top of page
Search

Pengenalan VHDL (VHSIC Hardware Description Language), Bahasa Pemrograman dengan Format Bebas


VHDL-KMTek
Sumber: ( github.com )

Pada umumnya bahasa pemrograman digunakan untuk memberikan instruksi pada komputer supaya dapat menjalankan suatu program terhadap perintah yang diberikan. VHDL atau VHSIC Hardware Description Language merupakan suatu bahasa pemrograman yang memudahkan para pengguna dalam perancangan sistem digital dan hardware yang terintegrasi. VHDL menjadi bahasa dengan format bebas karena memberikan akses dalam penggunaan tanda spasi dalam mempermudah pembacaan. Pada artikel KMTek kali ini, kita akan membahas mengenai VHDL atau VHSIC Hardware Description Language.


Pengenalan VHDL

VHDL-KMTek
Sumber: ( yourengineer.in )

VHDL pertama kali dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1981, dengan tujuan untuk mempermudah proses desain serta pengembangan sistem elektronik yang lebih kompleks. VHDL memberikan kemudahan kepada para pengembang, agar bisa membuat model simulasi yang mereka buat berjalan dengan benar dan sesuai instruksi. VHDL merupakan bahasa dengan format bebas, yaitu bahasa pemrograman yang tidak terikat pada suatu susunan karakter dan kolom tertentu. Hal ini memudahkan para pengguna dalam penyusunan dan penulisan kode program. Konsep yang digunakan dalam VHDL adalah pemrograman yang berorientas pada objek, yaitu setiap komponen yang digunakan pada sistem diwakilkan sebagai suatu objek yang bisa diorganisir, serta dihubungkan pada objek lain untuk pembentukan sistem yang lebih efisien.


Keuntungan Penggunaan VHDL

VHDL memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan bagi para penggunanya, salah satu keuntungan yang diberikan oleh VHDL adalah kemampuannya dalam menggambarkan sistem, dengan bentuk yang mudah dipahami oleh para pengguna. Bahasa pemrograman VHDL menggunakan sintaksis seperti pada bahasa Inggris, hal ini memudahkan para pemula yang mungkin baru memulai dalam memprogram. Pada pengembangannya, VHDL biasa digunakan dalam perancangan sistem elektronik di berbagai tingkat abstraksi, mulai dari tingkat sistem hingga ke tingkat transistor individu.

Hal lain yang menjadi keuntungan dari penggunaan bahasa pemrograman VHDL adalah, kemampuannya dalam mereplika kegiatan di sirkuit digital sebelum perangkat keras yang digunakan benar-benar diaplikasikan. Pada proses desain sirkuit, simulasi menjadi hal yang penting karena dapat membantu dalam proses identifikasi kesalahan dan keleahan pada desain sirkuit sebelum perangkat keras selesai dibuat. Penggunaan VHDL dapat mengevaluasi kinerja sirkuit di berbagai kondisi dan skenario yang berbeda.


Kelebihan VHDL

Kelebihan VHDL-KMTek
Sumber: ( extralab.org )

VHDL memiliki berbagai kelebihan pada penggunaanya dalam membangun program. Berikut adalah kelebihan dari VHDL yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.


1. Akurasi: VHDL memungkinkan para pengguna untuk mendefinisikan perilaku pada sebuah sistem digital secara tepat. Saat kita menggunakan VHDL, kita bisa menginterpretasikan setiap tindakan dari sebuah blok logika dengan sangat detail, sehingga memungkinkan kita dalam memvalidasi rancangan program sebelum diimplementasikan pada sebuah perangkat keras.


2. Modularitas: VHDL membantu para pengguna dalam perancangan sistem digital melalui pendekatan yang bersifat standar atau modular. Dengan menggunakan VHDL, kita bisa mengelompokkan suatu sistem digital ke dalam berbagai modul atau blok logika yang lebih sederhana. Melalui pendekatan modular ini, para pengguna bisa merancang suatu sistem digital yang lebih mudah dipahami dan lebih efisien.


