top of page
Search

Web Service (Layanan Web): Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya


web service-KMTek
Sumber: ( softwareseni.co.id )

Web service (Layanan Web) merupakan sekumpulan fungsi dan prosedur yang sudah tersedia untuk digunakan oleh aplikasi lain melalui protokol HTTP. Setiap fungsi ini dapat digunakan untuk meminta dan mengirim data antar aplikasi secara terstruktur. Di era digital saat ini, web service sudah menjadi komponen penting dalam pengembangan dan pengoperasian aplikasi serta sistem yang berbasis web. Web service memungkinkan komunikasi dan pertukaran data antara berbagai aplikasi melalui internet. Web service biasanya mengikuti service-oriented architecture (arsitektur yang berorientasi layanan) yang memisahkan logika bisnis dari aplikasi menjadi unit-unit fungsional yang disebut dengan layanan. Layanan ini dapat berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan yang menggunakan protokol standar seperti HTTP. Nah, pada artikel KMTek kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai web service, jenis, serta manfaatnya yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.


Protokol dan Standar

Web service dilengkapi dengan protokol dan standar yang menjadi seperangkat aturan dan spesifikasi dalam pengembangan dan komunikasi antara aplikasi web. Web service umumnya menggunakan protokol HTTP untuk melakukan pertukaran data. Data dikirim dalam format yang dapat dibaca oleh mesin seperti XML dan JSON. Berikut adalah standar yang terkait dengan web service.

  • XML (Extensible Markup Language): XML adalah bahasa markup yang digunakan untuk mengirim dan menerima data antara aplikasi. XML menyediakan cara yang fleksibel untuk menyusun dan menggambarkan struktur data. Secara sederhana, XML pada web service adalah suatu aplikasi yang dapat diakses oleh aplikasi lain.

  • JSON (JavaScript Object Notation): JSON adalah format pertukaran data yang ringan dan mudah dibaca oleh manusia serta mudah diproses oleh mesin. JSON digunakan untuk mengirim data struktural antara server dan aplikasi web. Layanan web JSON-RPC adalah protokol yang mirip dengan XML-RPC, tetapi menggunakan format pertukaran data JSON.

Jenis-jenis Web Service

web service-KMTek
Sumber: ( nesabamedia.com )

Web service memiliki beberapa jenis dengan karakteristik tersendiri, berikut adalah beberapa jenis web service.


1. Web Service RESTful

Layanan web Representational State Transfer (RESTful) adalah jenis layanan web yang dilengkapi dengan protokol HTTP untuk melakukan komunikasi antara klien dan server. Layanan RESTful menjadi pendekatan yang populer dalam pengembangan layanan web. Pendekatan ini menggunakan metode HTTP seperti GET, POST, PUT, dan DELETE untuk mengakses dan memanipulasi sumber daya yang direpresentasikan oleh URL. Layanan web RESTful sering digunakan dalam pembangunan Application Programming Interface API untuk aplikasi pada web dan mobile.

2. Web Service SOAP

Layanan web Simple Object Access Protocol (SOAP) adalah jenis layanan web dengan protokol yang menggunakan XML untuk melakukan pertukaran data antara klien dan server. Layanan web SOAP menyediakan cara yang lebih terstruktur dan formal untuk mengaplikasikan fungsi dari layanan web. SOAP menyediakan format pesan yang terstruktur dan standar untuk memudahkan terjadinya komunikasi antar aplikasi yang berbeda. Layanan web SOAP juga dilengkapi dengan Web Services Description Language (WSDL) sebagai deskripsi layanan yang diberikan.

3. Web Service XML-RPC

Layanan web XML-RPC adalah jenis layanan web yang memanfaatkan protokol XML untuk memanggil fungsi atau prosedur yang berada di server jarak jauh, dengan menggunakan permintaan XML melalui HTTP. Protokol XML-RPC memungkinkan klien untuk mengirimkan permintaan XML dari protokol HTTP yang kemudian digunakan untuk menjalankan operasi pada server. Layanan web XML-RPC merupakan salah satu layanan yang sederhana dan ringan, sehingga sering kali digunakan dalam integrasi aplikasi antar platform.

4. Web Service JSON-RPC

Layanan web JSON-RPC merupakan protokol yang mirip dengan XML-RPC, tetapi menggunakan format pertukaran data JavaScript Object Notation (JSON). JSON-RPC memungkinkan klien untuk menggunakan fungsi pada server melalui permintaan JSON yang dikirim melalui protokol HTTP. Layanan JSON-RPC termasuk layanan yang populer dalam pengembangan aplikasi web modern dan pengiriman data yang terkesan lebih efisien.

5. Layanan WSDL

Web Services Description Language (WSDL) adalah jenis layanan web yang digunakan untuk mendeskripsikan format dan protokol yang digunakan oleh layanan web. WSDL menyediakan informasi tentang operasi yang tersedia, format pesan yang diterima dan dikirimkan, serta lokasi dari layanan web tersebut. WSDL membantu dalam pengembangan dan integrasi aplikasi yang menggunakan layanan web.


Manfaat Web Service

web service-KMTek
Sumber: ( cloudfoundation.com )

Penggunaan web service di berbagai kebutuhan pada era saat ini, memberikan keuntungan bagi penggunanya. Berikut adalah manfaat dari penggunaan web service.

  • Peningkatan Interoperabilitas: Web service memungkinkan komunikasi antara aplikasi yang dibangun dengan suatu teknologi yang berbeda. Komunikasi dan pertukaran data ini terjadi pada berbagai platform dan teknologi. Dengan menggunakan standar protokol dan format data yang sudah terdefinisi, aplikasi dapat berkomunikasi secara efisien tanpa terkendala oleh perbedaan teknologi yang digunakan.

  • Reusabilitas dan Modularitas: Web service dapat digunakan kembali oleh berbagai aplikasi untuk mengurangi upaya pengembangan, sehingga pengguna dapat membuat dan menggunakan kembali komponen-komponen fungsional yang sudah ada. Ketika pengguna mengimplementasikan web service, maka pengguna dapat memisahkan logika bisnis dari aplikasi utama menjadi unit fungsional yang terdefinisi dengan jelas. Hal ini dapat memudahkan pengembangan aplikasi baru melalui pemanfaatan ulang layanan web yang sudah ada, menghemat waktu dan upaya pengembangan.

  • Skalabilitas: Web service mudah diperluas dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Web service memungkinkan skalabilitas yang lebih baik dalam pengembangan dan pengoperasian aplikasi. Melalui layanan web, aplikasi dapat diperluas dengan mudah dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang berubah. Pengguna dapat menambahkan atau memperbarui web service tanpa harus memengaruhi seluruh komponen sistem. Hal ini memberikan fleksibilitas yang tinggi dalam pengelolaan dan pengembangan aplikasi secara efisien.

Web service merupakan fondasi penting dalam pengembangan aplikasi dan sistem yang berbasis web. Web service memungkinkan komunikasi dan pertukaran data antara aplikasi melalui internet. Nah, itulah penjelasan mengenai web service, semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi

contact @kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!



Sumber:


138 views2 comments

2 Comments


Restu Setiawan
Restu Setiawan
Jun 23, 2023

keren

Like
Replying to

kerenan restu

Like
bottom of page