Search

Press Release Demo Day Mappi32 "Case: Smart Agriculture in Remote Area using LoRa"

Updated: Jul 7, 2021

Penerapan IoT di Pertanian

Penerapan Internet of Things (IoT) dapat memberikan manfaat bagi pengguna di berbagai sektor, salah satunya adalah di sektor pertanian. Berbagai solusi teknologi IoT yang sudah dikembangkan di pertanian kemudian menghasilkan konsep yang disebut precision agriculture. Peran IoT disini menekankan kepada adanya informasi mengenai kondisi sekitar tanaman. Misalnya curah hujan, intensitas cahaya, pH tanah, kelembaban udara, kecepatan angin, dan sebagainya. Informasi dari berbagai parameter ini kemudian dapat dimanfaatkan untuk mengambil tindakan agar tanaman dapat tumbuh dan memberikan hasil secara optimal.

Demo Day Mappi32 Pengaruh sinar UV berlebih pada kualitas buah
Pengaruh sinar UV berlebih pada kualitas buah

Walaupun demikian, penerapan IoT di bidang pertanian menghadapi berbagai tantangan. Diantaranya adalah minimnya koneksi internet, khususnya area pertanian yang berada di daerah terpencil. Padahal mayoritas lahan pertanian di indonesia berada di daerah yang tidak terjangkau oleh sinyal internet. Oleh karena itu, tim KMTek mengadakan Demo Day dengan topik "Smart Agriculture in Remote Area using LoRa"

Demo Day Mappi32

Demo Day Mappi32 30 Januari 2021


Demo Day Mappi32 diadakan pada tanggal 30 Januari 2021 via Zoom. Demo ini meng-explore beberapa fitur utama Mappi32, diantaranya adalah multikoneksi (LoRaWAN dan WiFi), Qwiic-port Sparkfun sensor, built in 1A LiPo/Li-on charger, dan USB type C. Demo dimulai dengan penjelasan mengenai salah satu kasus yang terjadi di pertanian hortikultura, dimana sinar UV berlebih serta suhu udara dapat berpengaruh pada kualitas buah. Di sisi lain, lahan yang digunakan berada di daerah terpencil sehingga tidak cukup jika kita melakukan instalasi perangkat IoT dengan mengandalkan WiFi/sinyal internet lainnya.

Demo Day Mappi32 Set up Hardware
Demo Day Mappi32 Set up Hardware

Setelah pembukaan, demo dilanjutkan dengan praktik simulasi. Perakitan hardware memanfaatkan 2 unit Mappi32 dengan 1 unit digunakan sebagai pengirim data (LoRa sensor node) dan 1 unit digunakan sebagai gateway (LoRaWAN single channel). Praktik dilanjutkan dengan live programming, setting koneksi, set up LoRa Network Server, hingga menampilkan data di dashboard.

Dokumentasi Kegiatan Demo Day Mappi32 30 Januari 2021


Kami menyadari bahwa dalam satu kali demo, peserta tidak akan langsung bisa mengerti materi yang diberikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, setelah demo berakhir, peserta akan mendapatkan softfile materi, rekaman demo, e-sertifikat, serta akses example code/library github. Example code yang disediakan dapat digunakan sebagai referensi pembuatan project menggunakan Mappi32.

Cuplikan Demo Day Mappi32 30 Januari 2021

Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!

YouTube: https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia

Instagram: https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/

Facebook: https://www.facebook.com/kmtech.id

LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/kmtek

#mappi32 #event #demoday

67 views0 comments

Recent Posts

See All