top of page
Search

Alat Pendeteksi Warna: Building Your Own Color Detector using RGB Sensor TCS34725 & Mappi32


Sensor Warna RGB TCS4725_KMTek
Sensor Warna RGB TCS4725 (Sumber: store.fut-electronics.com)

Mempelajari cara membuat proyek IoT (Internet of Things) sederhana memberikan banyak manfaat yang berharga dalam era digital saat ini. IoT memungkinkan berbagai perangkat terhubung dan berkomunikasi satu sama lain melalui internet, menciptakan ekosistem yang cerdas dan responsif. Dalam proyek IoT sederhana, kita akan mempelajari bagaimana mengintegrasikan sensor, mikrokontroler, dan jaringan komunikasi untuk mengumpulkan dan menganalisis data secara real-time. Pengalaman ini tidak hanya meningkatkan pemahaman kita tentang teknologi terkini tetapi juga mengembangkan keterampilan praktis dalam pemrograman, elektronika, dan analisis data. Selain itu, pengetahuan ini dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang seperti otomasi rumah, kesehatan, pertanian, dan industri, membuka peluang karir yang luas di masa depan.

 

Apa itu Sensor Warna RGB?

Sensor Warna RGB adalah perangkat yang sangat sensitif yang dapat membedakan warna berdasarkan spektrum cahaya yang terdeteksi. Sensor ini bekerja dengan mendeteksi cahaya pada setiap saluran warna (merah, hijau, dan biru) dan dapat menghasilkan output atau keluaran dalam bentuk nilai-nilai analog atau digital yang mewakili tingkat kecerahan serta proporsi masing-masing warna yang terdeteksi.

 

Komponen Hardware dan Software yang Diperlukan

Untuk proyek kali ini, kita akan membutuhkan beberapa komponen baixk hardware maupun software. Komponen hardware yang akan kamu butuhkan di proyek ini adalah sebagai berikut:

  • Mikrokontroler Mappi32

  • Project Board atau Bread Board

  • Sensor RGB TCS34725

  • Kabel Jumper 8 buah ($ male to female, 4 male to male)

  • LCD I2C

  • Kabel USB tipe C 

Setelah kamu tahu apa saja komponen perangkat keras yang dipakai, untuk software sendiri kamu bisa menggunakan Arduino IDE. Arduino IDE merupakan suatu aplikasi yang dibuat untuk memasukkan kode program pada hardware yang nanti akan kamu rangkai.

LCD 12C_KMTek
LCD I2C (Sumber:digiwarestore.com)

Proses Merangkai Hardware dan Uploading Kode Program

  • Memasuki tahap perangkaian komponen perangkat keras, ikutilah langkah-langkah berikut ini agar kamu dapat membuat alat pendeteksi warna dengan benar.

  • Pasang Sensor RGB TCS34725 ke project board dengan benar. Jika masih terasa kendur atau sensor bergoyang, tekan sensor menggunakan sedikit tenaga agar Sensor RGB tidak mudah lepas.

  • Hubungkan kabel jumper male to female pada LCD I2C. Akan ada 4 sambungan kabel pada LCD I2C-nya. Pastikan untuk memberikan kabel jumper male to female pada setiap sambungan.

  • Jika sudah selesaii, langkah berikutnya adalah ambil kabeel jumper tipe male fo male, laku masukkan keempat tabel tersebut masing-masing satu kabel ke Pin GND, Pin 5v, Pin SDA, dan Pin SCL pada Mikrokontoler Mappi32.

  • Selanjutnya, koneksikan keempat kabel pada Mikrokontroler Mappi32 tersebut, ke project board yang telah dipasangi Sensor RG TS34725. Pada Sensor RGB TCS34725, terdapat 4 sambungan kabel dengan nama GND, Vin, SDA, dan SCL. Koneksikan Pin GND pada Mappi32 ke Pin GND pada Sensor RGB, Pin 5v pada Mappi32 ke Pin Vin pada Sensor RGB, Pin SDA pada Mappi32 ke Pin SDA pada RGB Sensor, Pin SCL pada Mappi32 ke Pin SCL pada Sensor RGB

  • Sekarang waktunya untuk mengkoneksikan LCD 12C dengan project board denganurutan sebagai berikut:

  1. Koneksikan kabel jumper Pin GND LCD I2C masuk ke project board yang tergabung ke GND Mappi32 sejajarr dengan GND RGB Sensor.

  2. Koneksikan kabel jumper Pin VCC LCD I2C masuk ke project board yang tergabung ke 5v Mappi32 sejajar dengan Vin RGB Sensor

  3. Koneksikan kabel jumper Pin SDA LCD I2C masuk ke project board yang tergabung ke SDA Mappi32 sejajar dengan SDA RGB Sensor

  4. Koneksikan kabel jumper Pin SCL LCD I2C masuk ke project board yang tergabung ke SCL Mappi32 sejajar dengan SCL RGB Sensor.

  • Jangan lupa hubungkan laptop atau pc dengan rangkaian hardware kamu menggunakan kabel USB tipe C. Sambungkan port USB di laptop atau pc kamu dengan Mikrokontroler Mappi32.

  • Tahap selanjutnya adalah kode program. Buka Arduino IDE dan ketikkan kode program pada terminal Arduino IDE. Kamu bisa mengakses kode program alat pendeteksi warna dengan klik ink di sini. Selain kode program, kamu juga bsa melihat tutorial dalam bentuk video yang telah dijelaskan secara runtut oleh Engineer KMTek langsung.

  • Jangan luap untuk klik “ESP32 Dev Module” pada fitur port agar tidak terjadi error. Setelah itu, klik fitur upload untuk mengunggah kode program dan tunggu hingga upload selesai.

  • Sekarang, uji coba  proyek IoT kamu dengan mendekatkan warna merah, hijau, atau biru. Maka, pada layar LCD I2C akan dtitampilkan output keterangan jenis warnanya.

  Mempelajari cara membuat proyek deteksi warna menggunakan sensor warna RGB TCS34725 dengan Mappi32 memberikan banyak manfaat signifikan. Pertama, proyek ini memperkenalkan kita pada dasar-dasar sensor dan pemrosesan sinyal, yang merupakan keterampilan penting dalam bidang elektronika dan komputasi. Dengan memahami cara kerja sensor TCS34725 yang mampu mendeteksi spektrum warna RGB, kita dapat mengaplikasikan pengetahuan ini untuk berbagai proyek praktis, seperti sistem sortasi otomatis berdasarkan warna atau pencahayaan cerdas yang menyesuaikan warna berdasarkan lingkungan sekitarnya. Selain itu, penggunaan Mappi32 sebagai mikrokontroler membuka wawasan mengenai integrasi perangkat keras dan perangkat lunak, serta pemrograman sederhana. Kemampuan ini sangat penting untuk pengembangan proyek IoT (Internet of Things) yang semakin relevan di era digital. Lebih jauh lagi, proyek ini juga meningkatkan keterampilan dalam pemecahan masalah dan logika pemrograman, karena mengharuskan kita untuk menyusun algoritma yang efisien untuk membaca data sensor dan mengeksekusi tindakan yang sesuai. Secara keseluruhan, belajar membuat proyek deteksi warna dengan sensor RGB TCS34725 dan Mappi32 tidak hanya memperkaya pengetahuan teknis, tetapi juga mempersiapkan kita untuk tantangan teknologi masa depan. Nah, seperti itulah penjelasan mengenai bagaimana caranya membuat proyek IoT detekesi warna menggunakan Sensor TCS34725 dan Mappi32. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!

 

PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!


Sumber:

 

 

144 views0 comments

Comments


bottom of page