top of page
Search

Kolaborasi KMTek dan Sekolah Vokasi UGM dalam Kunjungan Kerja



Sumber : kmtech.id

Pada Jumat, 23 Februari 2024, KMTek menjalin kerja sama dengan Departemen Teknik Elektro dan Informatika Sekolah Vokasi UGM. Acara ini dilaksanakan di Gedung Herman Yohanes, Sekip Unit III, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut, kedua pihak sepakat untuk melakukan kolaborasi dalam berbagai bidang terutama dalam hal penelitian dan pengembangan teknologi. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak serta mendorong inovasi di bidang teknologi elektro dan informatika.

 

Pembukaan oleh Manajer Kerja Sama Sekolah Vokasi UGM

Acara dibuka oleh Manajer Kerja Sama Sekolah Vokasi UGM, Wijayanti Dwi Astuti, S.Si., M.Sc., Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya kerja sama antara lembaga pendidikan dan industri, terutama dalam bidang teknologi. Pemaparan ini menjadi awal dari serangkaian kegiatan yang bertujuan memperkuat hubungan antara institusi pendidikan dan dunia industri. Diharapkan kolaborasi ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan teknologi serta pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dalam menghadapi tantangan masa depan.



Sumber : kmtech.id

Pemaparan Kegiatan Kerja Sama

Selanjutnya, dilakukan pemaparan mengenai bentuk-bentuk kerja sama yang telah dilakukan antara Departemen Teknik Elektro dan Informatika Sekolah Vokasi UGM dengan berbagai mitra. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada KMTek tentang potensi kerja sama yang dapat dijajaki. Pemaparan ini mencakup berbagai program kerja sama seperti penelitian bersama, pelatihan tenaga kerja, pertukaran pengetahuan, dan proyek kolaboratif lainnya yang telah berhasil dilakukan. Diharapkan dengan memahami kerja sama yang telah terjalin sebelumnya, KMTek dapat mengeksplorasi peluang kerja sama yang lebih luas dan berdampak positif bagi kedua belah pihak.


Diskusi dan Implementasi IoT

Bagian selanjutnya melibatkan diskusi terkait hal yang pernah dihadapi oleh kedua belah pihak terkait kerja sama dengan mitra-mitra sebelumnya. Puncak diskusi berfokus pada implementasi dan hilirisasi Internet of Things (IoT), sebuah bidang yang menjadi fokus utama kami. Diskusi ini memungkinkan kedua belah pihak untuk saling bertukar pengalaman dan pembelajaran dari tantangan yang pernah dihadapi dalam mengimplementasikan teknologi IoT dalam berbagai proyek dan aplikasi industri. Diharapkan diskusi ini dapat menjadi landasan bagi kerja sama yang lebih produktif dan inovatif di masa depan, terutama dalam memajukan teknologi IoT untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja industri.

Sebagai penutup acara, dilakukan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan dari kunjungan kerja sama ini. Sesi ini menciptakan momen kebersamaan yang diharapkan dapat menjadi awal dari kolaborasi yang erat antara Sekolah Vokasi UGM dan KMTek. Dengan adanya foto bersama, diharapkan hubungan antara kedua pihak semakin terjalin kuat dan berkelanjutan, serta menjadi dorongan untuk menjalankan program-program kerja sama yang telah disepakati dalam acara tersebut.


Sumber : kmtech.id

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk membangun kerja sama yang lebih solid antara KMTek sebagai mitra industri dan Departemen Teknik Elektro dan Informatika Sekolah Vokasi UGM. Melalui pertemuan ini, diharapkan terbentuk kesepahaman yang mendalam mengenai potensi kolaborasi yang saling menguntungkan. Dengan memperkuat kerja sama antara kedua belah pihak, diharapkan akan tercipta sinergi yang lebih baik dalam mengembangkan inovasi, melakukan penelitian bersama, serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan bagi mahasiswa dan tenaga kerja di bidang teknologi elektro dan informatika.

Peserta yang mengikuti acara ini dapat mengambil manfaat berupa pemahaman yang lebih baik mengenai kebutuhan industri dan peluang kerja sama yang dapat dijelajahi bersama PT KMTek. Namun, untuk memastikan implementasi kerja sama yang optimal, perlu dilakukan diskusi lebih lanjut antara kedua belah pihak. Diskusi lanjutan ini diperlukan agar kedua belah pihak dapat merumuskan rencana kerja konkret, menetapkan tujuan bersama, dan mengatasi potensi hambatan yang mungkin timbul dalam proses kerja sama. Dengan demikian, kerja sama antara Departemen Teknik Elektro dan Informatika Sekolah Vokasi UGM dengan KMTek dapat terwujud dengan hasil yang maksimal dan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.


Sumber : kmtech.id

 

Dengan terlaksananya kunjungan kerja sama ini, harapannya adalah dapat terbina kerja sama yang berkelanjutan dan saling menguntungkan antara Sekolah Vokasi UGM dan PT Karya Merapi Teknologi. Semakin eratnya hubungan antara dunia pendidikan dan industri, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan teknologi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Kolaborasi yang terjalin diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi kedua belah pihak secara langsung, tetapi juga untuk pertumbuhan ekonomi dan kemajuan teknologi di tingkat nasional. Dengan adanya integrasi antara ilmu pengetahuan yang diajarkan di perguruan tinggi dengan kebutuhan industri yang nyata, diharapkan para lulusan dapat lebih siap secara kompetitif untuk memasuki pasar kerja yang semakin kompetitif dan dinamis.


PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!



 

 

 

84 views1 comment

1 comentario


novitasari886677
04 mar

Good👍🏻

Me gusta
bottom of page