top of page
Search

Perulangan while dan do…while dalam bahasa C

Updated: Aug 30, 2022

KMTek_perulangan dalam bahasa C
Gambar 1. Looping

Sumber : degananda.com


Pada artikel sebelumnya, kita telah mempelajari perulangan for dalam bahasa C. Dimana perulangan for, membantu dan mengefisiensikan waktu kita dalam mengerjakan sebuah sketch. Kemudian dalam statement perulangan atau biasa disebut looping, ada beberapa perulangan yaitu while dan do…while. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan perulangan while dan perulangan do…while?


Pengertian Perulangan atau Looping

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, struktur perulangan atau loop merupakan instruksi program untuk mengulang perintah. Sedangkan, looping atau sering dikenal dengan perulangan merupakan sebuah proses menjalankan statement / perintah yang dilakukan berulang-ulang dalam batas yang telah ditentukan dalam program. Perulangan tersebut diperuntukan untuk memudahkan seseorang programmer dalam membuat syntaks yang diinginkan. Looping dalam bahasa C ada 3 yaitu for, while, dan do…while.

Selain dalam bahasa C, perulangan tersebut juga bisa digunakan untuk bahasa turunan C seperti C++, PHP, dan Java. Ada empat macam perulangan dalam bahasa C, kemudian dikelompokan menjadi dua yaitu :

1. Counted Loop, merupakan perulangan yang sudah pasti berulang dan sudah jelas berapa kali berulangnya.

2. Uncounted Loop, merupakan perulangan yang tidak pasti statement tersebut berulang berapa kali.


Perulangan While


KMTek_perulangan while dalam bahasa C
Gambar 2. Perulangan While

Sumber : levantra.com

Instruksi while digunakan untuk membuat statement berulang selama kondisi syarat diberikan bernilai benar. Jika kondisi bernilai syarat maka statement tidak akan diulang. Perulangan while termasuk uncounted loop.


Syntaks dari Perulangan While :



while(condition) {
     statement(s);
}


Dalam perulangan for, ketiga syarat statement ditulis menjadi satu kesatuan, berbeda dengan perulanggan while.


Dimana perulangan for syntaks nya adalah

for (i=0; i<=10; i ++)

Sedangkan syntaks dari perulangan while ketiga syarat tersebut saling berpisah. Seperti :


while(condition) {
     statement(s);
}

Instruksi while bisa memiliki statement lebih dari satu. Perulangan tersebut akan terus berjalan selama perintah atau statement dalam kondisi yang benar. Umumnya, perulangan while menggunakan operator perbandinngan.


Contoh Kode Program Perulangan While dalam Bahasa C

Contoh 1:


#include <studio.h>
int main (void)
{
int i = 1
while ( i>=7 ){
      printf(“perulangan while dalam bahasa C \n”);
      i++;
}
return 0;
}

Hasil kode program jika dijalankan :

perulangan while dalam bahasa

perulangan while dalam bahasa

perulangan while dalam bahasa

perulangan while dalam bahasa

perulangan while dalam bahasa

perulangan while dalam bahasa

perulangan while dalam bahasa


Contoh 2:

#include <studio.h>
int main()
{
int i=i ;
/*while*/
while (i<=10){
    printf(“value of ; [while] : %d \n”, i);
    i= i+1;
}
getchar ();
return 0;
} 

Perulangan do…while


KMTek_perulangan do...while dalam bahasa C
Gambar 3. Perulangan Do...While

Sumber : belajarcpp.com


Do…while digunakan untuk mengulang statement sebanyak satu kali terlebih dahulu, kemudian akan mengecek statement didalam while apakah bernilai benar, jika bernilai benar maka akan diulang kembali. Jika statement di dalam while bernilai salah maka perulangan akan berakhir.

