top of page
Search

Mengenal JavaScript: Pengertian, Fungsi, dan Kelebihan JavaScript


javascript-KMTek
Sumber: ( coursecloud.org )

JavaScript adalah suatu bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan website supaya lebih dinamis dan interaktif. Para web developer mungkin sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemrograman yang satu ini. Mereka menggunakan JavaScript karena interaksi terkesan lebih dinamis saat membuat halaman web, aplikasi, game, atau server. Penggunaan JavaScript yang dinamis mampu meningkatkan interaksi pengunjung seperti menu drop-down, animasi, serta warna background yang dinamis. JavaScript mampu memberi ‘kehidupan’ pada website yang dibuat, seperti elemen-elemen unik yang membuat tampilan website menjadi lebih menarik untuk dieksplor oleh pengunjung.

Pada awalnya, JavaScript hanya bekerja pada sisi client atau fronted saja, sehingga proses pengolahan kodenya hanya berlaku pada sisi browser. Akan tetapi, seiring perkembangannya, JavaScript juga dapat digunakan pada sisi server berkat berbagai framework seperti Node.js dan React.js. Pada pengaplikasiannya, JavaScript juga bisa diajak bekerja sama dengan bahasa pemrograman lain seperti HTML dan CSS, sehingga pekerjaan para developer terkesan lebih efisien. Fungsi HTML adalah sebagai penyusun struktur dan layout pada website, CSS berfungsi sebagai pengatur tampilan dan memberikan style pada halaman website, fungsi JavaScript adalah sebagai skrip pemrograman untuk menyempurnakan tampilan website dengan fitur dan fungsionalitasnya.

JavaScript pertama kali diciptakan pada tahun 1995 oleh Brendan Eich dari perusahaan Netscape. Pada awalnya, JavaScript bernama LifeScript yang akhirnya berubah nama agar dapat dijadikan ‘teman’ bagi bahasa pemrograman Java milik mitra mereka, Sun Microsystem. Saat pertama kali dibuat, JavaScript hanya digunakan untuk memenuhi keperluan internal web browser perusahaan tersebut. JavaScript memiliki beberapa fungsi yang menjadikan JavaScript sebagai bahasa pemrograman pilihan untuk memudahkan pekerjaan developer. Berikut adalah fungsi JavaScript yang telah kami rangkum dari beberapa sumber.


Fungsi JavaScript

Javascript-KMTek
Sumber: ( finocontrol.com )

Pada umumnya, JavaScript digunakan sebagai pengembangan aplikasi web dan mobile untuk menciptakan web server yang interaktif. Akan tetapi, saat ini JavaScript sudah memiliki banyak framework dan library yang membantu proses dalam pemrograman, seperti AngularJS, jQuery, dan ReactJS. Selain untuk pengembangan web, JavaScript juga memiliki implementasi pada bidang lain. Berikut ini merupakan fungsi JavaScript sebagai bahasa pemrograman, antara lain:


1. Efisiensi pengembangan aplikasi web dan seluler

Library yang sudah disediakan oleh JavaScript memudahkan para developer dalam menggunakan kode pada proyek yang mereka bangun, hal ini menjadikan proses yang dilalui menjadi lebih cepat dan efisien karena developer tidak perlu menulis ulang kode dari nol. Framework pada JavaScript juga memiliki fitur yang berfungsi sebagai penyederhana proses development dan debugging. Seperti contoh, framework front-end seperti pada jQuery dan ReactJS untuk membantu dalam meningkatkan efisiensi desain. Developer dapat menggunakan ulang dan memperbarui komponen kode tanpa memengaruhi satu sama lain, dari segi nilai maupun fungsi.


2. Membangun web server dan aplikasi server

Penggunaan framework Node.Js memungkinkan JavaScript untuk membangun web server dan infrastruktur back-end, sehingga akan menghemat waktu dan tenaga developer dalam pembuatan web dari sisi server bahkan luar browser. Modul HTTP built-in di JavaScript membantu developer untuk mengembangkan server HTTP basic yang menampilkan teks biasa ketika pengunjung mengakses halaman website.


3. Membuat website yang interaktif

Fungsi JavaScript adalah untuk menciptakan website yang dinamis dan interaktif, seperti tampilan animasi, mengubah visabilitas teks, dan pembuatan menu drop-down yang menjadikan tampilan website menjadi lebih menarik untuk dieksplorasi. Tampilan web yang menarik mampu menambah ketertarikan pengunjung website. JavaScript memungkinkan pengunjung berinteraksi dengan halaman web, sehingga developer dapat menyajikan user experience yang lebih baik.


