Search

Uji Jarak LoRa Mappi to Mappi di Yogyakarta

Adakah yang pernah dengar tentang LoRa? Yup. Bagi kalian para IoT Enthusiast atau yang memiliki hobi oprek-oprek hardware IoT, mungkin LoRa sudah bukan kata yang asing lagi. Saat ini, LoRa menjadi salah satu hal yang hangat diperbincangkan maupun digunakan untuk eksperimen melakukan project IoT. Apa istimewanya LoRa? bagaimana penerapannya di Indonesia? Kita akan bahas dalam sesi khusus mengenai LoRa. Kali ini, kita hanya akan menceritakan pengalaman pribadi tim KMTek saat menguji performa jarak komunikasi LoRa pada device Mappi32 di Yogyakarta.

Mappi32 Perangkat Pengujian Komunikasi LoRa Mappi to Mappi di Yogyakarta
Perangkat Pengujian Komunikasi LoRa Mappi to Mappi di Yogyakarta

Keterangan:

Tanggal: 24 Oktober 2020

Lokasi: Bantul dan sekitar Yogyakarta

Tools: 2 Laptop, 2 unit Mappi32 + antena LoRa 3 dBi + baterai, smartphone, motor

Pengujian dilakukan pada tanggal 24 Oktober 2020 dengan titik awal pengukuran berada di salah satu bukit di daerah Bantul, Yogyakarta. Perangkat yang digunakan adalah Mappi32 dengan protokol LoRa node to node atau Mappi to Mappi. Perlengkapan yang digunakan antara lain 2 laptop, 2 unit Mappi32 lengkap dengan antena LoRa dan backup baterai, smartphone, dan motor. Titik awal pengujian dipilih di atas bukit agar dapat meminimalisir obstacle atau penghalang antar perangkat yang diuji.

Mappi32 Gateway (kiri) dan Mappi32 transmit (kanan)

Sebelum melakukan pengujian, Mappi32 disetting terlebih dahulu. Satu unit Mappi32 menjadi gateway single channel atau penerima data sedangkan satu unit Mappi32 menjadi pengirim atau mode transmit. Keduanya memiliki daya pancar sebesar +20 dBm serta di dukung dengan antena LoRa 3 dBi. Proses setting menggunakan salah satu aplikasi yang umum dan cukup mudah untuk digunakan, yaitu aplikasi Arduino IDE dan USB Type C.


Saat pengujian, Tim KMTek juga dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama tinggal di bukit untuk memantau Mappi32 dengan mode penerima data serta data yang telah diterima. Tim kedua berperan dalam membawa Mappi32 dengan mode pengirim menuju pos-pos yang telah ditentukan. Pos tersebut ditentukan berdasarkan jarak, yaitu pos berjarak 5 km, 10 km, dan 15 km dari titik awal di atas bukit. Kedua tim dapat memantau data yang terkirim melalui laptop maupun smartphone.

Hasil Pengujian Jarak Komunikasi LoRa Mappi to Mappi

Sumber: Google Maps, 2020


Hasil dari pengujian ini adalah data yang dikirimkan menggunakan protokol LoRa Mappi to Mappi dapat menjangkau serta mengirimkan data secara stabil pada jarak 0 km, 5 km, 10 km, dan 15km. Pada jarak 15 km, nilai RSSI yang diperoleh sekitar -116 dBm. Ketika pengujian ingin dilanjutkan ke titik 20 km, tim terkendala oleh hujan gerimis yang terjadi di daerah Yogyakarta sehingga pengujian harus dicukupkan pada titik 15 km.

Kesimpulan yang dapat diambil dari pengujian ini adalah komunikasi LoRa Mappi to Mappi pada daerah Bantul dan sekitar Yogyakarta dengan daya pancar +20 dBm dapat menjangkau jarak 15 km. Adapun sebagai informasi tambahan, performa jarak LoRa dapat dipengaruhi oleh tingkat penghalang, daya pancar, antena, dan juga interferensi dari gelombang lainnya di lokasi pemakaian.

Pemanis Mie Ayam Karya Warga Lokal di Bukit Tempat Pengujian
Karya Warga Lokal di Lokasi Pengujian

Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!

YouTube: https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia

Instagram: https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/

Facebook: https://www.facebook.com/kmtech.id

LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/kmtek


#mappi32 #experiment

252 views0 comments

Recent Posts

See All