Search
  • bluee

Bahasa Pemrograman Mobile


KMTek_bahasa pemrograman
Gambar 1. Pemrograman Mobile
sumber: www.halowebdev.com

Pemrograman mobile merupakan gabungan antara kata “pemrograman” dan mobile“. Istilah lainnya yaitu mobile programming. Pemrograman mobile adalah pemrograman yang ditujukan untuk membuat aplikasi di perangkat mobile. Banyak sekali platform mobile yang dapat kita coba, di antaranya iOS, BB RIM, J2ME, QT Mobile, Symbian, dan Android.

Adapun macam-macam perangkat mobile, yaitu :

  • Handphone / Smartphone

  • Komputer Tablet

  • Alat baca elektronik (E-Reader)

  • Smartwatch


Jika ingin membuat sebuah aplikasi mobile, maka teman-teman wajib mengetahui sebuah bahasa pemrograman untuk membuatnya. Tidak semua bahasa pemrograman bisa kita gunakan untuk membuat aplikasi mobile. Nah, berikut ini adalah beberapa bahasa pemrograman yang bisa kita pakai untuk membuat aplikasi mobile, yaitu :


A. Bahasa Pemrograman Berbasis Android

Ada 2 bahasa pemrograman yang sekarang banyak digunakan oleh para developer untuk membuat aplikasi Android, di antaranya yaitu:


1. Java


KMTek_Java
Gambar 2. Java
sumber: www.duniailkom.com

Menurut TIOBE Index, java merupakan bahasa pemrograman paling populer pada bulan Juni 2017. Namun, sekarang java telah digeser oleh JavaScript dan Python dalam hal kepopuleran. Akan tetapi, masih banyak pengembang aplikasi yang menggunakan java karena model pemrograman yang dipakai adalah OOP (Objek Oriented Programming). Model pemrograman tersebut selalu diajarkan pada tingkat pendidikan dan dapat dipelajari dengan mudah karena konsepnya lebih dekat dengan kehidupan nyata. Tools atau IDE yang digunakan java adalah Android Studio, Eclipse, dan Visual Studio Code.


2. Kotlin


KMTek_Kotlin
Gambar 3. Kotlin
sumber: www.medium.com

Kotlin memiliki struktur penulisan kode yang hampir sama dengan java. Tetapi, kotlin lebih unggul daripada java dalam penulisan kode program yang lebih rapi dan mudah dipahami. Kotlin telah mendapat dukungan dari google sebagai bahasa pemrograman baru terpopuler. Keunggulan lain dari kotlin sendiri adalah dapat menggunakan library dari java sendiri. IDE yang dapat kalian gunakan adalah Intellij IDE, Android Studio, dan Eclipse.


B. Bahasa Pemrograman Berbasis iOS

Jika kalian adalah pengguna perangkat iOS dan tertarik untuk membuat aplikasi pada perangkat iOS kalian, setidaknya terdapat 2 bahasa program populer saat ini yang dapat kalian pelajari, yaitu:


1. Swift


KMTek_Swift
Gambar 4. Swift
sumber: www.glints.com

Jika teman-teman ingin mengembangkan aplikasi untuk iOS, sistem operasi untuk iPhone dan iPad, maka swift menjadi pilihan tepat untuk kalian. Bahasa ini diperkenalkan pada tahun 2014 dan dirilis source code-nya pada tahun 2015. Swift sangat populer di antara developer iOS terutama untuk startup. Banyak sekali fitur-fitur baru yang tersedia bagi bahasa swift yang telah disediakan oleh Apple. Tools yang dapat kalian gunakan adalah XCode IDE.


2. Objective-C


KMTek_Objective-C
Gambar 5. Objective-C
sumber: www.androidays.com

Sebelum adanya swift, objective-c merupakan bahasa yang dipakai untuk iOS. Meski swift hampir menjadi bahasa utama pemrogramaan iOS, masih banyak proyek iOS yang bergantung pada kode-kode objective-c, terutama beberapa fitur yang masih membutuhkan bantuan dari bahasa objective-c. Bahasa ini menggunakan model pemrograman OOP. Yang mana, model pemrograman OOP akan sangat memudahkan dalam penyusunan kode program. Selain itu, objective-c juga menambahkan pesan gaya small-talk bagi pemrograman C dimana masih banyak menggunakan kode program yang panjang.


C. Bahasa Pemrograman Berbasis Cross-Platform

Pemrograman mobile berbasis cross-platform berarti, dapat dijalankan dalam berbagai platform. Umumnya, bahasa yang digunakan dapat dijalankan dalam website maupun mobile. Ada beberapa bahasa yang bisa kalian pelajari, di antaranya:


1. JavaScript


KMTek_JavaScript
Gambar 6. JavaScript
sumber: www.inews.id

Bahasa pemrograman yang sangat populer di kalangan web developer ini juga menjadi salah satu bahasa yang bisa kita pakai untuk membuat aplikasi mobile. Untuk pemrograman mobile sendiri, framework yang paling populer adalah Ionic dan React Native. Dengan framework tersebut, kalian dapat membuat aplikasi yang dapat berjalan dari sisi Android maupun iOS sekaligus tanpa perlu mengubah struktur kode.


2. TypeScript


KMTek_TypeScript
Gambar 7. TypeScript
sumber: www.pngio.com

TypeScript adalah superset dari JavaScript yang menawarkan keamanan lebih melalui opsi static typing. Keunggulan dari penggunaan TypeScript terletak pada dukungan untuk menulis kode dalam skala besar. Dengan menggunakan TypeScript, kalian dapat membuat mobile cross-platform menggunakan framework seperti NativeScript.


3. C#

C# adalah bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi pada Windows Mobile. Sintaksnya sangat mirip dengan C++ dan Java. C# merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang struktur penulisannya terdiri dari 40% (C++) dan 60% (Java). Selain dari sisi mobile, C# banyak digunakan dalam industri pembuatan game seperti Unity.


4. C

Sebagai salah satu bahasa paling populer menurut indeks TIOBE sama seperti java, bahasa C memiliki komunitas developer yang berpengalaman. Bahasa C dapat dipakai untuk membuat aplikasi mobile dengan Android NDK (Native Development Kit). Selain itu, C merupakan awal mula dari lahirnya bahasa pemrograman baru seperti C# dan C++.


5. C++

C++ mengadopsi model procedural programming. C++ merupakan pengembangan dari bahasa C yang menambahkan fitur high-level dan mendukung untuk pemrograman yang berorientasi objek. C++ juga menjadi bahasa favorit developer Android NDK dan juga merupakan bahasa yang dipakai untuk mengembangkan aplikasi Tizen juga Windows Mobile.


6. Python


KMTek_Python
Gambar 8. Python
sumber: www.inspirahub.id

Python merupakan bahasa yang populer karena mudah dipelajari dan memungkinkan kita untuk menulis aplikasi mobile. Python digunakan untuk pengembangan website, mobile, aplikasi, maupun membuat desktop GUI. Python memiliki struktur bahasa yang akurat, sederhana, terkadang kompleks, tetapi tidak membingungkan. Python juga termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam software development.


Referensi:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, Jika ada saran, kritik maupun pertanyaan silahkan kirim pesan ke:


PT. Karya Merapi Teknologi

contact@kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!

YouTube: https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia

Instagram: https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/

Facebook: https://www.facebook.com/kmtech.id

LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/kmtek

1,836 views0 comments

Recent Posts

See All