4. Mengembangkan aplikasi mobile

Selain pengembangan website, JavaScript ramai digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile. JavaScript memudahkan developer untuk membuat aplikasi mobile pada dua sistem operasi sekaligus, yaitu Android dan iOS karena terdapat framework React Native khusus pembuatan aplikasi mobile.


5. Memudahkan pengembangan game

JavaScript menyediakan framework yang digunakan untuk mengembangkan game, seperti Panda.js, Playground.js, dan Kiwi,js. JavaScript juga dapat mengembangkan game berbasis web dengan menggunakan framework yang tersedia.


Kelebihan JavaScript

javascript-KMTek
Sumber: ( stackskills.com )

JavaScript sebagai bahasa pemrograman memiliki berbagai keunggulan yang menjadikannya sebagai pilihan dari bahasa pemrograman yang lain. Berikut akan kami jelaskan kelebihan JavaScript.


1. Mudah dipelajari

Strukturnya yang sederhana menjadikan JavaScript mudah untuk dipelajari dan diterapkan, kode yang digunakan juga terkesan ringkas dan mudah dimengerti. Selain itu, error pada JavaScript mudah diidentifikasi dan diperbaiki.


2. Eksekusi program lebih cepat

JavaScript mengeksekusi kode program lebih cepat dari bahasa pemrograman lain, karena proses pengeksekusian kode program dilakukan langsung di browser web tanpa perlu terkoneksi ke server atau menggunakan compiler. Sebagian besar browser memungkinkan JavaScript untuk meng-compile kode pada saat eksekusi program. Selain itu, JavaScript berjalan di sisi klien, sehingga bisa mengurangi permintaan yang dikirim ke server. Validasi data dapat dilakukan lewat browser dan update juga hanya berlaku pada bagian halaman web tertentu.


3. Fleksibel

JavaScript termasuk bahasa pemrograman yang fleksibel, meskipun fungsi utamanya digunakan pada sisi fronted, JavaScript juga dapat dipakai pada sisi server dengan framework Node.Js. Developer dapat mengembangkan beragam jenis aplikasi seperti server, aplikasi mobile dan desktop, serta game hingga console. Berbagai resource dan forum dapat digunakan untuk membantu pemula dalam mempelajari bahasa scripting ini, sehingga JavaScript menjadi bahasa pemrograman yang cukup populer dan banyak digunakan.


4. Multiplatform dan cross browser

Bahasa pemrograman JavaScript dapat dimplementasikan pada berbagai basis sistem operasi. Pengembangan frontend-nya lintas platform sehingga bisa digunakan pada berbagai jenis sistem operasi. Selain itu, JavaScript juga mendukung hampir semua browser sehingga dapat menampilkan video, animasi, dan media lain pada halaman web.


5. Selalu diperbarui dan dikembangkan

Tim developer JavaScript dan ECMA Internasional selalu memperbarui dan merancang framework serta library terbaru, sehingga para developer pengguna JavaScript dapat mengembangkan projek baru mereka. Selain itu, tim developer terus memperbarui JavaScript agar tetap bisa digunakan untuk mengembangkan halaman web agar senantiasa user-friendly dan merancang halaman web interaktif dengan beragam desain antarmuka yang kreatif.

javascript-KMTek
Sumber: ( reviewgeek.com )

JavaScript termasuk ke dalam scripting language, yaitu kode yang tidak perlu dikompilasi agar bisa berjalan. Selain itu, JavaScript memiliki berbagai kelebihan yang dapat memudahkan para developer untuk terus mengembangkan projek mereka. Nah, itulah penjelasan mengenai bahasa pemrograman JavaScript, semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi

contact @kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!



Sumber:





69 views6 comments

6 Comments


Maksum Rangkuti
Maksum Rangkuti
Apr 12, 2023

terima kasih atas info, dan masukannya

Like

Restu Setiawan
Restu Setiawan
Mar 31, 2023

saya belajar js jadi makin semangat

Like

RIDO SUSEPTO
RIDO SUSEPTO
Mar 30, 2023

uwauuuu

Like

jazzbegos
Mar 30, 2023

setelah berhari hari saya mempelajari javascript, saya menemukan 1 kelemahan tersesar dari bahasa pemrograman tersebut. yaitu bikin kepala sakit😬

Like

Tegar bae
Tegar bae
Mar 30, 2023

WAHH TERIMA KASIH KAK


Like
bottom of page