top of page
Search

Pengenalan Programmable Logic Devices (PLD)


PLD-KMTek
Sumber: ( mouser.hn )

Programmable Logic Devices (PLD) merupakan sebuah perangkat semikonduktor yang bisa diprogram ulang supaya dapat melakukan tugas khusus dalam suatu rangkaian elektronik. PLD memungkinkan pengguna untuk mengubah fungsi pada sirkuit elektronik tanpa perlu melakukan perubahan pada hardware aslinya. PLD menjadi perangkat semikonduktor yang sangat penting dalam berbagai industri. PLD membantu pengguna untuk memprogram fungsi logika digital secara fleksibel, meningkatkan efisiensi waktu saat pengembangan produk, serta mengurangi biaya pengembangan. Pada umumnya, PLD terdiri dari blok logika digital dan blok interkoneksi. Blok logika digital merupakan bagian yang berisi fungsi logika digital yang dapat diprogram oleh pengguna, sedangkan blok interkoneksi adalah bagian yang menjadi penghubung antara blok logika digital satu sama lain, serta dengan adanya input dan output rangkaian. PLD juga memungkinkan pengguna untuk memperbaiki kesalahan program tanpa harus mengganti seluruh rangkaian dari program yang sudah dibuat. Nah, pada artikel KMTek kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai Programmable Logic Devices di dunia pemrograman.


Jenis-Jenis PLD

PLD-KMTek
Sumber: ( Hackaday )

Terdapat beberapa jenis PLD yang umum digunakan di dunia pemrograman, yaitu PAL, PLA, CPLD, dan FPGA. Setiap jenis PLD memiliki fungsi tersendiri, berikut kami jelaskan karakteristik dari masing-masing jenis PLD.


1. PAL (Programmable Array Logic)

PAL termasuk jenis PLD yang terdiri dari sejumlah AND gate dan OR gate yang terprogram. PAL memudahkan pengguna dalam memprogram fungsi Boolean khusus dalam rangkaian.


2. PLA (Programmable Logic Array)

Berbeda dengan PAL, PLA merupakan salah satu jenis PLD yang terdiri dari sejumlah AND gate, OR gate, dan XOR gate yang terprogram. PLA memungkinkan pengguna untuk memprogram fungsi Boolean yang lebih kompleks dibanding jenis PAL.


3. CPLD (Complex Programmable Logic Device)

CPLD adalah salah satu jenis PLD yang terdiri dari sejumlah makrocell dan bisa diprogram ulang. CPLD merupakan tingkat jenis PLD yang memungkinkan pengguna dapat memprogram fungsi logika digital yang lebih kompleks, serta memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan PAL dan PLA.


4. FPGA (Field Programmable Gate Array)

FPGA merupakan jenis PLD yang membantu pengguna untuk merancang sirkuit logika digital dari awal dengan menggunakan bahasa pemrograman khusus seperti Verilog maupun VHDL. FPGA menjadi jenis PLD yang sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk implementasi berbagai jenis aplikasi, mulai dari pengolahan sinyal digital hingga jaringan komunikasi.


Kelebihan PLD

PLD memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya sebagai perangkat yang berkembang di dunia pemrograman. Berikut kami jelaskan mengenai kelebihan PLD.


1. Fleksibilitas

PLD termasuk ke dalam perangkat yang mudah digunakan, PLD juga memungkinkan pengguna agar dapat memprogram fungsi logika digital secara fleksibel tanpa perlu merancang sirkuit khusus dari awal.


2. Waktu Pengembangan yang Lebih Cepat

Ketika menggunakan PLD pengguna tidak perlu memprogram sirkuit digital khusus dari awal, hal itu membuat pengguna dapat memanajemen waktu dengan baik. Selain itu, waktu untuk pengembangan sebuah projek ataupun produk juga menjadi lebih cepat.


3.Biaya yang Lebih Rendah

Menggunakan PLD dapat mengurangi biaya pengembangan produk, karena pengguna dapat menggunakan sirkuit logika digital khusus yang sudah tersedia. Hal ini membuat pengguna dapat lebih hemat, karena tidak mengeluarkan biaya operasional tambahan.


Contoh Penggunaan PLD pada Kehidupan Sehari-hari

Pengendali-KMTek
Sumber: ( beyondinfinite.com )

PLD biasa digunakan dalam dalam industri elektronik untuk mempercepat desain dan produksi sirkuit digital yang lebih kompleks. Selain itu, PLD juga sering kali digunakan pada kehidupan sehari-hari dalam berbagai aplikasi. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan PLD pada kehidupan sehari-hari.


1. Sistem Pengendalian Otomatis

PLD bisa digunakan dalam sistem pengendalian otomatis seperti yang biasa ditemukan pada mesin cuci, mesin pemotong rumput otomatis, dan pengatur suhu AC. Pada sistem pengontrol otomatis, PLD digunakan untuk mengendalikan rangkaian elektronik serta untuk memastikan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik dan efisien.


2. Sistem Keamanan

Contoh penggunaan PLD dalam sistem keamanan, seperti kunci pintu digital dan sistem alarm kebakaran. PLD membantu mendeteksi kesalahan yang terjadi dalam keadaan sekitar. Selain itu, PLD membantu memastikan terjaganya keamanan rumah atau gedung dengan menyediakan keamanan elektronik yang lebih baik.


3.Peralatan Medis

Pada penggunaan PLD dalam perawatan medis yaitu seperti alat pemantau jantung, alat ultrasonografi, dan alat tes laboratorium. PLD dapat membantu proses dan interpretasi data medis dengan lebih akurat dan efisien.


4.Mobil

PLD juga bisa digunakan dalam kendaraan, seperti pada mobil modern sebagai bagian pada sistem elektronik seperti sistem kontrol mesin, sistem navigasi, dan sistem infotainment. Selain itu, PLD juga dapat membantu pemrosesan data dengan lebih cepat dan akurat, serta memastikan kinerja mobil yang lebih baik.


5.Peralatan Dapur

PLD dapat digunakan pada peralatan dapur seperti microwave dan oven, yang digunakan untuk mengontrol suhu dan waktu memasak dengan lebih akurat. Selain itu PLD juga dapat membantu untuk mengatur tingkat kematangan pada masakan agar dapat sesuai dengan selera.


Aplikasi PLD

Applicaton of PLD-KMTek
Sumber: ( Robert Half International )

PLD bisa digunakan di berbagai aplikasi, seperti untuk pemroresan sinyal digital, kontrol motor dan robotika, serta jaringan komunikasi. Sebagai contoh, pada industri otomotif, PLD biasa digunakan untuk mengimplementasikan sistem kontrol mesin dan sistem navigasi. Pada industri telekomunikasi, PLD digunakan untuk mengaplikasikan protokol jaringan komunikasi seperti Ethernet dan USB. Dalam industri elektronik, PLD digunakan untuk menjalankan sistem pengolahan sinyal digital dan filter digital.

PLD sebagai perangkat semikonduktor yang bisa diprogram ulang untuk melakukan tugas khusus dalam suatu rangkaian elektronik, memungkinkan pengguna untuk memprogram fungsi logika digital secara fleksibel, mempercepat waktu pengembangan produk, dan mengurangi biaya pengembangan. Nah, itulah penjelasan mengenai Programmable Logic Devices, semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi

contact @kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!



Sumber:





1,516 views1 comment

1 Comment


Restu Setiawan
Restu Setiawan
May 13, 2023

naiss

Like
bottom of page