top of page
Search

Penerapan Mappi32 dalam Proyek IoT: Kendali dan Navigasi


Sumber: Pribadi

Mappi32 merupakan development kit yang dirancang oleh tim KMTek untuk mendukung perkembangan Internet of Things (IoT). Penggunaan papan sirkuit Mappi32 sangatlah mendukung dalam pengembangan berbagai proyek elektronika, karena dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mempermudah proses pembuatan dan pengembangan proyek dengan data yang lebih besar. Salah satu keunggulan utama Mappi32 adalah kemampuannya sebagai pengendali rangkaian elektronika, serta mampu menyimpan dan mengeksekusi program-program yang telah diprogramkan. Dengan kemampuan tersebut, Mappi32 menjadi pilihan yang populer dalam berbagai aplikasi IoT dan proyek-proyek elektronika yang membutuhkan kontrol dan pengolahan data yang kompleks. Latar belakang proyek Internet of Things (IoT) menggunakan Mappi32 berkaitan dengan tren perkembangan teknologi yang semakin memungkinkan penghubungan dan interaksi antara berbagai perangkat elektronik secara nirkabel melalui internet. IoT telah membawa dampak signifikan dalam berbagai bidang, termasuk industri, rumah tangga, kesehatan, transportasi, dan banyak lagi. Perkembangan ini didorong oleh beberapa faktor, seperti peningkatan konektivitas internet, penurunan harga sensor dan perangkat keras, serta kemajuan dalam teknologi komputasi yang memungkinkan analisis data secara real-time. Hal ini membuka peluang besar untuk mengembangkan solusi yang dapat mengoptimalkan proses, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna.

 

A. Spesifikasi Teknis Mappi32

Mikrokontroler ESP32-WROOM-32E 16 MB OTA dipilih untuk memenuhi kebutuhan IoT, dengan desain quad layer PCB yang dilengkapi dengan prosesor Dual Core 32 bit. Fungsi RFM95 LoRaWAN sangat membantu mengingat topografi Indonesia yang bervariasi, sementara USB type C ditambahkan untuk meningkatkan durabilitas dan kemudahan pengguna. LDO regulator diterapkan agar perangkat dapat bekerja lebih lama dengan baterai, dan perlindungan ESD pada power input digunakan untuk mencegah kerusakan akibat discharge elektrostatis. Dukungan Qwiic oleh Sparkfun memungkinkan penggunaan multi sensor I2C dalam satu port, sedangkan built-in 1A LiPo/Li-on charger memberikan backup power untuk keportabelan. Konektor SMA/U.FL digunakan untuk menghubungkan perangkat ke server-server dan data center, sementara dukungan transceiver dan faktor bentuk Arduino Uno memudahkan pengguna dalam mengaplikasikan Mappi32 secara luas.

Kelebihan lainnya adalah dukungan Qwicc by Sparkfun, yang memungkinkan penggunaan multi sensor I2C dalam satu port, serta built-in 1A LiPo/Li-on charger sebagai sumber daya cadangan, menjadikan perangkat ini dapat dibuat sebagai produk portable atau mobile. Mappi32 juga mendukung lingkungan pengembangan seperti Arduino IDE, ESP, IDF, dan MicroPython, memberikan fleksibilitas bagi pengembang dalam memilih platform pengembangan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan konektor SMA/U.FL dan dukungan transceiver, Mappi32 dirancang untuk menangani berbagai aplikasi komunikasi nirkabel dengan mudah. Selain itu, faktor bentuk Arduino Uno yang dipertahankan memudahkan pengguna dalam mengaplikasikan Mappi32 dalam berbagai proyek, dengan meminimalkan hambatan integrasi. Dengan semua fitur dan kemampuannya, Mappi32 menjadi pilihan yang menarik bagi para pengembang dalam mengimplementasikan proyek IoT dan elektronika yang kompleks.


