top of page
Search

Perbedaan Sistem Operasi Windows, Linux, dan MacOS


operatingsystem-KMTek
Sumber: ( privateinternetaccess.com )

Penggunaan sistem operasi pada perangkat komputer bertujuan untuk mempermudah dalam penggunaan komputer. Sistem operasi dalam perangkat komputer digunakan sebagai pengelola perangkat keras, menjalankan aplikasi, menyediakan antarmuka pada pengguna, menampilkan data, menyimpan data, dan memanipulasi data.

Pada sebuah perangkat komputer sudah tertanam sistem operasi bawaan yang berfungsi sebagai perangkat lunak utama. Perangkat lunak yang digunakan sebagai sistem operasi pada sebuah perangkat memiliki jenis yang berbeda-beda. Ada beberapa jenis sistem operasi yang sudah ramai dikenal oleh kalangan pengguna perangkat komputer. Akan tetapi, jenis yang berbeda tidak menjadikan fungsi yang berbeda pula bagi masing-masing sistem operasi. Fungsi yang dimiliki oleh setiap sistem operasi sama, yaitu sebagai perantara bagi perangkat lunak dan perangkat keras untuk dapat saling bekerja sama.

Sistem operasi yang beragam pada perangkat komputer menjadikan para pengguna dapat memilih dan memilah sistem operasi yang digunakan. Penggunaan sistem operasi juga disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna karena ada kelebihan fitur yang mungkin tidak selalu dimiliki oleh setiap sistem operasi. Nah, berikut kami jelaskan beberapa jenis sistem operasi yang kami rangkum dari beberapa sumber.


1. Sistem Operasi Windows

windowsOS-KMTek
Sumber: ( nollytech.com )

Windows adalah sistem operasi pada perangkat komputer yang diciptakan oleh perusahaan Microsoft. Windows menjadi salah satu sistem operasi yang paling populer dibandingkan dengan yang lain. Sistem operasi Windows digunakan pada sebuah perangkat untuk mengoperasikan perangkat lunak dan keras dari sebuah alat elektronik. Sistem operasi dari Windows terkesan mudah sehingga memiliki banyak pengguna. Pada penggunaan sistem operasi, Windows bisa ditambahkan suatu program baru sesuai keinginan user. Contohnya adalah pada Windows terdapat Microsoft Office yang terdiri dari beberapa perangkat lunak, yang digunakan untuk memudahkan dalam pengelolaan data seperti mempermudah dalam pengetikan.

Microsoft Windows pertama kali dikenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru dipasarkan pada November 1985 untuk memenuhi kebutuhan perangkat komputer dengan tampilan bergambar. Hingga saat ini, sistem operasi Windows terus berevolusi untuk meningkatkan performa dan memudahkan para user. Versi terbaru dari Windows menyuguhkan kelebihan dari versi sebelumnya. Berikut kami jelaskan beberapa kelebihan Windows sebagai sistem operasi.


Kelebihan Sistem Operasi Windows

  • Sistem operasi Windows termasuk user friendly, sehingga mudah digunakan dari semua kalangan masyarakat. Tampilan yang disajikan oleh Windows dibuat sederhana sehingga user dapat dengan mudah mengoperasikannya.

  • Sistem operasi Windows menyediakan beragam pilihan software atau aplikasi yang digunakan untuk mengoperasikan sistem komputer.

  • Game di Windows mendukung teknologi terbaru sehingga para gamer dapat bermain game dengan nyaman. Kita dapat mengunduh game yang akan dimainkan lewat sistem operasi Windows.

  • Fitur plug dan play pada Windows dapat mendeteksi hardware yang kita gunakan secara otomatis sehingga ketika kita mengganti hardware kita tak perlu mencari drivernya.

  • Sistem operasi Windows mendukung backward compatibility, sehingga kita tetap bisa membuka Windows versi lama pada Windows yang kita gunakan saat ini khusunya Windows 10.


2. Sistem Operasi Linux

linuxOS-KMTek
Sumber: ( ntc.im )

Sistem operasi Linux adalah sistem operasi yang open source, sehingga dapat digunakan secara gratis dan berada di bawah lisensi GNU. Kebanyakan user menggunakan Linux untuk menjalankan server web dan jaringan data. Fungsi utama Linux adalah sebagai sistem operasi yang memudahkan pengguna dalam menggunakan perangkat komputer. Linux juga sering kali digunakan sebagai sistem operasi untuk pengembangan perangkat.

Pengembangan perangkat Linux dapat dilakukan dengan mudah karena sifat sistem operasi Linux yang open source, sehingga kode yang digunakan dapat dikembangkan dan disebarluaskan oleh semua user. Linux memiliki kelebihan yang memudahkan penggunanya dalam pengoperasian perangkat komputer. Berikut kami jelaskan beberapa kelebihan dari sistem operasi Linux.


