top of page
Search

Visual Studio Code (VSCode) : Mengapa Kita Harus Menggunakan VSCode?


Visual studio_KMTek
https://yukcoding.id/tentang-visual-studio-code/

Visual Studio Code atau yang familiar dengan VSCode, adalah aplikasi yang ringan digunakan bagi programmer. VSCode dikembangkan oleh Microsoft dan berbasis code editor gratis, yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan. Software ini dijalankan pada perangkat desktop yang berbasis Windows, Linux, dan MacOS. VSCode menerapkan beberapa bahasa pemrograman yang familiar seperti Java, Python, C++, Go, dan Nodejs Karena itulah VSCode banyak digemari oleh programmer andal yang biasa menggunakan banyak bahasa pemrograman.

VSCode menyediakan fitur yang memudahkan para penggunanya. Kita bisa menyimpan beberapa direktori yang dapat digunakan kembali nantinya. Software ini juga sangat memungkinkan untuk digunakan sebagai penyunting kode pada semua bahasa. Fitur di VSCode bisa diakses melalui Command Palete, salah satu fitur yang paling terkemuka di VSCode adalah kemampuannya untuk membuat ekstensi. Ekstensi ini digunakan untuk menambahkan dukungan pada bahasa yang digunakan, seperti bahasa baru, memilih tema, dan pengawakutuan. Pengawakutuan adalah metode yang digunakan untuk menganalisis alur kerja program, mencari, dan mengurangi tingkat kerusakan pada sebuah program komputer. VSCode sering dipakai untuk menganalisis kode program statis dan menambahkan linter kode dengan menggunakan Protokol Server Bahasa.

VSCode menyediakan beberapa ekstensi untuk memudahkan FTP (File Transfer Protocol) yang digunakan sebagai alternatif dalam pengembangan web. Fitur ini memudahkan pengguna dalam menyingkronkan kode antara penyunting dan klien, tanpa software tambahan.

Mengapa Kita Harus Menggunakan VSCode?


VSCode memiliki fungsi yang memudahkan para programmer untuk melakukan aksinya. Berikut adalah beberapa fungsi dari VSCode yang perlu kita ketahui:


1. Cross Platform

crossplatform-KMTek
https://id.pinterest.com/pin/112730796922721321/

VSCode dapat berjalan di berbagai operating system, sehingga memudahkan para programmer untuk mengerjakan tugas mereka. Pada komponen desktop Windows, Linux, dan MacOS yang mungkin bisa sangat membantu bagi para penggunanya.


2. Multi Language

languageprogram-KMTek
https://id.pinterest.com/pin/892205376152237612/

VSCode menggunakan beberapa bahasa pemrograman dalam pengaplikasiannya, sehingga para pengguna dapat memilih bahasa mana yang sesuai dengan minat dan kemampuan.


3. Extention

extensionsonvscode-KMTek
https://id.pinterest.com/pin/1127096244218871313/

VSCode memberikan kemudahan dan kebebasan bagi user untuk bisa menggunakan fitur-fitur tambahan pilihan. Pada fitur extention, pengguna dapat memperluas kemampuan editornya dalam memrogram. Ekstensi ini dapat langsung diinstal di VSCode tanpa harus ke browser dan menginstal secara manual.


4. Integrated Terminal

terminalvscode-KMTek
https://id.pinterest.com/pin/446911963007170069/

Terdapat terminal untuk memudahkan programmer dalam bekerja sehingga lebih efisiensi waktu dalam pengerjaan. Kita juga mendapati pilihan untuk menambah atau menyunting program.


5. Command Palette

cp on vscode-KMTek
www.bing.com/images/search/command-palette-on-vscode

Fitur Command Palette memudahkan para pengguna agar bisa memberikan komando untuk dapat menjalankan kode dan menggunakan fitur yang sudah tersedia dengan mudah.


6. Basic Editing

VSCode yang digunakan untuk editing atau programming, menerapkan save automatically. Jadi jika kita lupa untuk menyimpan kode program yang sudah kita buat maka kita tidak perlu mengkhawatirkannya lagi.


