Search

Mengenal Smart Home System


KMTek_pengertian smart home sistem
Gambar 1 Smart Home
Sumber : Smart-money.co

Pernahkan teman-teman menonton film “Home Alone”? Pada film tersebut terdapat rumah yang bisa diperintah oleh pemiliknya bukan? Seperti contohnya membuka pintu, menutup jendela, menyalakan atau mematikan lampu dengan otomatis. Nah, itu semua adalah contoh penerapan teknologi IoT untuk smart home atau rumah pintar.

Berbeda dengan negara maju, di Indonesia untuk smart home masih dalam tahap penyesuaian, namun tidak menutup kemungkinan smart home akan terealisasikan di Indonesia dalam beberapa tahun kedepan seiring berkembangnya revolusi industri. Jadi, smart home itu apa sih? Yuk simak artikel berikut ini:

1. What is Smart Home?

2. Manfaat dan Kelebihan Smart Home.

3. kekurangan Smart Home.


What is Smart Home?
KMTek_smart home sistem atau rumah pintar
Gambar 2 Smart Home

Teknologi smart home atau rumah pintar dinilai sebagai teknologi yang menyongsong era baru dengan berbagai kecanggihan baru yang sebelumnya pernah ada dalam sebuah konsep hunian, ariston.com (4/11/2020).

Smart home adalah sistem berbasis IoT (Internet of Things) yang menjadikan segala hal yang di rumah menjadi

otomatis, dimana semua perangkat

Sumber : Sistekomonlonline.com

terhubung dan dapat dikendalikan oleh pemilik rumah dengan jarak yang jauh, dimana saja dan kapan saja. Singkatnya, rumah pintar atau smart home adalah rumah dengan berbagai perangkat yang otomatis. Tentang IoT teman-teman bisa baca di sini https://www.kmtech.id/post/kenalan-sama-iot-kuy

Tentu saja, perangkat-perangkat tersebut harus terhubung ke internet dan ponsel untuk bisa dijalankan. Oleh karenanya, sistem rumah pintar menghubungkan seluruh rumah, sehingga pemilik rumah tersebut bisa mengontrol beragam fungsi seperti suhu ruangan, mematikan tv, menghidupkan/ mematikan AC, mematikan kipas angin, mematikan lampu dan lainnya.

Penjelasan lebih lanjut bisa cek video ini ya teman-teman.




Manfaat dan Kelebihan Smart Home

KMTek_Smart Home
Gambar 3 Smart Home
Sumber : orami.co.id

Berdasarkan penjelasan diatas, adapun manfaat dari smart home seperti :

1. Menghemat Energi Listrik

Dikatakan menghemat energi listrik karena, jika kita sedang berada di luar rumah dan lupa mematikan lampu, lupa mematikan AC disitulah smart home bekerja untuk menghemat penggunaan sumber daya listrik.

2. Keamanan Rumah Meningkat

Pemasangan sensor khusus seperti sensor udara, sensor api, dan sebagainya bisa mengamankan rumah jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Penggunaan teknologi smart home seperti finger print, password, foto wajah yang diterapkan dirumah mereka, bisa mengamankan rumah tersebut.

3. Memudahkan Pekerjaan Rumah

Dengan adanya smart home akan memudahkan pekerjaan teman-teman semua, salah satu contohnya adalah ketika kita sedang sibuk dengan pekerjaan lain, dan ternyata lupa mematikan televisi, kita bisa menggunakan ponsel tanpa harus mendekat ke televisi tersebut untuk mematikan televisinya. Sangat praktis bukan?

4. Kualitas Hidup Meningkat

Meskipun penerapan teknologi rumah pintar atau smart home membutuhkan biaya yang relatif mahal, namun smart home ini sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, teman-teman yang menerapkan smart home sudah termasuk canggih.




Kekurangan Smart Home

KMTek_kekurangan smart home
Gambar 4 Kekurangan Smart Home
Sumber : Starglammagz.com

Bagi teman-teman yang berminat dalam bisnis properti, smart home adalah pilihan yang baik. Hunian nyaman dan berteknologi yang canggih akan menjadi sorotan publik. Tetapi kekurangan dari smart home akan menjadi pertimbangan. Lalu apa kekurangan dari smart home sendiri?

1. Pencurian Data dan Identitas

Data yang ada pada ponsel untuk smart home bisa menarik para hacker untuk mencuri data pribadi. Ini akan merugikan teman-teman jika tidak berhati-hati dalam mengamankan data pribadi. Seperti contohnya sidik jari, face unlock atau foto wajah yang diterapkan pada smart home.

2. Biaya Relative Mahal

Alat-alat yang digunakan dalam menerapkan rumah pintar atau smart home adalah alat-alat yang canggih dan berbasis teknologi. Jadi, tidak heran jika harga yang ditawarkan menjadi mahal.

3. Kendala Internet

Sebagai sistem yang memanfaatkan teknologi, smart home lebih bergantung pada internet. Apabila tidak ada jaringan internet maka akan menyebabkan gagalnya pengiriman data dan perintah.

4. Kompatibel

Karena banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk membuat smart home jadi, tidak semua alat kompatibel. Perangkat smart home yang teman-teman beli dari perusahaan akan membutuhkan tenaga ahli untuk memasangnya.

5. Kegagalan Teknis

Teknologi secanggih apapun pasti ada celah sistem dalam pengamanan teknis. Celah tersebut akan mempengaruhi alat lain, karena alat tersebut saling terkoneksi satu sama lainnya. Namun, teman-teman bisa mengakali kekurangan dan risiko tersebut dengan kebijakan masing-masing alat.


Itulah sedikit penjelasan tentang smart home system ya teman-teman, semoga artikel ini dapat membantu dan dapat dipahami ya...

Jika ada kritik, saran, maupun pertanyaan silahkan hubungi kami


Referensi


PT. Karya Merapi Teknologi

contact@kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!

YouTube: https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia

Instagram: https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/

Facebook: https://www.facebook.com/kmtech.id

LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/kmtek


145 views0 comments

Recent Posts

See All