top of page
Search

Tren Pengembangan Teknologi Wearable: Dari Fitness Tracker hingga Smartwatch Medis


Teknologi Wearable KMTek
Beberapa contoh teknologi wearable (Sumber: review.bukalapak.com)

Teknologi wearable, atau perangkat yang bisa dikenakan seperti jam tangan pintar (smartwatch), kacamata pintar (smart glasses), dan pelacak kebugaran (fitness tracker), telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern. Perangkat-perangkat ini memberikan berbagai manfaat yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari, baik dari segi kesehatan, produktivitas, maupun kenyamanan. Salah satu peran utama teknologi wearable adalah dalam pemantauan kesehatan dan kebugaran. Dengan fitur seperti pengukur detak jantung, penghitung langkah, pelacak tidur, dan pengukur kalori terbakar, pengguna dapat memantau kondisi fisik mereka secara real-time. Ini memungkinkan individu untuk lebih sadar akan kondisi kesehatan mereka dan mengambil tindakan preventif lebih awal. Misalnya, pelacak kebugaran dapat memberi peringatan jika detak jantung pengguna terlalu tinggi atau jika mereka perlu bergerak lebih banyak sepanjang hari. 

Selain itu, perangkat wearable seperti smartwatch juga berperan penting dalam meningkatkan produktivitas. Dengan kemampuan untuk menerima notifikasi, pesan, panggilan telepon, dan pengingat langsung dari pergelangan tangan, pengguna dapat tetap terhubung tanpa harus selalu mengambil ponsel mereka. Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola waktu dan tugas mereka dengan lebih efisien, baik di tempat kerja maupun dalam kegiatan sehari-hari. Teknologi wearable juga memberikan kenyamanan dan kemudahan yang signifikan. Misalnya, smartwatch dapat digunakan untuk melakukan pembayaran digital, memutar musik, dan bahkan mengontrol perangkat rumah pintar. Kemudahan akses ini membuat aktivitas sehari-hari lebih praktis dan efisien. Pengguna dapat melakukan banyak hal hanya dengan perangkat yang terpasang di tubuh mereka tanpa perlu perangkat tambahan lainnya.

Teknologi Wearable KMTek
Smart Clothing (Sumber: medium.com/@clarkbros76)

A. Definisi Umum Teknologi Weareable

Teknologi wearable, atau teknologi yang bisa dikenakan, merujuk pada perangkat elektronik yang dirancang untuk dikenakan di tubuh pengguna, baik sebagai aksesori maupun sebagai bagian dari pakaian. Perangkat ini dilengkapi dengan berbagai sensor dan teknologi yang memungkinkan mereka untuk mengumpulkan data, berkomunikasi dengan perangkat lain, dan memberikan informasi secara real-time kepada pengguna. Contoh umum dari teknologi wearable meliputi jam tangan pintar (smartwatch), pelacak kebugaran (fitness tracker), kacamata pintar (smart glasses), dan pakaian pintar (smart clothing). Teknologi wearable umumnya digunakan untuk memantau aktivitas fisik, kesehatan, dan kebugaran pengguna.

Mereka dapat mengukur detak jantung, langkah kaki, kualitas tidur, kadar oksigen dalam darah, dan berbagai parameter kesehatan lainnya. Selain itu, beberapa perangkat wearable juga menawarkan fungsi tambahan seperti notifikasi pesan, panggilan telepon, navigasi GPS, dan kontrol perangkat lain melalui konektivitas nirkabel. Dalam konteks medis, teknologi wearable dapat digunakan untuk pemantauan pasien secara kontinu, membantu dalam diagnosis awal penyakit, dan memberikan data yang dapat digunakan oleh tenaga medis untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Secara keseluruhan, teknologi wearable bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pengguna dengan menyediakan informasi yang relevan dan tepat waktu, yang memungkinkan pengelolaan kesehatan dan produktivitas yang lebih baik.


