top of page
Search

Project IoT Sistem Pemantauan Ketinggian Air dengan Sensor Ultrasonik



Pendahuluan

Teknologi yang terus berkembang, pemantauan ketinggian air telah menjadi aspek yang sangat penting, terutama dalam aplikasi seperti sistem irigasi otomatis, pengelolaan banjir, dan pemantauan level air di sumur atau tangki. Bagi pemula yang tertarik untuk memahami cara membuat sistem pemantauan ketinggian air, artikel ini akan membahas langkah-langkahnya dengan menggunakan sensor ultrasonik. Sensor ini adalah salah satu perangkat yang paling mudah digunakan dan sangat efektif untuk tujuan ini.

Prinsip kerja sensor ultrasonik menggunakan pantulan gelombang suara (gelombang ultrasonik) sehingga dapat dipakai untuk menafsirkan eksistensi (jarak) suatu benda dengan frekuensi tertentu. Dengan adanya gelombang tersebut, sensor ultrasonik dapat digunakan menentukan ketinggian muka air dalam water level controller.


Peralatan yang Diperlukan

Sebelum kita masuk ke dalam langkah-langkah pembuatan sistem pemantauan, berikut adalah daftar peralatan yang Anda butuhkan:


1. Sensor Ultrasonik

Sensor ultrasonik adalah perangkat kunci dalam sistem ini. Ini digunakan untuk mengukur ketinggian air dengan akurasi tinggi.

2. Arduino Uno

Arduino Uno adalah mikrokontroler yang akan digunakan untuk menghubungkan sensor ultrasonik dan mengirimkan data ke komputer atau ponsel Anda.

3. Kabel Jumper

Kabel jumper digunakan untuk menghubungkan komponen-komponen elektronik dalam proyek ini.

4. Komputer atau Ponsel

Anda akan memerlukan komputer atau ponsel untuk menerima dan memvisualisasikan data pemantauan ketinggian air.


Source : IoT Kece

Langkah 1: Persiapan Sensor Ultrasonik

Langkah pertama adalah mempersiapkan sensor ultrasonik. Sensor Ultrasonik HC-SR04 adalah modul sensor ultrasonik yang dapat mengukur jarak dengan rentang dari mulai 2 cm sampai dengan 400 cm (4 meter), dimana akurasinya mencapai 3 mm. Pada modul ini terdapat ultrasonik transmitter, receiver, dan control circuit. Ikuti langkah-langkah ini:

a. Sambungkan Sensor ke Arduino

Hubungkan sensor ultrasonik ke Arduino Uno menggunakan kabel jumper. Pastikan untuk menghubungkan kabel dengan benar ke pin yang sesuai.

b. Pasang Sensor

Tempatkan sensor ultrasonik di tempat yang ingin Anda pantau ketinggian airnya. Pastikan sensor berada dalam jarak yang aman dari air.


Langkah 2: Program Arduino

Setelah sensor terpasang, saatnya untuk memprogram Arduino Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:


a. Unduh dan Instal Arduino IDE

Unduh dan instal Arduino IDE di komputer Anda. Ini adalah lingkungan pengembangan yang digunakan untuk memprogram Arduino.

b. Buat Program

Buat program Arduino yang akan membaca data dari sensor ultrasonik dan mengirimkannya ke komputer Anda. Anda dapat menemukan contoh program online atau membuat program kustom sesuai kebutuhan Anda.

// Library yang diperlukan
#include <Ultrasonic.h>

// Inisialisasi objek sensor ultrasonik
Ultrasonic ultrasonic(TrigPin, EchoPin);

// Pin untuk sensor ultrasonik
const int TrigPin = 9; // Pin Trigger
const int EchoPin = 10; // Pin Echo

void setup() {
  // Mulai komunikasi serial
  Serial.begin(9600);
}

void loop() {
  // Membaca jarak dari sensor ultrasonik dalam centimeter
  float jarak_cm = ultrasonic.Ranging(CM);

  // Menampilkan hasil pembacaan di monitor serial
  Serial.print("Tinggi Air (cm): ");
  Serial.println(jarak_cm);

  // Tambahkan penundaan sesuai kebutuhan
  delay(1000); // Contoh: mengukur tinggi air setiap 1 detik
}

c. Unggah Program

Unggah program ke Arduino Uno menggunakan kabel USB. Pastikan program berjalan tanpa masalah.


Langkah 3: Visualisasi Data

Sekarang, mari kita lihat cara memvisualisasikan data pemantauan ketinggian air:


a. Gunakan Aplikasi

Anda dapat menggunakan aplikasi di komputer atau ponsel Anda untuk menerima dan memvisualisasikan data dari Arduino. Pastikan aplikasi dapat membaca data yang dikirim oleh Arduino.

b. Grafik dan Notifikasi

Buat grafik yang memperlihatkan perubahan ketinggian air seiring waktu. Anda juga dapat mengatur notifikasi untuk memberi tahu Anda jika ketinggian air mencapai level tertentu.

Kesimpulan

Membuat sistem pemantauan ketinggian air dengan sensor ultrasonik untuk pemula adalah proyek yang menarik dan bermanfaat. Dengan peralatan yang sesuai dan panduan di atas, Anda dapat memulai proyek ini dengan mudah. Nah, itulah penjelasan mengenai Project IoT Sistem Pemantauan Ketinggian Air dengan Sensor Ultrasonik, semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!



Sumber:

74 views0 comments

Comments


bottom of page