top of page
Search

Bahasa Pemrograman Python: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Contoh Program

Coding merupakan bahasa komputer yang berisi simbol-simbol yang jarang dipahami oleh manusia. Coding digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer melalui kode yang tertulis pada program. Komputer menerima sebuah kode yang tertulis dalam program dan akan diterjemahkan menjadi keluaran yang biasanya selalu sesuai dengan apa yang tertulis. Jenis bahasa pemrograman juga terkadang menjadi salah satu alasan programmer giat bahkan sangat nyaman berhubungan dengan simbol-simbol tersebut. Ada beberapa jenis bahasa yang kerap digunakan oleh orang awam, mulai dari yang mudah bahkan yang rumit.

Penggunaan bahasa pemrograman sendiri tergantung dengan kebutuhan penggunanya. Biasanya, programmer membuat coding untuk keperluan website, data, prototype, dan lain-lain. Bagi anda yang baru mulai belajar coding, berikut kami jelaskan bahasa pemrograman Python yang menjadi rekomendasi untuk digunakan.


Pengertian Python

Python Icon-KMTek
Sumber: Pinterest-Python Icon

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang cocok digunakan bagi pemula. Susunan dan struktur kode dari Python mirip dengan sintaks dalam bahasa Inggris dan memudahkan user. Python biasanya digunakan untuk keperluan website, pembuatan aplikasi, dan analisis data. Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang open source dan bisa dijalankan hampir di semua arsitektur sistem. Hal ini yang menjadikannya sebagai salah satu bahasa pemrograman yang mudah dan paling populer.


Fungsi Python


Sebagian besar programmer menggunakan Python untuk memudahkan dalam pengerjaan kode program. Beberapa fungsi dari Python yang menjadikannya sebagai salah satu bahasa pemrograman yang recommended adalah untuk pengembangan Internet of Thing. Python berfungsi untuk pegembangan web dan aplikasi. Penggunaan sintaks yang mudah, menjadikan Python hanya perlu mengirim kode dan akan otomatis dijalankan. Selain itu, Python bisa menganalisis data dengan melakukan kalkulasi statistik dan mengevaluasi data. Python bisa menganalisis data rumit dalam sajian Big Data.

Bagi para pengembang game, Python bisa jadi salah satu program yang mudah dijalankan. Program yang ada pada Python adalah GUI (Graphical User Interface) yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan elemen visual. Untuk pengembangan machine learning, Python mudah digunakan dalam proses pengolahan berbagai data. Proses penginputan data dijalankan oleh Python yang kemudian menjadi keluaran pada mesin.


Kelebihan Python


Dikutip dari caraguna.com Python adalah bahasa pemrograman yang tidak menggunakan compiler sehingga lebih mudah dalam pengaplikasiannya. Python memiliki library yang luas dan banyak. Kode pada library ini sudah tersimpan secara aman di dalam modul. Library memudahkan dalam mengekspor kode sehingga kita tidak perlu menulis ulang kode secara manual.

Python merupakan bahasa pemrograman yang open source dan gratis, sehingga dapat dengan mudah dikembangkan oleh pihak user. Tak jarang user juga mendistribusikan Python untuk berbagai tujuan. Python mampu meningkatkan produktivitas developer dengan sintaks yang mudah dipahami. Selain itu Python juga fleksibel, kode bahasa yang diprogram oleh Python bisa dijalankan hampir di semua sistem operasi. Kode Python dapat diintegrasikan pada aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman lain lewat mekanisme tertentu.

Metode pemrograman pada Python bersifat Object Oriented Programming, yaitu dapat menyusun program software dan bisa digunakan kembali. Pada OOP, mengikuti prinsip DRY (Don’t Repeat Yourself) satu kali pengerjaan untuk hal yang sama, sehingga lebih efisien untuk digunakan. Python juga memiliki sistem untuk mengelola memory secara otomatis. Ada juga metode garbage collection, lalu sistem bisa memanajemen memori dan tidak perlu membebaskan sampah secara manual.


Kekurangan Python

python-KMTek
Sumber: appkey.id


Karena termasuk dalam bahasa pemrograman yang tidak compiler, Python terkesan lambat dalam mengeksekusi program. Selain itu, Python menjalankan program hanya pada satu core processor, sehingga memiliki keterbatasan dalam mengakses basis data. Dalam pengembangannya, Python juga mustahil untuk membuat game tiga dimensi dengan grafis tinggi. Untuk pengaplikasian platform Android dan IOS, terkesan kurang memadai karena Python lemah jika harus berjalan pada platform mobile.


Contoh Program dengan Python


Nah, sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian, fungsi, kelebihan, serta kekurangan Python. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai keluaran dasar pada sebuah bahasa pemrograman. Ada beberapa hal yang sering dikembangkan dalam pengaplikasian program Python, yaitu:


1. Membuat "Hello World"

Pada setiap bahasa pemrograman hal dasar yang dapat dicetak adalah kalimat "Hello World." Berbeda dengan bahasa lain, Python dapat membuat "Hello World" hanya dengan mengeksekusi perintah seperti berikut:

python hello world-KMTek
Sumber : codefellows.org

Berikut merupakan hasil eksekusi dari kode yang kita jalankan.

hello world-KMTek
Sumber : udacity.com

2. Menampilkan Kalender

Untuk menampilkan kalender, Python memprogram dengan bahasa Python yang sederhana. Sebelum menulis program, kita perlu mengimpor kalender dari modul Python. Modul Python adalah file yang digunakan untuk memisah program, sehingga bisa dikelola dengan lebih mudah. Setelah mengimpor modul, selanjutnya kita bisa mulai menulis program dan menjalankannya.


pythoncallender-KMTek
Sumber: pythonguides.com

3. Mengurutkan Kata Sesuai Abjad

Ketika user akan mengurutkan kata sesuai dengan abjad, Python mempunyai elemen String. String berguna untuk memasukkan kata-kata yang diinginkan. Untuk contoh penulisan kodenya adalah sebagai berikut.


stringcodepython-KMTek
Sumber: c-sharpcorner.com

4. Menampilkan Tabel Perulangan

Pada program perulangan, fungsi yang diperlukan adalah loop. Elemen ini berfungsi untuk mengulangi sebuah urutan atau objek yang bisa diulang. Pada tabel perkalian, akan ada angka yang diulang, untuk itu kita memerlukan fungsi loop pada kode program. Berikut contoh kode program loop dalam fungsi perulangan.


while-loop-KMTek
Sumber: pythonguides.com


Itulah penjelasan mengenai pengertian dan kemudahan dari bahasa pemrograman Python yang direkomendasikan untuk digunakan. Semoga bermanfaat dan Selamat Berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri! YouTube:https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia Instagram:https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/ Facebook:https://www.facebook.com/kmtech.id LinkedIn:https://www.linkedin.com/company/kmtek


Sumber terkait:

617 views0 comments

Comments


bottom of page