3. Reusabilitas: Bahasa pemrograman VHDL memungkinkan kita dalam pembuatan blok logika yang bisa kita gunakan kembali nantinya (reusable). Dalam VHDL kita bisa merancang blok logika yang kemudian akan kita simpan sebagai library, blok tersebut dapat kita manfaatkan pada rancangan sistem digital yang lain.


4. Simulasi: Saat kita menggunakan VHDL kita bisa dengan mudah melakukan simulasi pada rancangan sistem digital, yang belum diimplementasikan dalam perangkat keras. Pada VHDL kita disediakan tools seperti Xilinx ISE, Altera Quartus, atau ModelSim sebagai akses untuk melakukan simulasi dari rancangan sistem digital. Simulasi ini, bisa kita gunakan untuk memvalidasi perilaku dari rancangan sisem digital yang akan diimplementasikan dalam perangkat keras.


Kekurangan VHDL

VHDL-KMTek
Sumber: ( shutterstock.com )

Selain dilengkapi dengan berbagai kelebihan, VHDL juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan ketika kita menggunakannya.


1. Kompleksitas: VHDL merupakan salah satu bahasa pemrograman yang begitu kompleks dalam pengaplikasiannya, terutama bagi pemula yang baru mulai belajar VHDL. Dalam penggunaannya, VHDL memerlukan pemahaman konsep-konsep yang meliputi proses, sinyal, serta komponen yang memerlukan upaya baik dan waktu yang tidak singkat.


2. Pembelajaran yang sulit: Kompleksitas yang dimiliki oleh VHDL membuat pembelajaran bahasa pemrograman ini menjadi cukup sulit. Para pengguna memerlukan pemahaman yang baik tentang konsep dasar pada VHDL, selain itu pengguna juga perlu melakukan pembelajaran rutinan agar bisa memahami penggunaan kode dan sintaksis yang tepat pada bahasa pemrograman ini.


3. Kurangnya dukungan dari hardware: VHDL identik dengan relasi antara sistem dan hardware, saat ini masih ada beberapa perangkat keras yang masih belum terintegrasi untuk mendukung VHDL dengan baik. Ketika hal ini ditemukan oleh pengguna bahasa pemrograman VHDL, maka user akan mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan kerangka yang dibuat untuk penggunaan VHDL di perangkat keras tertentu.


4. Penggunaan yang kurang luas: Penggunaan VHDL terkesan sudah lebih luas dalam perancangan sistem digital dan pada perangkat keras yang sudah terintegrasi. Akan tetapi, tidak semua pengembang atau perusahaan mengaplikasikan VHDL dalam pembuatan ataupun pembangunan sistem. Hal ini menjadi salah satu hambatan bagi user karena dapat membatasi pengembangan dan pemanfaatan VHDL di berbagai kasus.

Bahasa pemrograman VHDL menjadi salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk mendeskripsikan kegiatan program pada sirkuit-sirkuit elektronik. VHDL sebagai salah satu bahasa yang sangat penting dalam industri teknologi karena dapat mempercepat pembangunan sistem, terutama dalam pengembangan sistem yang ramai digunakan saat ini. Salah satu penggunaan VHDL yang sering dimanfaatkan oleh para pengguna adalah berbagai penelitian dan pengembangan sirkuit yang baru. Hal ini mendukung penggunaan VHDL sebagai bahasa pemrograman yang penting dalam mendesain sistem dan sirkuit elektronik. Nah, itulah penjelasan mengenai VHDL, semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi

contact @kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!



Sumber:


517 views3 comments

3 Comments


Restu Setiawan
Restu Setiawan
May 07, 2023

mantap

Like

Ezaa Mcgaiver
Ezaa Mcgaiver
May 05, 2023

artikelnya sangat informatif, terimakasih kak

Like

Tegar bae
Tegar bae
May 05, 2023

artikelnya bagus banget kak , jadi keterusan bacaanya

Like
bottom of page