Search

Yuk! kenalan dengan MySQL dan fungsinya


MySQL-KMTek
Ilustrasi MySQL

MySQL adalah salah satu sistem manajemen database yang digunakan untuk mengelola data. MySQL terbagi menjadi dua lisensi, Freeware dan Shareware. Freeware merupakan perangkat lunak yang dapat di akses oleh siapa saja, sedangkan shareware merupakan perangkat lunak berpemilik dan memiliki keteratasan pada pengguna. Mau belajar lebih lanjut tentang MySQL? Simak artikel di bawah ini ya..


A. Pengertian MySQL


MySQL-KMTek
Ilustrasi MySQL

MySQL merupakan sebuah database manajemen sistem (manajemen basis data) yang menggunakan perintah dasar SQL (structured query language). MySQL merupakan DBMS open source dengan dua bentuk lisensi yaitu freeware (bebas) dan shareware (terbatas). Intinya, MySQL merupakan database yang bersifat open source dengan lisensi GNL (General Public Lisence). Sehingga dapat digunakan untuk keperluan komersil atau pribadi tanpa harus membayar lisensi yang ada. MySQL masuk ke dalam jenis Relational Database Management System (RDBMS). SQL merupakan suatu bahasa yang sering digunakan dalam pengambilan data pada relational database atau database yang terstruktur.


B. Kelebihan dan kekurangan MySQL


MySQL-KMTek
Ilustrasi MySQL

SQL menjadi database yang cukup popular, akan tetapi MySQL tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan database yang lain. Manajemen sistem tidak dapat bekerja dengan baik dan performa yang turun merupakan salah satu contoh kekurangan MySQL.


Adapun kekurangan dan kelebihan MySQL yang lain, di antaranya adalah sebagai berikut:


1. Mendukung Integrasi dengan Bahasa Pemograman Lain.

Software atau website dikembangkan dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman. Melalui MySQL anda tidak perlu khawatir, karena MySQL dapat membantu anda mengembangkan software yang lebih efektif dan mudah dengan integrasi antara bahasa pemrograman.


2. Tidak Membutuhkan RAM Besar

MySQL dapat digunakan pada server dengan spesifikasi kecil. Hanya dengan kapasitas 1 GB anda tentu bisa menggunakan MySQL sebagai database anda. Menarik, bukan?


3. Mendukung Multi User

MySQL dapat digunakan oleh beberapa user secara bersamaan tanpa membuatnya berhenti bekerja. Hal ini dapat anda manfaatkan untuk mengerjakan proyek yang sifatnya tim atau melibatkan lebih dari satu orang.


4. Bersifat Open Source

MySQL merupakan sistem manajemen yang bersifat gratis. Meskipun gratis, bukan berarti database ini mempunyai kinerja yang buruk. Lisensi gratis yang digunakan merupakan GPL, sehingga kualitasnya terbilang baik. Pengguna dapat membeli versi enterprise maupun source code yang ditawarkan oleh MySQL dengan harga yang terjangkau, apabila dibandingkan dengan Oracle.


5. Struktur Tabel yang Fleksibel

MySQL memiliki struktur table yang fleksibel dan mudah digunakan. Jika dibandingkan dengan database lain seperti Oracle dan PostgreSQL, MySQL tergolong jauh lebih mudah.


6. Tipe Data yang Bervariasi

Kelebihan yang lain dari MySQL adalah mendukung berbagai macam data yang bisa digunakan. Jadi, manajemen database sistem ini sangat membantu dalam mengembangkan software yang berguna untuk pengelolaan database server.


7. Fitur Keamanan yang Baik

Ada beberapa lapisan kemanan yang diterapkan oleh MySQL , seperti level nama host dan subnetmask. Selain itu MySQL juga dapat mengatur hak akses user dengan enkripsi password tingkat tinggi.


Meskipun memiliki banyak kelebihan, ada beberapa kekurangan yang dimiliki MySQL sehingga perlu pertimbangan sebelum anda menggunakannya.


1. Support yang Kurang

Technical support dari MySQL juga dianggap kurang baik. Hal ini mengakibatkan user akan mengalami kesulitan dalam menghubungi technical support ketika ada suatu kendala atau permasalahan.


2. Sulit Mengelola Database yang Besar

MySQL kurang baik dalam pengembangan aplikasi atau sistem perusahaan yang membutuhkan database yang besar. MySQL dikembangkan supaya ramah dengan perangkat yang mempunyai spesifikasi rendah, itulah mengapa MySQL tidak memiliki fitur yang lengkap seperti DBMS lainnya.


3. Koneksi Terbatas

MySQL kurang mendukung koneksi bahasa pemrograman seperti Visual Basic atau bisa kita sebut dengan VB, Foxpro, Delphi dan lain-lain. Koneksi tersebut dapat menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari Bahasa pemrograman visual tersebut.



B. Cara Kerja MySQL


MySQL-KMTek
Ilustrasi MySQL

Jika dilihat dari sisi teknis, cara kerja MySQL cukup rumit terlebih bagi pemula. Akan tetapi, pada artikel ini kita akan bahas cara kerja MySQL secara sederhana. Pertama, setiap perangkat harus terhubung ke server melalui network. Selanjutnya, cara kerja dari MySQL adalah :


  1. MySQL membuat database untuk memodifikasi sekaligus menyimpan data dan menentukan keterkaitan table di dalamnya.

  2. Perangkat client membuat permintaan (request) dengan perintah spesifik menggunakan bahasa SQL.

  3. Server akan menerima dan menjalankan perintah sesuai dengan permintaan dari client.


Nah, itu tadi penjelasan mengenai apa itu MySQL, kelebihan dan kekurangan beserta cara kerjanya. MySQL adalah DBMS yang wajib untuk kalian pelajari jika ingin mengembangkan aplikasi atau website. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat berkarya!

Dengan teknologi, jadikan idemu sebagai karya nyata dan buat hidup lebih indah.

-KMTek

Contact :contact@kmtech.id


Follow us :

YouTube:https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia Instagram:https://www.instagram.com/kmtek.indonesia

Facebook:https://www.facebook.com/kmtech.id LinkedIn:https://www.linkedin.com/company/kmtek


Referensi :

https://dosenit.com

https://www.jagoanhosting.com

https://www.niagahoster.co.id

55 views0 comments

Recent Posts

See All