Search

Rekomendasi 6 Project Menggunakan NodeMCU ESP8266 pada Bidang IoT

Temen-temen lagi nyari project IoT? Bingung mau project yang seperti apa? Jangan khawatir. Karena, pada kesempatan kali ini, KMPedia akan merangkum beberapa project Internet of Things yang menggunakan NodeMCU ESP8266 sebagai mikrokontrolernya. Kenapa NodeMCU ESP8266? Device ini sering dipilih kebanyakan orang karena fasilitasnya yang sangat mumpuni kebutuhan IoT. Selain itu, ukuran dari mikrokontroler ini juga cukup pas dengan jumlah pin yang lumayan banyak. Jika teman-teman merasa kurang dengan jumlah pinnya, kita bisa menambahkan dengan multiplexer atau device tambahan pin lainnya dan yang paling penting adalah harganya yang tergolong murah dengan fasilitas yang di miliki. KMPedia juga sediakan link yang dapat kalian kunjungi agar dapat langsung praktik. Yuk langsung saja kita bahas.


nodemcu-kmtek
https://create.arduino.cc

1. Monitoring pH kelembaban tanah menggunakan platform Thingspeak

pH dan kelembaban tanah ini dibaca menggunakan dua sensor ya gaes. Berbeda dengan suhu dan kelembaban yang dapat dibaca menggunakan satu sensor saja, yaitu DHT11. Sensor yang dibutuhkan pada project ini adalah sensor pH tanah dan sensor Soil Moisture. Kedua sensor ini dikirmkan oleh NodeMCU ESP8266 ke ThingSpeak sebagai platfrom cloud dan untuk ditampilkan di smartphone. Bagaimana cara membuat projectnya? Simak pada laman di bawah ini ya.

IoT Pertanian : Monitoring pH dan Kelembaban Tanah Menggunakan Platform Thingspeak


2. Controlling penerangan rumah dengan menggunakan Arduino IoT Cloud

Nah, di urutan kedua kita tidak menggunakan sensor ya. Karena yang akan kita lakukan adalah controlling. Kita akan mengendalikan beberapa lampu rumah dengan menggunakan smartphone. Cloud yang akan kita gunakan adalah Arduino IoT Cloud. Dalam controlling kita akan mengirimkan data dari cloud ke NodeMCU, kemudian dieksekusi untuk mengaktifkan relay yang terhubung dengan lampu-lampu rumah. Penasaran? Simak di laman berikut ini ya.

CLoud Sebagai Platform Controlling Penerangan Rumah


3. Monitoring suhu dan kelembaban BLYNK NodeMCU ESP8266

Suhu dan kelembaban sering digunakan sebagai project di sistem kendali, baik untuk project controller otomatis, monitoring biasa, maupun sistem IoT. Project ini hanya memerlukan satu sensor saja yaitu, DHT11 dan NodeMCU sebagai mikrokontrolernya. Sistem kerjanya sangat mudah sekali, dimana suhu dan kelembaban dapat dibaca oleh DHT11, kemudian dikirimkan oleh NodeMCU ke Blynk. Mudah sekali kan? Nah, bisa kalian coba disini ya.

Monitoring Suhu dan Kelembapan BLYNK NodeMCU ESP8266


3. Pemantauan suhu akuarium dengan IoT Telegram

Suhu akuarium disini dimaksudkan pada suhu air ya. Berbeda dengan yang di atas, suhu air diukur dengan menggunakan sensor suhu DSB18B20. Data yang diterima dari pembacaan sensor nantinya akan diolah untuk membuat suatu alarm ketika suhu tidak sesuai dengan air yang seharusnya di akuarium. Alarm ini berupa notifikasi beruntun yang akan dikirimkan melalui aplikasi Telegram. Gimana? Tertarik untuk mencoba nya? Cus lah simak disini.

Pemantau Suhu Akuarium Menggunakan Sensor DS18B20 dengan IoT Telegram


4. Alarm anti maling menggunakan Arduino IoT Cloud

Project yang satu ini merupakan project terapan ya, dimana kita menggunakan sensor Ultrasonik untuk mengetahui adanya orang yang membuka pintu rumah. Dengan begitu, ketika kita sedang tidur atau berada jauh dari rumah kemudian tiba-tiba sensor mendeteksi adanya orang yang melewati, maka akan ada alarm dan info yang masuk ke smartphone kita. Sistem ini menggunakan Arduino IoT Cloud untuk platform nya. Untuk lebih lengkapnya, teman-teman bisa cek disini.

Tutorial IoT : Arduino IoT CLoud Sebagai Platform Keamanan Rumah Anti Maling


5. Smart door Telegram menggunakan tombol keypad

Project smart door dengan keypad pasti kalian sudah sering dengar ya?. Bahkan sudah banyak yang membuat projectnya. Nah pada project ini, kita menggunakan IoT Telegram, dimana kita dapat melakukan pergantian pin dengan Telegram. Kita juga dapat melakukan monitoring jika ada yang mencoba membukanya dengan memasukkan pin. Caranya gampang kok, silahkan teman-teman bisa ikuti tutorialnya disini ya.

Tutorial Project Internet of Things : Smart Door Telegram Menggunakan Tombol Keypad


6. MP3 player dengan menggunakan IoT Blynk

MP3 player yang biasa digunakan untuk project mikrokontroler biasanya menggunakan DF Player Mini. Dimana kita dapat mengendalikan lagu apa yang ingin kita putar dengan program di Arduino IDE. Nah, di project ini kita akan mengendalikan lagu yang ingin kita putar dari jarak jauh. Simak tutorialnya disini gaes.

Tutorial Menghubungkan DF Player Mini dengan Music Player di IoT Blynk


Buat temen-temen yang baru belajar, jangan khawatir. Jika ada pertanyaan, saran maupun kritik silahkan kirim pesan ke:

PT. Karya Merapi Teknologi

contact@kmtech.id

Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri! YouTube:https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia Instagram:https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/ Facebook:https://www.facebook.com/kmtech.id LinkedIn:https://www.linkedin.com/company/kmtek


Referensi :

https://indobot.co.id/blog/project-project-nodemcu-esp8266-di-bidang-iot/



31 views0 comments

Recent Posts

See All