Syntaks dari Perulangan do…while


do{
  statement(s);
} while (kondisi);

Dilansir dari petanikode.com perbedaan antara perulangan while dan perulangan do…while adalah:

“perulangan do…while mengecek statement atau kondisi dibelakangan sesudah mengulang statement awal, sedangkan perulangan while mengecek kondisi statement di awal sebelum melakukan perulangan”.


Contoh 1:

#include <studio.h>
Int main()
{
Int I = 1;
Do{
     Printf (“perulangan do while \n”);
     I ++;
}
While (i<=8);
Return 0;
}

Hasil kode program :

perulangan do while

perulangan do while

perulangan do while

perulangan do while

perulangan do while

perulangan do while

perulangan do while

perulangan do while


Penjelasan:

Di dalam statement do merupakan kode yang akan diulang, yakni berisi printf untuk menampilkan hasil kata “perulangan do while”.

Contoh 2 :


#include <studio.h>
int main()
{
int i=1;
/*do…while*/
do{
     printf(“value of [do-while]: %d \n”, i );
i=i+1;
}while (i<=10);

getchar;
return 0;
}

Sedikit mengulas pada artikel sebelumnya, berikut adalah keterangan-keterangan pada kode di atas.

#include <studio.h> merupakan salah satu library yang terdapat dalam bahasa C, kode tersebut wajib di ikutsertakan karena digunakan untuk input (masukan) dan output (pengeluaran). Jika tidak menuliskan kode program tersebut maka tidak akan menampilkan atau menginputkan sesuatu.

  • int main ()

int merupakan tipe data yang akan dieksekusi, sedangkan main () wajib berpasangan atau disertakan return 0 yang berfungsi untuk mengembalikan nilai 0 setelah dieksekusi.

  • int i

int adalah salah satu tipe data dalam bahasa C, int berarti interger yang menunjukan bilangan bulat dan menggunakan %i ataupun %d. sedangkan i merupakan variable tambahan, itu bisa diganti dengan huruf abjad lainnya.

  • for ( i = 0; <=10; i = i + 1){

Pada kondisi di atas yang perlu diperhatikan didalam kurung setelah kata for ialah:


- Hitungan akan dimulai dari 0, karena menggunakan( i = 0). Kondisi ini akan memulai perulangan dan hasil program dari 0. Contoh : perulangan bahasa C 0

- Hitungannya akan sampai berapa? Nah, disini program yang akan mengeksekusi akan sampai berapa program diulang. Jadi sintaks nya adalah (<=10). Maksud dari kurang dari samadengan sepuluh (<=10) yaitu program yang dijalankan akan diulang atau akan looping hingga samadengan 10.

- Lalu disetiap looping atau perulangan i akan bertambah +1 (i + 1). Karena kita mencoba menggunakan increment (penambahan) jadi, program akan melakukan perulangan yang menambah 1 angka.

  • printf (“perulangan bahasa C %i \n”, i);

printf merupakan hasil output yang akan tertamil pada cmd (command prompt) ataupun serial monitor. Kemudian, pada kondisi di atas yang perlu diperhatikan didalam kurung setelah kata printf ialah:

- “perulangan bahasa C”

“perulangan bahasa C”, apa yang ingin kita tampilan itulah diinputkan dalam printf.

- %i, merupakan istilah dari interger.

- \n, digunakan untuk membuat baris baru. Maksudnya tulisan output akan tertampil memanjang kebawah, jika tidak menggunakan \n tidak masalah, akan tetapi output yang dihasilkan akan lurus kesamping.


Itulah pembahasan perulangan while dan do...while dalam bahasa C, memudahkan dalam membuat suatu program jika kita menggunakan looping.



Referensi :


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, Jika ada saran, kritik maupun pertanyaan silahkan kirim pesan ke: PT. Karya Merapi Teknologi contact@kmtech.id Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri! YouTube:https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia Instagram:https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/ Facebook:https://www.facebook.com/kmtech.id LinkedIn:https://www.linkedin.com/company/kmtek


25,203 views1 comment
bottom of page