Teknologi Wearable KMTek
Smartwatch dan Smartphone (Sumber: ids.ac.id)

 

B. Contoh Teknologi Wearable

Perkembangan teknologi wearable dimulai dengan kehadiran fitness tracker, perangkat sederhana yang dirancang untuk memantau aktivitas fisik harian pengguna. Pada tahap awal, fitness tracker hanya dilengkapi dengan fitur dasar seperti penghitung langkah, pengukur jarak, dan pemantau kalori terbakar. Perangkat ini menjadi populer di kalangan individu yang sadar kesehatan karena kemampuannya membantu mereka melacak dan meningkatkan kebugaran fisik mereka. Pelacak kebugaran pertama seperti Fitbit dan Jawbone Up menginspirasi banyak orang untuk lebih aktif dalam menjaga kesehatan mereka melalui data yang mudah diakses dan dipahami. Seiring waktu, teknologi fitness tracker berkembang menjadi lebih kompleks dan multifungsi, mengarah pada munculnya smartwatch. Smartwatch tidak hanya memiliki semua fungsi fitness tracker, tetapi juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti notifikasi pesan dan panggilan, integrasi aplikasi, navigasi GPS, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi pihak ketiga. Perangkat seperti Apple Watch dan Samsung Galaxy Watch memimpin pasar dengan desain elegan dan teknologi canggih yang membuatnya lebih dari sekadar alat kebugaran, tetapi juga sebagai asisten pribadi yang meningkatkan produktivitas dan kemudahan pengguna.

Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dan produktif sepanjang hari tanpa harus selalu menggunakan smartphone mereka. Selanjutnya, evolusi teknologi wearable memasuki fase yang lebih spesifik dan kritis dengan hadirnya smartwatch medis. Smartwatch medis dirancang untuk memberikan pemantauan kesehatan yang lebih mendalam dan spesifik, yang sangat berguna bagi individu dengan kondisi medis tertentu. Perangkat ini dilengkapi dengan sensor EKG untuk memantau aktivitas jantung, pemantauan oksigen dalam darah, alat deteksi jatuh, dan pengukuran tekanan darah. Dengan kemampuan ini, smartwatch medis tidak hanya membantu pengguna dalam manajemen kesehatan sehari-hari tetapi juga memungkinkan deteksi dini kondisi kesehatan yang potensial, memberikan data penting kepada tenaga medis untuk diagnosa dan perawatan yang lebih akurat. Perkembangan ini menunjukkan potensi besar teknologi wearable dalam mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat secara luas, menjadikan mereka alat yang tak terpisahkan dari kehidupan modern.

 

C. Manfaat dari Teknologi Wearable

Teknologi wearable menawarkan berbagai manfaat yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu manfaat utamanya adalah pemantauan kesehatan dan kebugaran secara real-time, yang memungkinkan pengguna untuk melacak aktivitas fisik, detak jantung, kualitas tidur, dan parameter kesehatan lainnya dengan mudah. Ini membantu individu lebih sadar akan kondisi kesehatan mereka dan mengambil tindakan preventif yang diperlukan. Selain itu, teknologi wearable juga meningkatkan produktivitas dengan memberikan akses cepat ke notifikasi, pesan, dan panggilan tanpa harus mengambil ponsel, sehingga pengguna dapat tetap fokus dan efisien. Dalam konteks medis, perangkat wearable seperti smartwatch medis menyediakan pemantauan kontinu untuk kondisi medis tertentu, membantu dalam deteksi dini penyakit dan manajemen kesehatan yang lebih baik. Dengan berbagai fitur canggih dan kemampuan konektivitas, teknologi wearable tidak hanya menawarkan kenyamanan dan kemudahan, tetapi juga berperan penting dalam mendukung gaya hidup yang lebih sehat dan terorganisir.


Teknologi Wearable KMTek
Smart Glasses (Sumber: www.allaboutvision.com)

 

Teknologi wearable telah mengalami perkembangan pesat dari awalnya sebagai fitness tracker sederhana hingga menjadi smartwatch medis canggih. Perangkat ini kini memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari dengan menawarkan manfaat signifikan dalam pemantauan kesehatan, peningkatan produktivitas, dan kemudahan akses informasi. Dengan kemampuan untuk memberikan data kesehatan real-time, notifikasi instan, dan fitur-fitur medis lanjutan, teknologi wearable telah menjadi alat yang tak terpisahkan dalam mendukung gaya hidup sehat dan efisien. Kedepannya, perkembangan teknologi ini diharapkan akan terus berinovasi, memberikan manfaat yang lebih besar dan lebih spesifik bagi penggunanya. Nah, seperti itulah penjelasan mengenai teknologi wearable dari fitness tracker hingga smartwatch medis dan beberapa contoh lain. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!

 

PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!

 

Sumber:

 

 

46 views0 comments

Comments


bottom of page