top of page
Search

Teknologi Jaringan Nirkabel (Wireless Network)


wirelessnetworking-KMTek
Sumber: ( berbagitips.co )

Pada kehidupan sehari-hari kita kerap menggunakan teknologi dengan wireless network atau jaringan nirkabel. Pengertian dari jaringan nirkabel adalah suatu teknologi yang bisa berkomunikasi satu sama lain tanpa menggunakan kabel untuk transmisi data. Jaringan nirkabel bisa menghubungkan suatu perangkat meski jauh dari router. Jaringan nirkabel menggunakan gelombang elektromagnetik seperti mikro, radio, dan infrared sebagai pengganti kabel untuk proses transmisi data antar perangkat. Jarak yang bisa dijangkau dari jaringan nirkabel beragam, ada yang dijangkau dari jarak dekat ada pula dari jarak jauh.

Jaringan nirkabel terkesan lebih fleksibel sehingga lebih mudah dalam penggunaannya. Jaringan nirkabel memiliki mobilitas tinggi dan tidak mudah terganggu dengan benda yang ada di sekitarnya, sehingga lebih stabil untuk berkomunikasi. Contoh penggunaan perangkat dengan jaringan nirkabel adalah Wi-Fi dan Bluetooth yang ada di smartphone.

Jaringan nirkabel memiliki fungsi yang sama dengan jaringan kabel biasa yaitu sebagai penghubung agar perangkat dapat saling terkoneksi. Seperti yang sudah kita ketahui, jaringan nirkabel adalah perangkat yang tidak menggunakan kabel dalam proses transmisi data, maka jaringan nirkabel digunakan untuk memberikan kemudahan dalam proses komunikasi. Jaringan nirkabel cocok untuk pengguna yang mengedepankan kemudahan dan efisiensi dalam penggunaan jaringan untuk berkomunikasi.


Manfaat Penggunaan Jaringan Nirkabel


Selain memberikan kemudahan dalam proses transmisi data, jaringan nirkabel juga memberikan beberapa manfaat bagi penggunanya. Penggunaan jaringan nirkabel adalah untuk resource sharing atau berbagi suatu sumber daya dari user menggunakan jaringan. Resource sharing dapat digunakan oleh setiap user tanpa terpengaruh oleh lokasi dan pemakainya. Jaringan nirkabel dapat memangkas kendala jarak yang menjadi masalah bagi jaringan dengan kabel. Melalui jaringan nirkabel, kita tidak perlu risau dengan adanya jarak yang menjadi penghalang dalam proses transmisi data.


Kelebihan Jaringan Nirkabel

wirelessnetworking-KMTek
Sumber: ( cflowapps.com )

Karena tanpa kabel dalam penggunaanya, jaringan nirkabel memberikan beragam kelebihan sehingga pemakaiannya semakin ramai. Berikut adalah kelebihan dari jaringan nirkabel yang kami rangkum dari berbagai sumber.


1. Konfigurasi mudah

Pengguna tidak perlu menyusun kabel yang begitu kompleks dalam membangun koneksi jaringan, sehingga kita bisa melakukan konfigurasi dengan mudah dan lebih cepat.


2. Jaringan nirkabel lebih praktis

Mobilitas pada jaringan nirkabel lebih tinggi dan lebih mudah diakses dari mana saja tanpa memerlukan kabel yang panjang. Selain itu, dalam penggunaanya jaringan nirkabel tidak memerlukan tempat yang luas. Pengguna dapat mengakses jaringan dari tempat selama masih terhubung dengan baik.


3. Jangkauan jaringan nirkabel cukup luas

Jangkauan dari jaringan nirkabel cukup luas dan mudah diakses di tempat yang mungkin masih sulit untuk menggunakan jaringan kabel. Cakupan dari jaringan nirkabel memiliki skala yang besar dan tidak memerlukan instalasi dalam pemakaiannya.


4. Penggunaan resource mudah

Penggunaan resource pada jaringan nirkabel terkesan mudah karena infrastruktur dan alat yang digunakan oleh jaringan nirkabel tidak memakan banyak space. Lokasi yang diperlukan oleh jaringan nirkabel lebih fleksibel agar bisa mengatur penyesuaian pada penggunaannya.


5. Penggunaan jaringan nirkabel terkesan lebih murah

Dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel, jaringan nirkabel memerlukan resource dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan jaringan dengan kabel. Hal ini dikarenakan jaringan yang diperluas menggunakan transmisi kabel memerlukan banyak biaya, sedangkan perluasan jaringan nirkabel hanya perlu menghubungkan jaringan.


Kekurangan Jaringan Nirkabel

wirelessnetworking-KMTek
Sumber: ( culturetech.co )

Selain beragam kelebihan yang sudah ditawarkan, jaringan nirkabel juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut.