7. IntelliSense

intellisense-KMTek
www.bing.com/images/search/intellisense

IntelliSense adalah fitur yang berguna untuk menyelesaikan kode yang dibuat pada VSCode. Kita bisa menambahkan bahasa pemrograman lain dengan cara mengunduh extension di extension marketplace yang sudah tersedia.


8. VSCode Dapat Digunakan Secara Gratis

VSCode tidak berbayar dan dapat digunakan kapan saja. Aplikasi ini dapat digunakan pada berbagai bahasa tanpa harus berpindah ke aplikasi editor lain. Itulah mengapa VSCode merupakan salah satu rekomendasi software yang dapat digunakan.


9. Memiliki Performa yang Cepat

VSCode memiliki performa yang cepat karena ukuran software-nya yang ringan. Walaupun ada berbagai ekstensi yang tersimpan di dalamnya, VSCode tetap memiliki performa yang cukup baik.


10. Github Integration

github-onvscode-KMTek
www.bing.com/images/search/github-integration

Visual Studio Code dapat menghubungkan code editor dan GitHub milik penggunanya. Kita hanya perlu mengunduh dan memasang Tools Issues dan Github Pull Request pada extension marketplace dan kita akan langsung terhubung dengan GitHub.



Visual Studio Code untuk Coding

Programmer-KMTek
https://id.pinterest.com/pin/2603712278248416/

Sebagai kode editor, VSCode sangat berpengaruh bagi kode yang akan dijalankan. Berikut beberapa hal yang menjadikan VSCode sebagai software editor yang direkomendasikan:


  1. VSCode sebagai kode program HTML. Pemrograman HTML merupakan program yang banyak digandrungi oleh pengoperasi OS. Kita bisa mengaplikasikan VSCode dalam pembuatan HTML.

  2. VSCode sebagai kode program IoT. VSCode memiliki fitur dan ekstensi yang memungkinkannya bisa mengakses, memprogram, dan menjalankan kode untuk sistem program yang berbasis Internet of Thing.

  3. VSCode untuk penggunaan C++. Pada penggunaan dan pembuatan aplikasi, C++ adalah bahasa pemrograman yang awam digunakan. Kode program yang dijalankan di VSCode, dapat menciptakan aplikasi dengan susunan baris program yang familiar.

  4. VSCode untuk penggunaan Java. Pengembangan website dan games terkadang tak luput dari Java. Program pengembangan Java di beberapa bagian web, kini kita bisa mengaplikasikannya menggunakan VSCode.



Perbedaan Visual Studio Code dan Visual Code


Sekilas tampak sama, tetapi VsCode dan VCode berbeda. Ada beberapa hal yang membedakan Visual Studio Code dan Visual Code, yaitu:


1. Visual Studio Code

Visual Studio Code termasuk ke dalam salah satu kode editor yang memiliki ekstensi dan plugins. Ekstensi dan plugins digunakan untuk mengedit kode yang dipakai dengan berbagai bahasa. Fitur ini tidak memerlukan compiler seperti php, Javascript, dan yang lainnya. VSCode mendukung cross platform dan tidak berbayar.


2. Visual Code

Berbeda dengan VSCode, Visual Code adalah Integrated Development Environment (IDE). VSCode dapat melakukan debugging, refactoring, dan compiling. Hal ini digunakan untuk mengembangkan aplikasi NET desktop, cloud, dan mobile. Visual Code hanya bisa menggunakan bahasa pemrograman yang sudah ada compiler dan disediakan secara terpisah. Selain itu, Visual Code juga tidak mendukung cross platfrom dan hanya bisa digunakan di Windows dan MacOS.


Nah, itulah tadi penjelasan mengenai fungsi dan mengapa kita harus menggunakan VSCode dalam pemrograman yang akan kita jalankan. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!



PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri! YouTube:https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia Instagram:https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/ Facebook:https://www.facebook.com/kmtech.id LinkedIn:nhttps://www.linkedin.com/company/kmtek

Sumber terkait:





429 views0 comments

Comments


bottom of page