Search

Pengenalan OTA (Over-the-air)


OTA-KMTek
https://play.google.com

Sarana update program secara Over-the-air (OTA) menjadi kebutuhan saat ini yang akan memudahkan dalam pengembangan suatu program. Dewasa ini banyak sistem kontrol, sistem embbed, sistem monitoring dan sejenisnya yang menerapkan piranti atau alat yang dapat diprogram. Salah satu cara yang sudah lama diterapkan pada piranti atau peralatan tertentu adalah dengan menggunakan proses update (memperbarui program) melalui media nirkabel (wireless) jarak jauh, misalkan menggunakan GPRS, WiFi atau yang sejenisnya. Update yang seperti ini disebut sebagai Over-the-air (OTA).


1. Apa sih yang dimaksud dengan Over-the-air (OTA)?

Seperti namanya, Over-the-air merujuk pada pemrograman terutama pembaruan dari perangkat lunak yang mengendalikan aplikasi atau firmware yang dipasang didalamnya melalui konenksi nirkabel perangkat. Proses ini paling sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan ponsel pintar yang tergantung pada pengaturan pribadi pengguna, sistem operasi secara otomatis meng-upgrade dirinya setiap kali versi terbaru dirilis. Penggunaan OTA akan memudahkan proses update jika piranti atau peralatan yang digunakan berjumlah banyak dan terpisah pada jarak yang cukup jauh. Kelengkapan yang diperlukan untuk melakukan update program secara OTA hampir tidak ada pada sistem yang sederhana yang dibuat sendiri. Kelengkapan yang harus dimiliki untuk bisa melakukan update program secara OTA antara lain : kemampuan koneksi ke internet, kemampuan download data atau program dari server OTA, memori untuk menampung data maupun program selama proses download, kemampuan self flashing (pemrograman sendiri).


2. Update OTA

Update OTA secara umum berbeda dengan pemrograman OTA. Pemrograman OTA memerlukan bootleader yang secara penuh dapat menjalankan fungsi OTA. Sedangkan update pada OTA hanya mensyaratkan bootleader memiliki fungsi self flashing dan download OTA dilakukan di program utama. Prosedur update OTA dimulai dengan melakukan permintaan koneksi terlebih dahulu ke server OTA dan akan diulang sampai beberapa kali jika mengalami kegagalan. Jika berhasil, maka berikutnya dilanjutkan dengan request update program yang sesuai dengan hardware, versi dan lain sebagainya. Server OTA akan mencari pada file server, file update yang sesuai dengan permintaan dan ada atau tidak akan mengembalikan hasilnya ke aplikasi. Jika program aplikasi mengetahui terdapat update program yang harus di download, maka program akan melakukan prosedur pembacaan program update dan disimpan ke serial EEPROM dan setelah selesai akan melakukan restart sistem.


3. Server OTA

Server OTA dapat dibuat dengan berbagai cara. Contohnya, server web yang digunakan untuk memudahkan penyediaan infrastruktur server OTA (dapat menggunakan server web apapun). Pada server OTA dipasang program untuk melayani permintaan file update program dalam bentuk script php atau sejenisnya.


4. Manfaat pembaruan Over-the-air (OTA)?

Manfaat paling berpengaruh dari OTA akan segera terlihat dari deskripsinya : dengan menggunakan pembaruan OTA, anda tidak perlu melakukan pembaruan melalui koneksi fisik. Hal ini bahkan lebih sesuai untuk Ilmu Teknologi dalam sebuah bisnis dan organisasi besar. Karena, untuk koneksi fisik, pengguna tunggal dan berbagai langkah tambahan munngkin tampaknya tidak akan bermasalah. Namun demikian, untuk organisasi ratusan perangkat yang tersebar di banggunan yang luas, tugas memperbarui, belum lagi teknik yang dilibatkan, seperti model produk yang berbeda, berbagai versi perangkat lunak, kesulitan mengakses perangkat dan lain sebagainya.

Manfaat lainnya dari penggunaan pembaruan OTA adalah, sebagian besar perangkat lunak yang mendukung OTA menamplikan mekanisme pemberitahuan segera tentang adanya ketersediaan pembaruan (update). Sedangkan untuk pembaruan tradisional merupakan kewajiban pengguna, atau depertemen IT untuk menngambil inisitaif dalam memeriksa jika pembaruan tersedia. Pembaruan OTA akan segera memberi tahu pengguna bahwa pembaruan tersedia dan mereka dapat membuat keputusan untuk memperbaruinya.


Nah itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai OTA, untuk tutorial upload programnya kalian bisa simak disini.


Referensi :

https://www.benq.com/id-id/business/resource/trends/ota-over-the-air-introduction.html

https://123dok.com/document/zx3g14nz-teknik-update-program-secara-on-line-over-the-air-ota-pada-sistem-berbasis-mikrokontroler-menggunakan-modem-gprs.html


PT. Karya Merapi Teknologi contact@kmtech.id

Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri! YouTube: https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia Instagram: https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/ Facebook: https://www.facebook.com/kmtech.id LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/kmtek








1 view0 comments