1. Rawan gangguan sinyal

Jaringan nirkabel menggunakan gelombang elektromagnetik dalam transmisi data, sehingga jaringan dapat terpengaruh terhadap cuaca yang buruk. Selain itu, sinyal juga dapat terhalang oleh objek tertentu seperti tembok atau gedung.


2. Kecepatan yang kurang memadai

Dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel, jaringan nirkabel terkesan lebih lambat karena proses transmisi data dipengaruhi oleh sinyal. Gelombang elektromagnetik yang digunakan oleh jaringan nirkabel berpengaruh terhadap pengiriman data.


3. Tingkat keamanan yang lemah

Penggunaan jaringan nirkabel rentan terhadap pencurian data. Hal ini dikarenakan jaringan dengan kabel hanya dapat diakses dengan koneksi kabel fisik, sedangkan jaringan nirkabel sinyal seperti Wi-Fi akan dipancarkan ke luar gedung dan membiarkan koneksinya terbuka untuk umum sehingga rawan terhadap peretasan.


Jenis-Jenis Jaringan Nirkabel


Berdasarkan jangkauannya, jaringan nirkabel dibagi menjadi beberapa jenis yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis-jenis jaringan nirkabel yang kami rangkum dari berbagai sumber.


1. WPAN (Wireless Personal Area Network)

WPAN-KMTek
Sumber: ( ictlounge.com )

WPAN termasuk ke dalam jenis jaringan nirkabel yang jangkauannya paling kecil, wilayah jangkauan dari WPAN hanya sekitar 10 meter. Jaringan nirkabel jenis ini bersifat tiba-tiba dan dapat langsung digunakan saat itu juga. Contoh WPAN adalah bluetooth yang ada pada smartphone, tablet, laptop, dan perangkat lainnya. Teknologi bluetooth dapat menggantikan teknologi kabel yang mentransmisikan data menggunakan gelombang radio.


2. WLAN (Wireless Local Area Network)

WLAN-KMTek
Sumber: ( honeyring.blogspot.com )

WLAN termasuk ke dalam jenis jaringan nirkabel yang dapat menghubungkan dua perangkat atau lebih untuk berbagi data atau informasi. WLAN memungkinkan pengguna untuk melakukan transmisi data dengan jangkauan yang lebih luas dari WPAN. WLAN menyediakan koneksi lewat acces point agar jangkauan internet lebih luas. WLAN bisa menjangkau wilayah kecil seperti sekolah, perpustakaan, perkotaan, bandara, dan sebagainya. Contoh dari teknologi dari jaringan WLAN adalah Wi-Fi.


3.WMAN (Wireless Metropolitan Area Network)

WMAN-KMTek
Sumber: ( SlideServe )

Jaringan WMAN adalah jaringan yang memiliki cakupan daerah antar perkotaan. keunggulan utama yang dimiliki oleh WMAN adalah tidak diperlukannya kabel dalam penjaringan di wilayah tersebut. Contoh penggunaan jaringan WMAN yang sering kita jumpai adalah koneksi antara beberapa gedung perkantoran.


4. WWAN (Wireless Wide Area Network)

WWAN-KMTek
Sumber: ( jarkomsuyanto.blogspot.com )

WWAN memberikan koneksi jaringan pribadi dan publik kepada penggunanya yang memiliki jarak jauh. Koneksi yang dibangun oleh WWAN memiliki cakupan wilayah yang begitu luas seperti kota maupun negara. Biasanya penggunaan WWAN atau Wireless Wide Area Network ini dilakukan dengan menggunakan beberapa antenna maupun satelit.


Jaringan nirkabel adalah teknologi yang menggunakan dua piranti untuk bertukar data tanpa membutuhkan kabel untuk mentransmisikan data, dengan begitu kita tidak perlu repot-repot untuk banyak melakukan sebuah pengaturan kabel dan pengkrimpingan kabel. Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian,manfaat, kelebihan, kekurangan, dan jenis-jenis jaringan nirkabel. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi

contact @kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!



Sumber:




346 views4 comments

4 commenti


Tegar Satriadi
Tegar Satriadi
17 mar 2023

Wahh ternyata sangat informatif sekali ya kak ,,sekarang aku jadi ngga bingung lagi tentang teknologi jaringan nirkabel 🤍

Mi piace

Restu Setiawan
Restu Setiawan
17 mar 2023

mantap nice

Mi piace

giayya
giayya
16 mar 2023

terimakasih untuk ilmunya sangat bermanfaat😊

Mi piace

Dinda Isna
Dinda Isna
16 mar 2023

wah bermanfaat sekali,saya jadi ga bingung lagi tentang teknologi nirkabel😀

Mi piace
bottom of page