ProyekIoTMappi32_KMTek
Sumber: siplah.eurekabookhouse.co.id

B. Deskripsi Proyek menggunakan Mappi32

Proyek IoT yang akan kami bahas kali ini adalah "Exploring Bluetooth LED Control with Mappi32", di mana kita akan mempelajari bagaimana mengendalikan lampu LED secara nirkabel menggunakan teknologi Bluetooth dengan bantuan mikrokontroler Mappi32. Dalam proyek ini, kita akan mengenali sedikit cara bagaimana menghidupkan dan mematikan lampu LED tanpa menggunakan kabel konvensional atau nirkabel, melainkan memanfaatkan kecanggihan teknologi Bluetooth.

Untuk mengimplementasikan proyek ini, kita membutuhkan beberapa bahan yang cukup sederhana, antara lain:

  • Mikrokontroler Mappi32

  • Modul Relay 4 Channel

  • 6 kabel jumper (3 kabel male to male dan 3 kabel male to female) untuk menghubungkan port-port dari Mappi32 ke relay atau ke breadboard

  • Breadboard

  • Resistor dengan tegangan sebesar 330 Ohm

  • Satu lampu LED

  • Satu mini obeng

  • Kabel USB type-c

Untuk tutorial lengkapnya dapat diakses dengan klik di sini.

Dengan menggunakan bahan-bahan tersebut dan mengikuti panduan yang disediakan, Anda akan dapat memahami cara mengontrol lampu LED secara nirkabel melalui Bluetooth dengan menggunakan mikrokontroler Mappi32.


C. Kelebihan menggunakan Mikrokontroler Mappi32 untuk Mengontrol Lampu LED dengan Bluetooth  

1. Kemampuan Koneksi Nirkabel:

Mappi32 dilengkapi dengan kemampuan WiFi dan Bluetooth, sehingga memungkinkan pengendalian lampu LED secara nirkabel melalui koneksi Bluetooth. Ini membuatnya sangat cocok untuk aplikasi IoT yang memerlukan komunikasi jarak jauh tanpa kabel.

 

2. Fleksibilitas dan Ketersediaan:

Mappi32 didukung oleh Arduino IDE, ESP, IDF, dan MicroPython, memberikan fleksibilitas dalam pengembangan dan pemrograman proyek. Dukungan ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan berbagai alat pengembangan yang mereka pilih.

 

3. Kemampuan Menyimpan dan Mengeksekusi Program:

   Mappi32 dapat menyimpan dan mengeksekusi program-program yang telah diprogramkan, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengontrol lampu LED secara otomatis atau berdasarkan skenario tertentu tanpa perlu koneksi konstan ke perangkat lain.

 

4. Kinerja dan Kekuatan:

Dengan prosesor dual core 32 bit dan spesifikasi yang kuat, Mappi32 menawarkan kinerja yang andal dan handal untuk mengendalikan lampu LED dengan respons cepat dan stabil.

 

5. Dukungan untuk Pengembangan IoT:

Mappi32 dirancang khusus untuk mendukung pengembangan proyek IoT dengan fitur-fitur seperti integrasi dengan sensor-sensor, kemampuan koneksi nirkabel, dan dukungan untuk berbagai lingkungan pengembangan..


ProyekIoTMappi32_KMTek
Sumber: www.umn.ac.id

Proyek "Exploring Bluetooth LED Control with Mappi32" merupakan contoh nyata penerapan teknologi IoT dengan memanfaatkan kemampuan mikrokontroler Mappi32. Dalam proyek ini, pengguna dapat mengendalikan lampu LED secara nirkabel melalui koneksi Bluetooth, yang memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam penggunaan. Dengan bahan-bahan yang relatif sederhana dan panduan yang tersedia, proyek ini menunjukkan potensi besar dari Mappi32 dalam mendukung pengembangan aplikasi IoT yang inovatif dan mudah diimplementasikan. Nah, seperti itulah penjelasan mengenai penerapan Mappi32 dalam proyek IoT. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!

 

PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri

 

Sumber:


 


69 views0 comments

Comments


bottom of page