Search

Mari Berkenalan dengan Cyber Security

KMTek_cyber security
Gambar 1. Cyber Security

Sumber: www.freepik.com

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, semua orang sangat bergantung pada teknologi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Baik itu individu, organisasi, perusahaan bahkan institusi pemerintah sekalipun. Namun, kemudahan dalam melakukan transfer sebuah data, mencari informasi, berkomunikasi dengan banyak orang hingga menyimpan data penting bukan berarti tidak ada ancamannya loh. Ancaman-ancaman tersebut bisa berasal dari internal maupun eksternal dari perusahaan atau perusahaan itu sendiri. Ancaman-ancaman tadi biasa kita sebut dengan Cyber Crime.

Dengan munculnya cyber crime ini kita juga mengenal dengan adanya istilah Cyber Security. Nah, cyber security ini sebenarnya berperan untuk memastikan bahwa semua aktivitas dan data yang ada pada internet kita tetap aman dan terjaga dari macam-macam serangan cyber crime. Semakin berkembangnya teknologi, setiap orang baik individu maupun perusahaan membutuhkan perlindungan yang ketat dari ancaman cyber crime. Maka dari itu yuk kita pelajari bersama mulai dari pengertian cyber security, konsepnya, jenis-jenis, manfaat hingga cara melindungi dari cyber crime.


A. Pengertian Cyber Security

Menurut Google Trends, penulusuran akan cyber security terus mengalami peningkatan dalam 5 tahun terakhir. Dilansir dari CISCO, pengertian dari cyber security adalah suatu proses perlindungan program, data, sistem, maupun jaringan dari ancaman atau serangan digital. Menurut ISO (International Organization for Standardization), tepatnya ISO/IEC 27032; mengutip dari beberapa sumber; cyber security atau cyberspace security adalah preservasi dari kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi di cyberspace. Sementara itu, menurut Kaspersky; cyber security adalah suatu praktik melindungi perangkat komputer, server, perangkat mobile, sistem elektronik, jaringan, dan data dari serangan-serangan memiliki tujuan jahat.



Jadi, dapat kita simpulkan cyber security atau keamanan siber merupakan suatu tindakan untuk melindungi sebuah perangkat, jaringan, program dan data dari aneka serangan digital yang berbahaya. Dengan menerapkan cyber security, kalian mampu untuk meminimalisir resiko ancaman ataupun serangan digital yang membahayakan sistem komputer kalian. Cyber security semakin populer seiring banyaknya penggunaan komputer, laptop, smartphone, dan perangkat IoT (Internet of Things) serta penggunaan jaringan komputer seperti internet dalam kehidupan manusia sehari-hari.


B. Konsep Cyber Security

Cyber Security memiliki tiga konsep yang terkenal dengan sebutan CIA Triad. Konsep ini meliputi confidentiality (kerahasiaan), integrity (integritas), dan availability (ketersediaan). CIA Triad sebenarnya merupakan model keamanan yang dikembangkan untuk membantu kita memikirkan berbagai bagian keamanan teknologi informasi. Yang kemudian menjadi konsep dari cyber security.

Nah, berikut ini adalah penjelasan singkat dari konsep cyber security:

  • Confidentially (Kerahasiaan)

Confidentially adalah suatu upaya untuk merahasiakan atau menyimpan data. Dalam aksinya, confidentially melakukan tindakan berupa kontrol akses data agar tidak terjadi kebocoran atau pencurian data.

  • Integrity (Integritas)

Integrity artinya usaha untuk memastikan semua data yang akan diakses oleh pengguna merupakan data yang konsisten, akurat, dan terpercaya. Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga integritas suatu data diantaranya yaitu enkripsi data, tanda tangan digital, hingga certificate authority (CA) digital.

  • Availability (Ketersediaan)

Availability ini mengacu pada ketersediaan data yang kalian miliki. Dimana pengguna bisa mengakses data yang ingin dicari dengan mudah dan tanpa halangan. Dalam bisnis, ketersediaan sistem, aplikasi, dan resource data yang bisa diakses pelanggan adalah hal yang wajib.


C. Jenis-jenis Cyber Security

Jenis-jenis cyber security ini dibagi menurut konteks dimana mereka diaplikasikan. Berikut ini adalah beberapa jenis cyber security:

  1. Application Security, berfungsi untuk menjamin apakah aplikasi dan perangkat yang digunakan aman dari ancaman serangan.

  2. Operational Security, berfungsi untuk melakukan upaya pencegahan data penting tersebar di internet.

  3. Network Security, berupa serangkaian aturan atau konfigurasi untuk melindungi jaringan komputer beserta data-datanya.

  4. Informational Security, serangkaian langkah-langkah yang akan diambil untuk menjaga informasi penting.

  5. Disaster Recovery, berupa langkah-langkah dan perencanaan pemulihan sistem informasi setelah atau sebelum terjadi serangan digital.


D. Manfaat Adanya Cyber Security

Dengan kehadiran cyber security ada banyak manfaat yang dapat diperoleh bagi individu maupun perusahaan. Diantaranya yaitu:

  1. Data penting terlindungi

  2. Produktivitas terjaga

  3. Waktu untuk pemulihan menjadi singkat

  4. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

  5. Memastikan web bisa selalu diakses


E. Cara Menerapkan Cyber Security untuk Mencegah Cyber Crime

Ada berbagai macam cara yang mudah kita lakukan untuk melakukan pencegahan cyber crime dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

  • Memperbaharui perangkat lunak/ software secara berkala

  • Menggunakan antivirus

  • Membuat kata sandi yang kuat

  • Waspada terhadap email dan pesan misterius

  • Hindari menggunakan jaringan Wi-Fi asing di tempat umum

  • Gunakan SSL jika mempunyai website


Demikian penjelasan mengenai cyber security, sekarang kalian sudah mengerti dan mengetahui apa pengertian, manfaat, jenis-jenis dari cyber security. Setelah membaca artikel ini, semoga kalian semakin sadar betapa pentingnya cyber security dan apa saja yang bisa mengancam sistem komputer kalian. Dengan menerapkan cyber security kita telah meminimalisir ancaman dan resiko dari berbagai serangan cyber. Jadi, apa kalian sudah siap menerapkan cyber security?


Referensi:


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, Jika ada saran, kritik maupun pertanyaan silahkan kirim pesan ke:

PT. Karya Merapi Teknologi

contact@kmtech.id

Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri! YouTube:https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia Instagram:https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/ Facebook:https://www.facebook.com/kmtech.id

LinkedIn:https://www.linkedin.com/company/kmtek




95 views0 comments

Recent Posts

See All