top of page
Search

KMTek Kembali Hadir dengan Webinar IoT: Ciptakan Kebun Pintar Hemat Air dengan Mappi32


Webinar IoT_KMTek
Sumber Pribadi

Di era digital saat ini, teknologi Internet of Things (IoT) telah menjadi salah satu pilar utama yang mendorong transformasi di berbagai sektor, mulai dari industri, kesehatan, hingga pertanian. Memahami teknologi IoT tidak lagi menjadi pilihan, melainkan sebuah keharusan bagi siapa saja yang ingin tetap relevan dan berkontribusi dalam dunia yang semakin terkoneksi. Belajar tentang teknologi IoT, bahkan pada tingkat yang paling sederhana, memiliki banyak manfaat. Pertama, IoT memungkinkan otomatisasi berbagai proses yang sebelumnya memerlukan intervensi manual. Misalnya, dengan mempelajari cara membuat sistem penyiraman tanaman otomatis, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga, serta memastikan tanaman Anda mendapatkan perawatan optimal. Kedua, pengetahuan dasar tentang IoT membuka pintu bagi Anda untuk mengeksplorasi proyek-proyek teknologi yang lebih kompleks dan inovatif di masa depan.  Selain itu, mempelajari IoT dapat meningkatkan keterampilan problem-solving dan kreativitas Anda. Dalam merancang dan mengimplementasikan solusi IoT, Anda akan dihadapkan pada tantangan yang memerlukan pemikiran kritis dan inovatif untuk dipecahkan. Ini adalah keterampilan yang sangat berharga di dunia kerja modern. Yang tidak kalah penting, pemahaman tentang teknologi IoT juga memberikan Anda keunggulan kompetitif dalam pasar kerja. Banyak perusahaan saat ini mencari individu yang memiliki kemampuan dalam IoT untuk membantu mereka mengoptimalkan operasi dan menciptakan produk atau layanan yang lebih cerdas dan efisien.


KMTek Kembali Menghadirkan Kegiatan Edukatif Lewat Webinar IoT Inspiratif 

Setelah sukses dengan acara webinar sebelumnya yang mengusung tema Smart Building Early Oleh Warning System, KMTek kembali membawa kabar gembira bagi seluruh IoT Enthusiast di Indonesia. Dengan komitmen kuat untuk terus mengedukasi generasi muda dalam bidang teknologi, KMTek memberikan ruang seluas-luasnya bagi potensi-potensi yang ada untuk berkembang melalui berbagai kegiatan inspiratif. Langkah konkret yang diambil dalam waktu dekat untuk mengimplementasikan komitmen tersebut adalah dengan menyelenggarakan  IoT Webinar bertema "Smart Garden with Mappi32: Automatic Plant Watering System". Webinar ini akan membahas bagaimana memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) untuk menciptakan sistem penyiraman tanaman otomatis tanpa perlu intervensi manual. Yang menarik dari webinar ini adalah penggunaan mikrokontroler Mappi32 dalam proyek tersebut, yang merupakan hasil karya anak bangsa dan didukung sepenuhnya oleh KMTek. Ini adalah bukti nyata bahwa inovasi teknologi lokal memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan diapresiasi di tingkat nasional maupun internasional.

Menarik, bukan?

Weibnar IoT_KMTek
Potret dari Webinar IoT Smart Building Early Oleh Warning System Mei lalu (Sumber Pribadi)

Materi Utama Webinar

IoT Webinar "Smart Garden with Mappi32: Automatic Plant Watering System" ini akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2024 mulai pukul 09.00 hingga 10.30 WIB melalui aplikasi Zoom. Materi yang diberikan mencakup empat bagian utama:

1. Pengenalan Tools

Pada sesi ini, peserta akan dikenalkan dengan jelas mengenai hardware yang akan digunakan untuk merangkai proyek. Peserta akan mempelajari berbagai komponen seperti mikrokontroler Mappi32, sensor kelembaban tanah, pompa air, dan komponen pendukung lainnya.

 

2. Pengenalan Software

Sesi ini akan menjelaskan perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah kode program sehingga hardware pada proyek Automatic Plant Watering System dapat berfungsi dengan baik. Peserta akan belajar bagaimana menulis dan mengunggah kode ke mikrokontroler Mappi32 menggunakan platform pemrograman yang tepat.

Sumber Pribadi

3. Set Up Hardware

Jika peserta sudah memahami komponen hardware dan software, Engineer KMTek akan memandu sesi inti, yaitu set up hardware. Proses ini memberikan visualisasi tentang cara merangkai setiap komponen hardware dengan benar. Misalnya, pin GND pada Mappi32 tidak boleh dikoneksikan ke port bermuatan positif (+) pada breadboard. Pendampingan dari ahli penting agar proses belajar dapat berjalan dengan baik dan menghindari kesalahan fatal dalam merangkai komponen.

 

4. Pengendalian Perangkat

Pada sesi terakhir, peserta akan diperlihatkan bentuk akhir dari proyek setelah hardware berhasil dirangkai dan diisi dengan kode program. Selain itu, peserta akan diedukasi mengenai cara pemakaian dan pengendalian dari proyek Automatic Plant Watering System. Peserta akan memahami cara kerja sistem penyiraman otomatis..


Fasilitas dan Keuntungan Spesial  

Fasilitas yang ditawarkan pada webinar KMTek kali ini mencakup softfile materi dan rekaman webinar yang dapat diakses oleh peserta kapan saja. Selain itu, peserta juga akan menerima E-Certificate sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka dalam mendukung perkembangan teknologi melalui keikutsertaan dalam webinar KMTek ini. Melalui IoT Webinar "Smart Garden with Mappi32: Automatic Plant Watering System," KMTek berharap dapat memberikan ruang lebih luas bagi siapa saja yang ingin belajar lebih lanjut mengenai teknologi IoT. KMTek meyakini bahwa setiap manusia berhak mendapatkan edukasi terbaik mengenai hal-hal positif yang mereka minati. Dengan prinsip tersebut, KMTek tidak ingin membuat batasan apa pun untuk siapa pun. Oleh karena itu, webinar kali ini akan dilaksanakan secara gratis tanpa pungutan biaya. Untuk mengikuti webinar ini, peserta hanya perlu memenuhi dua syarat mudah, yaitu follow akun Instagram @kmtek.indonesia dan subscribe kanal YouTube @KMTek Indonesia.

Sumber Pribadi

Pada webinar ini, 10 pendaftar pertama akan mendapatkan keuntungan spesial berupa voucher diskon untuk acara Demo Day Mappi32 dan akses eksklusif ke komunitas KMTek di grup WhatsApp bersama para Engineer KMTek. Jika kamu memiliki pertanyaan atau menginginkan informasi lebih lanjut, kamu dapat menghubungi penanggung jawab event KMTek di nomor +62 896-0223-1944. Segera daftarkan dirimu secepat mungkin dan pastikan kamu menjadi salah satu dari 10 peserta pertama dengan cara akses tautan berikut: https://bit.ly/JoinWebinarKMTek

 

Semoga beruntung!


PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!


144 views0 comments

Comments


bottom of page