top of page
Search

Introducing New Version of Mappi32


mappi32 - KMTek
Mappi32 ( Sumber Pribadi )

Apa sih, Mappi32 itu? Yuk, ketahui lebih jauh tentang Mappi32. Mappi32 adalah development kit yang diproduksi oleh tim KMTek sebagai pendukung pengembangan IoT yang marak saat ini. Papan sirkuit Mappi32 dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, sehingga memudahkan pemakaian ataupun projek dengan data yang lebih besar. Mappi32 biasa digunakan sebagai pengendali rangkaian elektronika, dan memiliki kemampuan untuk menyimpan program. KMTek terus berinovasi dalam mendukung perkembangan IoT di daerah terpencil hingga perkotaan sehingga para teknisi muda juga dapat terus berkembang.

Mappi32 memiliki spesifikasi tinggi dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan para teknisi muda untuk terus mengaplikasikan IoT di seluruh Indonesia. Hal yang lebih canggih, Mappi32 sudah beberapa kali diuji dalam pengambilan data dari jarak yang cukup jauh, yaitu sekitar 15 km menggunakan teknologi jaringan LoRa. Mappi32 memiliki penggunaan yang lebih advance dari jenis mikrokontroller yang lain. Karena dengan spesifikasi yang tinggi Mappi32 dapat mengakses berbagai sensor yang diperlukan dalam pengembangan projek. Berbagai sensor yang memungkinkan untuk dapat diakses oleh Mappi32 adalah sensor ultrasonik, sensor buzzer, sensor AHT-10, module LCD, Relay 4 module, dan beberapa sensor lainnya.

Mappi32 menyediakan fitur advance dan kemudahan akses, sehingga tidak rumit dalam pembuatan projek. Kemudahan yang diberikan oleh Mappi32 Development Kit mampu membantu meningkatkan kualitas dan hasil projek dari pengembangan IoT. Berbagai fitur canggih yang sudah disediakan oleh Mappi32 mampu memenuhi kebutuhan para teknisi muda untuk terus berinovasi pada negeri. Nah, Mappi32 meluncurkan versi baru untuk pengalaman berkarya yang lebih hebat lagi. Berikut akan kami jelaskan versi baru dan fitur baru dari Mappi32 Development Kit.


Versi Baru Mappi32

mappi32 - KMTek
Mappi32 ( Sumber Pribadi )

KMTek Indonesia meluncurkan versi terbaru dari Mappi32 pada awal bulan Maret 2023. Versi terbaru Mappi32 tersebut adalah Mappi32 R3, yang memiliki performa lebih advance dari versi Mappi32 sebelumnya. Mappi32 terus mengalami upgrade dari waktu ke waktu untuk selalu mendukung kreativitas anak negeri. Versi Mappi32 dari awal rilis hingga saat ini sudah mengalami tiga tingkat perubahan, yaitu versi pertama, versi kedua, dan versi ketiga (R3) yang memiliki spesifikasi dan performa lebih canggih. Pada peluncuran versi terbaru, Mappi32 hadir dengan meluncurkan berbagai fitur atau komponen yang memiliki fungsi tersendiri, seperti:


  • ESP32-WROOM-32E 16 MB OTA yang digunakan sebagai mikrokontroller untuk memenuhi kebutuhan IoT.

  • Quad layer PCB dengan Dual Core 32 bit.

  • RFM95 LoRaWAN, fungsi ini begitu membantu mengingat topografi Indonesia yang bervariasi.

  • USB type C yang bertujuan untuk meningkatkan durability dan kemudahan pengguna.

  • LDO regulator agar device dapat bekerja lebih lama dengan baterai.

  • ESD protection pada power input untuk mencegah electrostatic discharge.

  • Qwiic support by sparkfun untuk menggunakan multi sensor I2C dalam 1 port.

  • Built in 1A LiPo/Li-on charger sebagai backup power sehingga device dapat dibuat sebagai portable/mobile product.

  • Konektor SMA/U.FL yang digunakan untuk menghubungkan perangkat yang ada di server-server dan data center.

