Search
  • bluee

Yuk Kenalan Tentang SMT!


KMTek_SMT
Gambar 1. SMT
Sumber: tempoautomation.com

SMT itu apa sih?


Teknologi Surface-mount dikembangkan pada 1960-an dan mulai banyak digunakan pada pertengahan 1980-an. Pada akhir 1990-an, sebagian besar rakitan sirkuit cetak elektronik berteknologi tinggi didominasi oleh perangkat yang dipasang di permukaan.

Istilah SMT merupakan kependekan dari Surface Mount Technology, merupakan sebuah istilah yang telah dikenal luas dalam dunia elektronika. Istilah SMT atau Surface Mount Technology, berarti sebuah teknologi mengenai cara atau metode untuk menyusun komponen-komponen elektronika secara langsung pada permukaan PCB (Printed Circuit Boards). Metode ini dilakukan oleh mesin robot yang secara otomatis mampu melakukan pemasangan komponen elektronika secara teratur, rapi, dan teliti. Sedangkan komponen elektronika seperti resistor, kapasitor, dioda, tarnsistor, IC, dan sebagainya yang terpasang pada PCB dengan menggunakan SMT ini disebut sebagai SMD (Surface Mount Device). Dengan adanya teknologi SMT, peralatan atau gadget elektronik (seperti handphone, kamera saku, komputer) saat ini sudah dapat di desain dengan ukuran yang lebih kecil, hal ini dikarenakan mesin SMT memiliki kemampuan yang dapat memasangkan komponen SMD yang berukuran sangat kecil hingga 0,4mm X 0,2mm (Chip SMD resistor 0402) dengan kecepatan yang sangat tinggi mencapai 136.000 komponen per jam atau sekitar 2.266 komponen per menitnya.


Apa Saja Mesin-Mesin SMT

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai mesin-mesin yang dipakai dalam proses SMT (Surface Mount Technology) apa saja ya? Yuk kita simak penjelasannya!


1. Solder Paste Printer


KMTek_ Mesin Solder Paste Printer
Gambar 2. Mesin Solder Paste Printer

Solder Paste Printer berfungsi untuk mencetakan Solder Paste ke permukaan PCB. Dalam proses pencetakan tersebut diperlukan Stencil yaitu selembaran tipis yang terbuat dari aluminium yang kemudian diberikan lubang-lubang sesuai dengan lokasi yang akan diberikan Solder Paste.





Sumber: indonesian.smtpickandplacemachines.com

2. Bonding Machine

KMTek_Bonding
Gambar 3. Bonding Machine

Bonding Machine berfungsi untuk memberikan Adhesive ke permukaan PCB untuk melekatkan komponen SMD dengan memberikan satu atau lebih titik di lokasi PCB dimana komponen SMD tersebut akan diletakkan. Proses ini diperlukan jika penyolderan komponen SMD tersebut dilakukan dengan menggunakan Mesin Solder (Wave Soldering).






Sumber: silmantech.com

3. Component Mounter (Pick and Place Machine)

KMTek_Gambar kompon
Gambar 4. Component Mounter (Pick and Place Machine)

Pick and Place Machine atau Component Mounter adalah mesin yang berfungsi untuk meletakan komponen SMD ke permukaan PCB. Dikatakan Pick (mengambil) and Place (meletakan) karena cara kerja mesin tersebut adalah mengambil komponen SMD dari tempat

yang telah disediakan dengan menggunakan Vakum (hisap).

Sumber: indiamart.com

Dan kemudian akan diletakan diatas permukaan PCB sesuai dengan lokasi yang telah ditentukan. Component Mounter ini juga merupakan jantung daripada proses SMT dan harga mesinnya juga sangat mahal.


Terdapat 2 Jenis Component Mounter yaitu :

  • Component Mounter yang berkecepatan tinggi (High Speed) untuk memasangkan komponen chip (SMD) seperti resistor, kapasitor, dioda ataupun transistor. Component Mounter jenis ini biasanya disebut dengan Chip Shooter atau Chip Mounter.

  • Mounter yang berkecepatan rendah (Low speed) untuk memasangkan komponen yang berukuran lebih besar atau memiliki kaki (terminal) yang banyak seperti Integrated Circuit (IC) dan konektor. Component jenis ini biasanya disebut juga dengan IC Mounter.


4. Reflow Oven

KMTek_Reflow Oven
Gambar 5. Reflow Oven

Reflow Oven berfungsi untuk melakukan pemanasan sehingga Solder Paste meleleh dan menyatu dengan terminal komponen dan PCB. Proses tersebut dikenal sebagai proses penyolderan dengan menggunakan Reflow Oven.




Sumber: indiamart.com

Selain mesin-mesin yang telah kita sebut diatas tadi, masih terdapat juga mesin-mesin pembantu seperti halnya:

  • PCB Loader yang berfungsi untuk memberikan PCB ke mesin Solder Paste Printer atau Bonding Machine

  • Conveyor yang berfungsi untuk mengantar PCB dari satu mesin ke mesin lainnya

  • AOI atau Automatic Optical Inspection yaitu mesin yang berfungsi untuk melakukan inspeksi terhadap PCB yang telah diproduksi sebelum dikirimkan ke proses selanjutnya.


Keuntungan dan Kekurangan SMT

Keuntungan utama menggunakan SMT dibandingkan teknik lubang tua adalah:

  • Lebih rendah biaya awal dan waktu pengaturan untuk produksi. Proses SMT lebih cepat untuk mengatur produksi daripada teknik lubang tua, itu karena SMT tidak memerlukan papan sirkuit untuk dibor saat perakitan. Teknologi permukaan-mount (SMT) memungkinkan pembuatan desain PCB yang lebih kecil sehingga komponen yang akan ditempatkan bisa lebih dekat bersama di papan. Ini berarti perangkat dapat dirancang agar lebih ringan dan kompak.

  • Papan sirkuit tercetak yang dibuat dengan proses SMT lebih kompak, memberikan kecepatan sirkuit yang lebih tinggi. Ini adalah salah satu alasan utama kebanyakan produsen memilih metode ini.

  • Komponen dapat ditempatkan di kedua sisi papan sirkuit dan dalam kepadatan yang lebih tinggi.



Selain itu terdapat beberapa kekurangan ketika kita menggunakan SMT diantaranya yaitu:

  • Perakitan prototipe manual atau perbaikan tingkat komponen lebih sulit dan membutuhkan operator yang terampil dan alat yang lebih mahal.

  • Banyak jenis paket komponen SMT tidak dapat dipasang di soket, yang memudahkan pemasangan atau pertukaran komponen untuk memodifikasi sirkuit dan penggantian komponen yang gagal dengan mudah.

  • Ruang kecil antara komponen elektronik yang berdekatan menyulitkan perbaikan selanjutnya.

  • SMT tidak cocok sebagai metode pemasangan tunggal untuk komponen yang sering mengalami tekanan mekanis karena dapat menyebabkan kerusakan.




Referensi:



Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, Jika ada saran, kritik maupun pertanyaan silahkan kirim pesan ke: PT. Karya Merapi Teknologi contact@kmtech.id Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri! YouTube: https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia Instagram: https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/ Facebook: https://www.facebook.com/kmtech.id LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/kmtek

1,965 views0 comments

Recent Posts

See All