Kelebihan sistem operasi linux

  • Linux termasuk sistem operasi yang open source sehingga kita bisa menggunakan sistem operasi Linux dengan gratis tanpa perlu membeli lisensi yang mahal.

  • Sistem operasi Linux memiliki tingkat keamanan yang tinggi, risiko terkena malware sangat kecil. Hal ini dikarenakan Linux mengharuskan penggunanya menjadi administrator terlebih dahulu sebelum menjalankan program atau mengeksekusi kode tertentu.

  • Aplikasi bawaan di Linux cukup lengkap sejak diinstal pertama kali. Beberapa aplikasi yang kemungkinan diperlukan untuk kepentingan pengoperasian sudah ada di dalam sistem operasi Linux.

  • Linux didukung oleh driver yang andal sehingga kita tidak perlu khawatir akan terjadi masalah saat proses instalasi driver.


3. Sistem Operasi MacOS

macosOS-KMTek
Sumber: ( teknikkom15.blogspot.com )

MacOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Apple Inc. Sistem operasi MacOS tampil dengan desain yang elegan dan mudah dipahami oleh para user. MacOS sistem operasi pertama yang hadir menggunakan Graphical User Interface yaitu sistem yang menyajikan gambar dan teks pada tampilannya. MacOS dikembangkan sejak tahun 1984 sebagai versi MacOS klasik. Sistem operasi MacOS hanya tersedia untuk perangkat Macinstosh.

MacOS termasuk ke dalam kategori sistem operasi yang memiliki banyak pengguna setelah windows. Akan tetapi, MacOS memiliki keunggulan yang tidak kalah jauh dengan Windows. Salah satu keunggulannya adalah, MacOS dapat diinstal pada smartphone atau gadget yang memiliki ketentuan dan spesifikasi tertentu. Selain itu, MacOs juga memiliki kelebihan lain, berikut kami jelaskan kelebihan dari sistem operasi MacOS.


Kelebihan Sistem Operasi MacOS

  • Sistem operasi MacOS mudah digunakan karena memberikan tampilan yang bersih, sederhana, glossy, dan modern sehingga user merasa dimudahkan dalam penggunaan perangkat MacOS.

  • MacOS menyediakan software gratis untuk menunjang produktivitas. Aplikasi yang disediakan oleh MacOS memiliki fungsi yang sama dengan beberapa software Microsoft Office, sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan sistem untuk mengelola data.

  • Mendukung kompatibilitas dengan windows sehingga pengguna MacOS dapat melakukan transfer file, foto, video, dan data lainnya dari Windows ke MacOS. Selain itu, MacOS dapat mengenali beberapa format file dari Windows, pengguna juga dapat menjalankan Microsoft Office secara native pada sistem operasi MacOS.

  • Memiliki sistem perlindungan privasi dan keamanan yang kuat, sehingga semua aktivitas yang dilakukan pengguna dapat dilindungi. Kita dapat menjalankan software dengan aman, melakukan perlindungan data, juga mendapatkan kenyamanan dalam mengakses situs di web browser.

Pada proses implementasinya, terdapat berbagai jenis sistem operasi yang digunakan berdasarkan cara kerja masing – masing. Kita dapat memilih dan menentukan sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan aktivitas serta bisnis kita.

Nah, itulah penjelasan mengenai jenis-jenis dan kelebihan sistem operasi. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi

contact @kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!


Sumber:





5,102 views8 comments

8 comentarios


Restu Setiawan
Restu Setiawan
17 mar 2023

next saran distro linux buat pemula dong,saya pake arch linux pengin nyoba yg lain siapa tauu lebih

Me gusta

RIDO SUSEPTO
RIDO SUSEPTO
17 mar 2023

besok buatin cara install Linux di laptop dong kaka, bosan pakai Windows

Me gusta

jazzbegos
17 mar 2023

aku mau jadi developer, setelah liat ni artikel kayaknya bakal lebih bagus buatku kalo pake linux. Soalnya selain dia open source, keamanannya juga tinggi. maaci infonya gan.😄

Me gusta

Fajar Juni Barokah
Fajar Juni Barokah
17 mar 2023

Materinya bagus cukup menambah wawasan ditunggu artikel artikel yang lainnya 😎👌

Me gusta
jazzbegos
17 mar 2023
Contestando a

afa iyh banh


Me gusta

Dinda laeli
Dinda laeli
17 mar 2023

Wahh bagus materi dan topik yang di tuliskan,membantu saya agar tau akan bedanya Sistem Operasi Windows, Linux, dan MacOS.

Ditunggu materi selanjutnya kaka

Me gusta
bottom of page