top of page
Search

Mengenal cara Kerja Resistor dalam Rangkaian Elektronika


Source: Freepik

Resistor adalah komponen penting dalam dunia elektronika. Mereka adalah salah satu elemen dasar yang memungkinkan perangkat elektronik bekerja dengan baik. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara rinci tentang bagaimana resistor bekerja dalam rangkaian elektronika dan mengapa mereka begitu penting.


Pendahuluan

Resistor adalah komponen elektronika yang dirancang khusus untuk membatasi aliran arus listrik dalam sebuah rangkaian. Mereka berfungsi untuk mengendalikan jumlah energi yang mengalir melalui suatu komponen dalam rangkaian. Ini adalah elemen penting dalam mengontrol daya dan tegangan dalam sebuah perangkat elektronik.


Apa Itu Resistor?

Resistor adalah komponen pasif yang memiliki resistansi tertentu, diukur dalam ohm (Ω). Resistansi ini menghambat aliran arus listrik. Mereka biasanya terbuat dari bahan seperti karbon, logam, atau bahkan polimer tergantung pada aplikasi dan kebutuhan tertentu.

Resistor adalah sebuah komponen elektronik yang memiliki 2 pin dan didesain untuk mengatur tegangan listrik dan arus listrik yang paling sering didapatkan dalam Rangkaian Elektronika. Di setiap peralatan Elektronika menggunakannya pada dasarnya Resistor menjadi komponen Elektronika Pasif yang memiliki nilai resistansi atau hambatan tertentu yang berfungsi sebagai membatasi dan mengatur arus listrik dalam suatu rangkaian Elektronika.

Resistor atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Hambatan atau Tahanan dan biasanya disingkat dengan Huruf “R”. Satuan Hambatan atau Resistansi Resistor adalah OHM (Ω). Istilah “OHM” ini diambil dari nama penemunya yaitu Georg Simon Ohm yang juga adalah seorang Fisikawan Jerman.

Source: macrovector

Fungsi Resistor dalam Rangkaian

Resistor memiliki beberapa fungsi penting dalam rangkaian elektronika, antara lain:


1. Pembatas Arus

Resistor digunakan untuk membatasi aliran arus listrik dalam rangkaian. Ini membantu melindungi komponen-komponen lain dari arus berlebihan yang dapat merusak mereka.


2. Pembagi Tegangan

Mereka juga berfungsi sebagai pembagi tegangan, memungkinkan perangkat untuk menerima tegangan yang sesuai. Ini penting untuk menghindari kerusakan karena tegangan yang terlalu tinggi.


3. Pengatur Suhu

Salah satu aplikasi, resistor dapat digunakan sebagai pemanas atau pengatur suhu dalam perangkat elektronik.


Jenis-jenis Resistor

Terdapat beberapa jenis resistor yang berbeda, termasuk:


1. Resistor Karbon

Resistor karbon adalah yang paling umum dan sering digunakan dalam berbagai aplikasi elektronika. Mereka terbuat dari campuran karbon dan resin.


2. Resistor Film Logam

Resistor film logam lebih presisi dan tahan terhadap suhu tinggi daripada resistor karbon. Mereka sering digunakan dalam perangkat elektronik yang memerlukan ketelitian tinggi.


3. Resistor NTC dan PTC

Resistor NTC (Negative Temperature Coefficient) dan PTC (Positive Temperature Coefficient) mengubah resistansinya dengan perubahan suhu. Mereka digunakan dalam berbagai aplikasi pengukuran suhu.


Source: Freepik

Simbol Resistor dalam Diagram Rangkaian

Resistor dalam diagram rangkaian umumnya digambarkan dengan simbol berupa serangkaian garis yang mewakili resistansinya. Nilai resistansi sering ditulis di dekat simbol tersebut.


Bagaimana Resistor Bekerja

Resistor bekerja dengan cara menghambat aliran elektron. Mereka mengubah energi listrik menjadi energi panas dalam bentuk panas. Resistansi mereka membatasi aliran arus dan menurunkan tegangan seiring dengan peningkatan resistansi. Prinsip dan cara kerja resistor ini cukup sederhana, komponen ini menghambat aliran arus listrik yang masuk dari ujung kutub satu yang mengalir menuju ujung kutub resistor lainnya. Besar hambatan ini diberikan resistor berbeda-beda sesuai dengan nilai resistansi yang ada padanya.

Karena dihambat, maka setelah melewati resistor, arus yang mengalir ke komponen elektronika lalu di dalam satu rangkaian tersebut menjadi lebih kecil. Karena itu penggunaan resistor bisa menjaga komponen-komponen elektronik yang lain dalam sebuah rangkaian terjaga dari arus langsung, sehingga menjadi lebih tahan lama. Selain itu, resistor juga bisa dipakai untuk pembagi arus, pembagi tegangan atau penurun arus.

Cara kerja dari resistor ini cukup mudah yaitu menghambat arus yang mengalir dari ujung kutub yang satu ke ujug kutub yang lain dengan nilai hambatan bervariasi sesuai yang ada pada resistor tersebut yang kemudian arus dialirkan lagi ke komponen elektronika yang butuh arus lebih kecil sehingga komponen elektronika ini dapat terpelihara keawetannya. Selain sebagai pembatas arus resistor memiliki fungsi lain diantaranya yaitu pembagi arus, penurun arus,dan pembagi tegangan.


Aplikasi Resistor

Resistor digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk ponsel, komputer, peralatan rumah tangga, dan bahkan dalam kendaraan. Mereka membantu mengatur kinerja perangkat elektronik ini. aplikasi penggunaan resistor ini adalah DC Measuring equipment, dan reference gulators untuk voltage regulator dan decoding Network.

Source: Freepik

Kesimpulan

Rangkaian elektronika, resistor memainkan peran penting dalam mengendalikan aliran arus dan tegangan. Mereka adalah komponen dasar yang harus dipahami oleh setiap pecinta elektronika. Dengan pemahaman yang baik tentang bagaimana resistor bekerja, Anda dapat merancang dan memahami rangkaian elektronika dengan lebih baik.

Jadi, sekarang Anda tahu bagaimana resistor bekerja dalam rangkaian elektronika dan mengapa mereka sangat penting. Mereka adalah komponen yang tidak bisa diabaikan dalam dunia elektronika modern. Jika Anda tertarik untuk mengeksplorasi lebih lanjut, jangan ragu untuk mencoba berbagai jenis resistor dalam proyek elektronik Anda sendiri.

Setelah membaca artikel ini, Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana resistor bekerja dalam rangkaian elektronika. Mereka adalah elemen penting yang memungkinkan perangkat elektronik berfungsi dengan baik. Nah, itulah penjelasan mengenai cara kerja Resistor dalam rangkaian elektronika, semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!



Sumber:


35 views0 comments

Comments


bottom of page