top of page
Search

Webinar Inspiratif: "Smart Home - Automatic Lamp for Your Convenience"


webinar - KMTek
(Sumber Pribadi)

Yogyakarta, 18 September 2023 - Kemajuan teknologi saat ini telah mengubah gaya hidup dan cara berinteraksi kita dengan lingkungan sekitar. Salah satu inovasi yang paling terlihat dalam beberapa tahun terakhir adalah Smart Home atau rumah pintar. Dalam upaya untuk memahami teknologi ini dengan lebih dalam serta memberikan wawasan yang berharga bagi pemilik rumah dan pengguna teknologi, Rebellion Studio yang berkolaborasi bersama KMTek dengan bangga menghadirkan webinar inspiratif dengan tema "Smart Home: Automatic Lamp for Your Convenience."

Pada era di mana kenyamanan dan efisiensi semakin menjadi fokus utama, teknologi Smart Home telah menjadi solusi yang sangat relevan. Smart Home menggabungkan berbagai perangkat dan sistem untuk memberikan kendali yang lebih baik, keamanan, dan efisiensi energi di rumah Anda. Salah satu komponen utama dalam ekosistem rumah pintar adalah "Lampu Otomatis." Lampu ini memungkinkan Anda untuk mengontrol pencahayaan di rumah Anda dengan lebih mudah dan efisien. Tidak hanya itu, tetapi juga membawa manfaat keamanan tambahan dan menghemat energi. Project kali ini, mudah ditiru dan menggunakan piranti yang cukup mudah digunakan bagi para penggiat IoT ataupun pemula, sehingga peserta webinar juga dapat langsung membuat projek ini.

webinar - KMTek
(Sumber Pribadi)

Kegiatan webinar yang diadakan pada tanggal 2 September 2023 ini terbuka untuk umum terutama bagi penggiat IoT yang memiliki minat tinggi terhadap dunia teknologi. Melalui acara ini, para penggiat IoT dan peserta dapat berbagi pengetahuan, ide, kritik, saran, dan pengalaman terbaru kepada audiens yang luas secara daring. Secara umum, webinar ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam mengenai teknologi Internet of Things yang memiliki beragam manfaat terhadap kebutuhan dan aktivitas makhluk hidup. Webinar ini diikuti oleh peserta dari berbagai pihak, dan disediakan soft file materi, rekaman webinar, dan sertifikat bagi para peserta. Melalui webinar ini, PT KMTek berharap dapat membangun relasi yang lebih kuat dengan audiens, serta berbagi pengetahuan lebih lengkap seputar IoT.

Rebstud dan PT KMTek menghadirkan pemateri yang komunikatif dan responsif terhadap peserta webinar. Para audiens yang aktif dan memiliki rasa keingintahuan tinggi terhadap IoT, menanggapi pemateri dengan bersemangat. Beragam pertanyaan dari peserta mengenai materi, membuat suasana semakin ceria dan menciptakan ketertarikan sendiri terhadap acara kali ini. Komunikasi antara peserta dan pemateri yang terkesan santai, memberikan kesan yang menyenangkan dan tidak terlalu serius. Pemateri yang merupakan hardware engineer di tim KMTek, menyampaikan materi dengan penjelasan yang mudah dipahami oleh peserta, sehinga penyampaian materi dapat diterima langsung oleh para peserta. Pemateri berbagi pengetahuan mengenai Internet of Things, dengan memberikan pelatihan dalam membuat project smart home. Para peserta webinar juga diberi kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan pemateri melalui sesi tanya jawab yang interaktif.

Pada project kali ini, pemateri membuat lampu otomatis yang dapat dikendalikan melalui aplikasi telegram, sehingga dapat memudahkan pengguna dalam mengontrol 'home' hanya dalam genggaman. Project smart home ini menggunakan mikrokontroler Mappi32 dari KMTek. Pemateri memberikan penjelasan seputar mikrokontroler Mappi32 meliputi spesifikasi, pin out, dan software yang digunakan untuk memprogram Mappi32. Pemateri menjelaskan secara jelas dan terstruktur sehingga mudah dipahami oleh peserta. Software yang digunakan untuk memprogram Mappi32 sama dengan yang digunakan untuk memprogram Arduino Uno, yaitu Software Arduino IDE. Software arduino IDE adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat sketch pemrograman dari project yang dibuat. Bahasa pemrograman yang digunakan pada software tersebut C/C++ (wiring), sehingga membuat proses input/output menjadi lebih mudah.

webinar - KMTek
(Sumber Pribadi)

Selain itu, ada juga sesi pengenalan alat/hardware yang digunakan untuk membuat project. Piranti yang dibutuhkan adalah Relay atau sensor yang dapat memutus dan menghubungkan sumber tegangan. Kemudian Mappi32 yang menjadi mikrokontroller untuk mengendalikan sensor yang akan dirangkai. Pada project ini, pemateri menggunakan Lampu sebagai hardware output. Selain itu pemateri juga menggunakan Fiting lampu sebagai penghubung atau sumber lampu. Kabel Jumper Male to Female sebagai penghubung, serta USB Type C sebagai komunikasi serial antara Mappi32 dan program di desktop. Selain menjelaskan hardware yang digunakan dalam project, pemateri juga menjelaskan alur data yang terjadi dari proses pengiriman perintah dari aplikasi telegram ke lampu. Ketika semua perangkat sudah terhubung, dan device memiliki koneksi ke internet, perintah yang dituliskan di telegram dapat disalurkan dan menghasilkan output oleh relay kepada lampu. Selain itu, pemateri juga memberikan penjelasan mengenai software telegram yang digunakan sarana pengendali dan dapat digunakan di berbagai device seperti smartphone, tablet, atau bahkan komputer.

Salah satu keuntungan utama dari webinar ini adalah mampu untuk dijangkau audiens secara menyeluruh di berbagai lokasi, dengan internet yang tersedia. Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, webinar menjadi alat yang efektif untuk memperluas jangkauan pesan dan berbagai pengetahuan dari pihak tertentu ke pihak lain. Selain itu, webinar juga dapat memberikan pengalaman baru kepada peserta bahkan kepada pemateri atau narasumber. Peserta dapat mengikuti webinar ini dengan nyaman di manapun, tanpa perlu melakukan perjalanan jauh. Hal ini membuat webinar menjadi salah satu solusi yang menari bagi mereka yang sibuk atau memiliki keterbatasan waktu. Dengan diadakannya webinar ini, diharapkan memberikan manfaat bagi setiap pihak yang berkaitan dengan acara tersebut.


PT. Karya Merapi Teknologi

contact@kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!


YouTube: https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia

Instagram: https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/

Facebook: https://www.facebook.com/kmtech.id

LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/kmtek

24 views3 comments
bottom of page