top of page
Search

Features on Mappi32 - Part II


Mappi32-KMTek
Mappi32 Development Kit ( Sumber Pribadi )

Mappi32 memiliki berbagai fitur yang memudahkan para penggunanya dalam membuat projek berbasis IoT. Pada artikel KMTek sebelumnya, kita sudah membahas mengenai sebagian fitur-fitur yang ada di Mappi32. Nah, kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan mengenai fitur yang ada pada Mappi32. Fitur yang akan kami kenalkan, tidak hanya fitur utama saja, akan tetapi ada fitur tambahan yang dapat membantu para pengguna untuk terus berkarya. Fitur tambahan yang tersedia di Mappi32 berupa pin yang diperlukan untuk keperluan projek. Ada beberapa jenis pin tambahan yang menjadi pelengkap dalam tampilan fitur Mappi32. Fitur tambahan pada Mappi32 memberikan kemudahan bagi para pengguna, untuk terus mengeksplorasi ide dalam pengembangan projek IoT mereka.

Mappi32 memiliki performa kinerja yang tinggi, sehingga dapat mengembangkan ide para pengguna untuk membangun kinerja sistem yang lebih kompleks, dengan penggunaan yang lebih efektif dan efisien. Berikut kami jelaskan tentang fitur pada Mappi32 yang berupa pin tambahan.

Mappi32-KMTek
Pin Out Mappi32 ( Sumber Pribadi )

1. Pin Analog

Pin analog merupakan deretan pin yang langsung terhubung dengan ADC (Analog to Digital Converter). Pin analog berfungsi untuk membaca input tegangan variabel antara 0 volt hingga 5 volt. Pin analog juga berfungsi sebagai pembaca tegangan dan sinyal analog, dari berbagai jenis sensor untuk diubah ke nilai output digital. Pin analog pada Mappi32 terletak di pin IO 32 hingga pin IO 39, yang terletak pada sederet baris pin di sebelah kiri bawah. Pada penggunaan sensor dalam pengembang IoT, yang menggunakan pin analog adalah sensor LDR (Light Dependent Resistor) dan sensor suhu LM35.


2. Pin Digital

Umumnya, pada sebuah mikrokontroler terdapat pin analog dan pin digital. Setelah membahas tentang pin analog yang ada pada Mappi32, kita akan mengulas tentang pin digital. Pin digital adalah digital input yang hanya menerima isyarat biner yakni 1 dan 0 atau high and low, sehingga pin digital dapat menerima maupun mengirim sinyal digital. Pin digital pada Mappi32 memungkinkan untuk melakukan kontrol terhadap perangkat keras dengan memprogram pin digital. Pin digital juga berfungsi sebagai antarmuka antara perangkat lunak dan perangkat keras, sehingga dapat memantau perangkat keras melalui platform Mappi32. Pin digital dapat diatur atau dikonfigursi oleh pengguna untuk melakukan berbagai tugas, seperti membaca data sensor, mengontrol motor, dan melakukan tugas lain yang memerlukan pengendalian terhadap perangkat keras. Pin digital pada Mappi32 memiliki fungsi yang begitu penting bagi pengembang, karena memungkinkan mereka dalam pembuatan aplikasi. Bahkan, aplikasi yang dibuat bisa memiliki performa yang lebih kompleks dan canggih, dengan kontrol terhadap perangkat keras secara langsung melalui platform Mappi32.


3. Connector Micro JST Female

Connector Micro JST Female pada Mappi32 merupakan konektor yang memiliki ukuran kecil. Konektor JST Female biasanya digunakan untuk menghubungkan kabel ke board atau modul elektronik berukuran kecil lainnya. Pada Mappi32 Development Kit, Connector Micro JST Female biasa digunakan untuk menghubungkan sensor maupun perangkat eksternal lainnya ke board. Konektor ini terletak di sebelah kiri pada board Mappi32 versi R3, bersebelahan dengan Jack DC.

Mappi32-KMTek
Posisi Pin Mappi32 ( Sumber Pribadi )

4.Pin-pin selain Pin analog dan Pin digital

  • Pin RX dan Pin TX

Pin RX dan TX merupakan pin yang menjadi satu kesatuan dalam Development Kit. Pin RX (Receiver) menjadi pin yang menerima data dari perangkat eksternal ke board. Sedangkan pin TX (Transmitter) adalah pin yang menjadi pengirim data dari board ke perangkat eksternal. Kedua pin ini menjadi kesatuan karena digunakan dalam komunikasi serial UART (Universal Asynchronous Receiver/Transmitter). Pada Mappi32 Development Kit, Pin RX dan TX terletak di sebelah kanan bagian bawah, tepatnya di samping Connector SMA Female.


  • Pin SDA dan Pin SCL

Pin SCL (Serial Clock) dan Pin SDA (Serial Data) menjadi dua pin yang digunakan dalam komunikasi serial I2C (Inter-Integrated Circuit). Komunikasi serial tersebut terjadi antara board dengan perangkat elektronik lainnya seperti sensor, modul LCD, atau EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory). Pin SCL digunakan sebagai clock yang mengatur kecepatan transfer data antara board dan perangkat eksternal. Sedangkan Pin SDA digunakan untuk mengirimkan data antara keduanya.


  • Pin GND (Ground)

Pin GND (Ground) pada Mappi32 adalah pin yang digunakan sebagai koneksi ground untuk board dan perangkat elektronik lainnya yang terhubung. Pin GND biasanya digunakan untuk menghilangkan potensial listrik maupun arus yang berlebihan pada rangkaian elektronik.


  • Pin V-IN

Pin V-IN adalah pin input suatu tegangan yang digunakan untuk memberikan sumber daya maupun daya listrik ke board. Pin ini umumnya digunakan untuk memberikan koneksi dari board ke sumber daya eksternal seperti baterai atau adaptor. Pin V-In pada Mappi32 terletak di sebelah kiri, bersebelahan dengan pin Ground.

Mappi32-KMTek
Posisi Pin Mappi32 ( Sumber Pribadi )

  • Pin 3,3 V dan 5 V

Pin 3,3 V dan 5 V pada Mappi32 merupakan pin output yang digunakan untuk mengirimkan tegangan atau daya listrik ke perangkat elektronik lainnya yang sudah terhubung dengan board. Angka 3,3 dan 5 pada Pin ini menunjukan jumlah tegangan yang dikirim oleh pin. 3,3 V berarti tegangan output yang diberikan sebesar 3,3 volt, sedangkan 5 V digunakan untuk memberikan tegangan output sebesar 5 volt.


  • Pin RST, V-USB, dan IOR

1. Pin RST (Reset) digunakan sebagai jalur yang terhubung dengan tombol reset, untuk melakukan reset (mulai ulang) pada pin ataupun program.

2. Pin V-USB (Virtual USB) digunakan untuk menghubungkan board ke komputer melalui kabel USB. Pin ini umumnya digunakan untuk memprogram board atau mengirimkan data dari board ke komputer.

3. Pin IOR (Input/Output Reference) digunakan untuk mengatur referensi tegangan untuk input/output pin pada board. Pin ini umumnya digunakan untuk mengatur kecepatan transfer data dan mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh perangkat elektronik.

Beberapa fitur di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang disediakan oleh Mappi32, dengan jenis dan fungsi tertentu yang dapat memudahkan para penggunanya. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi

contact @kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!




98 views1 comment

1 Comment


Restu Setiawan
Restu Setiawan
May 04, 2023

lanjut part 3

Like
bottom of page