top of page
Search

Proteksi terhadap Serangan DDoS dalam Jaringan Komputer


Attack DDos
Sumber:(blog.systems-x.com)

Dalam era digital saat ini, jaringan komputer menjadi infrastruktur penting bagi bisnis dan organisasi. Namun, semakin meningkatnya ketergantungan pada teknologi ini juga membuka potensi risiko keamanan, salah satunya adalah Serangan DDoS (Distributed Denial of Service). Serangan DDoS dapat menyebabkan jaringan mati atau tidak berfungsi, mengakibatkan kerugian finansial dan reputasi yang serius. Oleh karena itu, proteksi terhadap serangan DDoS sangat penting untuk menjaga kelangsungan bisnis dan melindungi data sensitif. Artikel KMTek kali ini akan membahas tentang proteksi terhadap serangan DDoS dalam jaringan komputer, teknik perlindungan yang dapat diterapkan untuk melindungi jaringan komputer dari serangan DDoS dan teknik mitigasi serangan DDoS.


Pengertian Serangan DDoS

Pengertian Serangan DDos
Sumber:(metacompliance.com/)

Serangan DDoS adalah jenis serangan siber di mana sejumlah besar perangkat dikendalikan secara bersamaan untuk mengalirkan lalu lintas ke target tertentu. Serangan DDoS bekerja dengan cara mengalirkan lalu lintas data yang sangat besar ke target secara bersamaan. Hal ini mengakibatkan target tidak dapat merespons permintaan dari pengguna yang sah, menyebabkan kelambatan atau kegagalan dalam kinerja jaringan. Serangan DDoS dapat dilakukan oleh pihak-pihak jahat dengan berbagai motif, termasuk sabotase, pencurian data, pemerasan, atau hanya untuk menyebabkan ketidakstabilan pada target.


Jenis-jenis Serangan DDoS

Tipe Serangan DDos
Sumber:(spiceworks.com)

Serangan DDoS memiliki 3 jenis serangan utama yang umum terjadi yaitu:

1. Serangan Lapisan Jaringan (Network Layer Attacks)

Jenis serangan ini bertujuan untuk mengganggu jalur lalu lintas dan infrastruktur jaringan. Beberapa contoh serangan ini termasuk serangan Ping of Death, SYN Flood, dan UDP Flood.


2. Serangan Lapisan Aplikasi (Application Layer Attacks)

Serangan ini ditargetkan pada aplikasi dan layanan yang berjalan di atas lapisan jaringan. Serangan ini dapat mengeksploitasi kerentanan dalam perangkat lunak aplikasi dan mengganggu ketersediaan dan kinerja layanan.


3.Serangan Menggunakan Botnet

Botnet adalah jaringan perangkat yang diretas dan dikendalikan oleh penyerang. Serangan DDoS menggunakan botnet ini dapat sangat merusak karena jumlah perangkat yang terlibat.


Teknik Perlindungan terhadap Serangan DDoS

Perlindungan Serangan DDos
Sumber:(us.norton.com)

Untuk melindungi jaringan dari serangan DDoS, diperlukan pendekatan yang holistik dan berlapis-lapis. Berikut adalah beberapa teknik perlindungan yang efektif:


1. Gunakan Firewall yang Kuat

Firewall adalah lapisan pertahanan pertama dalam melindungi jaringan dari serangan DDoS. Pastikan Anda memiliki firewall yang kuat dan dikonfigurasi dengan benar untuk memblokir lalu lintas yang mencurigakan.


2. Manfaatkan Load Balancer

Load balancer membantu mendistribusikan lalu lintas masuk secara merata ke beberapa server, sehingga mengurangi risiko overload pada satu server. Hal ini dapat membantu mencegah serangan DDoS dari merusak satu titik masuk.


3. Batasi Rate Permintaan

Menerapkan pembatasan laju permintaan (rate limiting) pada server atau aplikasi adalah cara efektif untuk mengurangi dampak serangan DDoS. Ini akan membatasi jumlah permintaan yang dapat dilakukan oleh satu alamat IP dalam satu waktu.


4. Aktifkan Proteksi CDN

Content Delivery Network (CDN) dapat membantu mengamankan jaringan dengan menyebarluaskan konten ke server di berbagai lokasi geografis. Ini membantu mengurangi dampak serangan DDoS dengan mengalihkan lalu lintas bervolume tinggi.


5. Gunakan IP Whitelisting dan Blacklisting

Menerapkan daftar IP yang diizinkan (whitelisting) dan daftar IP yang diblokir (blacklisting) akan membantu membatasi lalu lintas dari sumber-sumber yang tidak diinginkan.


6. Selalu Perbarui Perangkat Lunak

Pastikan sistem dan perangkat lunak Anda selalu diperbarui dengan versi terbaru. Ini membantu mengatasi kerentanan keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh serangan DDoS.


Teknik Mitigasi Serangan DDoS

Mitigasi serangan DDos
Sumber:(www.educba.com)

Selain perlindungan yang proaktif, ada juga teknik mitigasi yang dapat dilakukan saat serangan DDoS terjadi, seperti:


1. Firewall dan Filtering Traffic

Salah satu cara pertama untuk melawan serangan DDoS adalah dengan menggunakan firewall dan teknik filtering lalu lintas. Firewall berfungsi sebagai barikade pertama untuk mencegah lalu lintas yang mencurigakan atau berbahaya masuk ke dalam jaringan. Teknik filtering traffic memungkinkan administrator untuk mengidentifikasi dan memblokir alamat IP yang terlibat dalam serangan.


2. Penggunaan CDN (Content Delivery Network)

CDN adalah jaringan server yang tersebar di berbagai lokasi geografis. Saat terjadi serangan DDoS, CDN dapat membantu dengan mendistribusikan lalu lintas ke berbagai server di seluruh dunia. Hal ini membantu mengurangi beban pada satu server dan membuat serangan sulit dilakukan karena lalu lintas tersebar.


3.Sinkhole dan Blackhole Routing

Sinkhole routing mengarahkan lalu lintas yang mencurigakan ke "black hole," di mana lalu lintas tersebut akan dipantulkan atau dihancurkan. Ini membantu mencegah lalu lintas mencapai server target sejati dan mengurangi dampak serangan.


4. Rate Limiting

Rate limiting adalah teknik di mana administrator membatasi jumlah permintaan yang diterima oleh server dalam satu waktu. Dengan membatasi jumlah permintaan, serangan DDoS menjadi lebih sulit dilakukan karena server hanya akan merespons permintaan dalam batas tertentu.


5. Penggunaan Load Balancer

Load balancer adalah perangkat yang mendistribusikan lalu lintas secara merata ke beberapa server di belakangnya. Ini membantu dalam mengurangi risiko satu server menjadi poin pusat dari serangan DDoS.


Kesimpulan

Proteksi terhadap serangan DDoS adalah hal yang penting dalam menjaga keamanan jaringan komputer. Dengan menggunakan langkah-langkah yang tepat, organisasi dapat mengurangi risiko serangan DDoS dan melindungi aset mereka dari ancaman tersebut. Mitigasi serangan DDoS menjadi semakin penting karena ancaman serangan semakin meningkat. Dengan menerapkan teknik mitigasi yang tepat, perusahaan dapat menjaga layanan online mereka tetap aman dan tersedia bagi pengguna. Selain itu, penting bagi pemerintah dan penyedia layanan internet untuk berkolaborasi dalam melawan serangan DDoS untuk menciptakan internet yang lebih aman dan andal bagi semua penggunanya.


PT. Karya Merapi Teknologi

contact @kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!


Sumber:


Hastag:

66 views0 comments

Comments


bottom of page