  • Transceiver Support

  • Arduino Uno form factor agar memudahkan pengguna dalam mengaplikasikan Mappi32.


mappi32 - KMTek
Fitur Mappi32 ( Sumber Pribadi )

Hal yang membedakan antara versi Mappi32 R3, dengan versi Mappi32 sebelumnya adalah komponen yang upgrade menjadi berukuran lebih besar untuk memudahkan dalam penggunaan Mappi32. Akan tetapi, Mappi32 versi terdahulu dengan Mappi32 versi R3 sama-sama memiliki performa yang canggih untuk mendukung perkembangan IoT di Indonesia. Sedikit hal yang membedakan adalah penggunaan ukuran komponen dan penambahan jeck untuk mengalirkan listrik dari sumber ke port USB Type-c dan JST PH 2.00 mm sebagai penyalur.

Selanjutnya, mari kita bahas spesifikasi khusus dari Mappi32 R3 new version, di mana Mappi32 menggunakan processor ESP WROOM - 32E sebesar 2 core. Beberapa aspek memiliki 8 bit register, 8 bit bus data, dan 8 bit besar porta. Dalam hal frekuensi CPU, Mappi32 jauh lebih unggul dari mikrokontroller lain dengan besaran frekuensi 240 MHz. Dari sini dapat disimpulkan bahwa Mappi32 memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi dibanding mikrokontroller lain.

Flash memory dari Mappi32 sebesar 16 MB, sehingga penyimpanan data dalam Mappi32 lebih besar dan tidak mudah penuh. Mappi32 sangat fleksibel dalam hal konektivitas. Hal ini dikarenakan Mappi32 tersambung dengan tiga konektivitas, yaitu WiFi, Bluetooth, dan LoRa 920-923 MHz. LoRa 920-923 MHz memudahkan mikrokontroller untuk mengirimkan data di daerah yang tidak memiliki koneksi internet atau bluetooth. Dalam power management, keduanya menggunakan Power Jack DC. Part ini membuat Mappi32 menjadi lebih praktis karena dapat disambungkan daya yang berasal dari battery backup port. Mappi32 sudah Support Arduino IDE, ESP, IDF, dan microPhyton sehingga memberikan privileges yang lebih mudah.


mappi32 - KMTek
Proses Assembly Mappi32 ( Sumber Pribadi )

Jika dilihat secara sekilas, Mappi32 versi terdahulu dan versi baru terlihat tidak memiliki perbedaan. Hal ini dikarenakan upgrade Mappi32 hanyalah pada beberapa komponen yang didesain menjadi lebih besar. Pembuatan Mappi32 dimulai dengan proses product design untuk memastikan bahwa Mappi32 dibangun menggunakan komponen pilihan, sehingga fitur Mappi32 dapat dihasilkan secara maksimal. Komponen yang digunakan pada Mappi32 didapatkan dari industri manufaktur terpercaya seperti Espressif, Microchip, Samsung Electro-Machanics, Wurth Elektronik, Hoperf, dan Manufacturing Inc. Versi terbaru Mappi32 diproduksi secara manual in-house dengan proses yang sangat hati-hati. Mappi32 yang sudah selesai diproduksi akan mengalami proses pembersihan untuk menjaga Mappi32 tetap efisien sampai di tangan pengguna. Pengemasan Mappi32 pun sangatlah aman, karena menggunakan anti static bag, kemudian dikemas lagi menggunakan box yang telah berisi bagian-bagian pendukung seperti antena LoRa, Qwiic, Id Mappi32, dan juga marchandise spesial dari KMTek.

Pengemasan Mappi32 dilakukan sebaik mungkin untuk menjaga Mappi32 dalam keadaan baik-baik saja sampai ke tangan pengguna. Nah, itulah penjelasan mengenai Mappi32 New Version, semoga bermanfaat dan selamat berkaya!


PT. Karya Merapi Teknologi

contact @kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!


355 views4 comments

4 Comments


Maksum Rangkuti
Maksum Rangkuti
Apr 12, 2023

terima kasih atas info, dan masukannya

Like

Restu Setiawan
Restu Setiawan
Apr 06, 2023

kerenn ka

Like

jazzbegos
Apr 06, 2023

vvah😦

Like

Fajar Juni Barokah
Fajar Juni Barokah
Apr 06, 2023

Produk lokal rasa internasional 👍

Like
bottom of page