknologi informasi saat ini, karena memiliki berbagai manfaat bagi penggunanya. Berikut adalah manfaat dari layanan komputasi awan:

  • Skalabilitas yang Mudah: Salah satu manfaat utama dari layanan komputasi awan adalah kemampuan untuk mengatur dan menyesuaikan skala sumber daya sesuai kebutuhan dengan mudah. Peningkatan maupun pengurangan sumber daya dilakukan secara fleksibel. Dalam model tradisional, jika sebuah organisasi membutuhkan peningkatan kapasitas atau sumber daya, perlu dilakukan investasi dalam infrastruktur fisik baru. Namun, dengan komputasi awan, pengguna dapat dengan cepat menambah atau mengurangi kapasitas sesuai permintaan, sehingga memberikan fleksibilitas yang besar.

  • Efisiensi Biaya: Layanan komputasi awan juga memberikan efisiensi biaya yang signifikan. Dalam model tradisional, organisasi harus mengeluarkan biaya besar untuk membeli, menginstal, dan memelihara infrastruktur komputer dan perangkat lunak. Namun, dengan komputasi awan, biaya infrastruktur ditanggung oleh penyedia layanan, sementara pengguna hanya membayar untuk sumber daya yang mereka gunakan. Ini memungkinkan organisasi menghindari biaya awal yang tinggi dan mengurangi biaya operasional jangka panjang.

  • Aksesibilitas yang Mudah: Dalam komputasi awan, pengguna dapat dengan mudah mengakses sumber daya dan aplikasi melalui internet. Ini berarti pengguna dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja, asalkan terhubung ke internet. Aksesibilitas yang mudah ini memungkinkan kolaborasi yang lebih baik antara tim yang bekerja secara terdistribusi atau dari lokasi yang berbeda. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses aplikasi dan data mereka menggunakan berbagai perangkat, termasuk komputer, laptop, tablet, hingga smartphone sekalipun.

  • Keamanan yang Ditingkatkan: Layanan komputasi awan kerap dilengkapi dengan langkah-langkah keamanan yang canggih daripada infrastruktur lokal. Penyedia layanan komputasi awan secara rutin memperbarui dan memantau sistem mereka untuk melindungi data pengguna dari ancaman keamanan. Mereka juga melakukan backup dan pemulihan data secara teratur, sehingga memberikan perlindungan tambahan terhadap kehilangan data yang tidak disengaja. Dalam beberapa kasus, komputasi awan bahkan dapat memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada infrastruktur tradisional.

  • Skalabilitas Global: Layanan komputasi awan memungkinkan organisasi untuk dengan mudah memperluas operasi mereka secara global. Dengan menggunakan server yang tersebar di berbagai lokasi geografis, pengguna dapat menyajikan aplikasi dan layanan mereka dengan cepat dan efisien kepada pengguna di seluruh dunia. Ini membuka peluang baru untuk mengembangkan pasar dan menjangkau lebih banyak pelanggan di berbagai negara.

cloudcomputing-KMTek
Sumber: ( logosglobaltech.com )

Komputasi awan telah menjadi bagian penting dari dunia teknologi informasi. Dengan kemampuan untuk menyediakan akses, penyimpanan, dan penggunaan sumber daya secara online, komputasi awan memberikan manfaat yang signifikan bagi individu, bisnis, dan masyarakat secara keseluruhan. Penerapan yang memberikan banyak manfaat bagi pengguna, menjadi salah satu komponen yang umum digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Nah, itulah penjelasan mengenai layanan komputasi awan di dunia teknologi saat ini, semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi

contact @kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!



Sumber:



352 views1 comment

1 Comment


Restu Setiawan
Restu Setiawan
Jun 23, 2023

keren

Like
bottom of page