Search

Perulangan for dalam Bahasa C


KMTek_perulangan dalam bahasa C
Gambar 1. looping

Sumber : belajarcpp.com


Apa yang akan kita lakukan jika ingin membuat program yang berulang? Apakah akan menulis manual menggunakan kode printf? Atau kita akan menggunakan looping? Kode printf memang diperuntukan untuk membuat program yang berulang. Namun, apakah kita akan menggunakan kode printf jika kita akan mengulanginya hingga 1000 kata? Seperti ini.



#include <studio.h>

Void main(){
                Printf (“Perulangan dalam bahasa C);
                Printf (“Perulangan dalam bahasa C);
                Printf (“Perulangan dalam bahasa C);
                Printf (“Perulangan dalam bahasa C);
                Printf (“Perulangan dalam bahasa C);
Printf (“Perulangan dalam bahasa C);
}


Jika kita menulis manual seperti contoh diatas maka, akan membutuhkan banyak waktu. Jadi, untuk mengefisiensikan waktu, kita akan menggunakan looping atau perulangan. Lalu, apakah yang dimaksud dengan looping?


Pengertian Perulangan atau Looping


Struktur perulangan atau loop merupakan intruksi program untuk mengulang perintah. Sedangkan, Looping atau sering dikenal dengan perulangan merupakan proses menjalankan statement/ perintah yang dilakukan berulang-ulang dalam batas yang telah kita tentukan didalam program. Perulangan tersebut diperuntukan untuk memudahkan seorang programmer dalam membuat sintaks yang diinginkan. Looping dalam bahasa C ada 3 yaitu for, while, dan do….while.


Jadi, kita akan membahasa perulangan for terlebih dahulu ya teman-teman, mari kita simak.


Ketika ingin menggunakan looping, setidaknya ada 3 komponen perulangan yaitu:

1. Kondisi ketika awal perulangan.

2. Kondisi ketika proses perulangan.

3. Kondisi di akhir perulangan.


A. Perulangan "for"


KMTek_Perulangan for dalam bahasa C
Gambar 3. Perulangan for

Sumber : ismynr.xyz


Perulangan for digunakan untuk membuat perulangan yang memiliki sintaks dasar seperti nilai awal, kondisi, dan penambahan ataupun pengurangan.



Sintaks dasar dari for dalam bahasa C :


For (eks1; eks2; eks3)
{
                // kode program
                //kode program
}


Dimana :

Eks1 : ekspresi untuk nilai awal perulangan. Biasanya digunakan untuk memberikan nilai kepada variable counter. Variable counter merupakan variable yang menentukan berapa banyak perulangan yang akan dijalankan.

Eks2 : ekspresi untuk kondisi. Kondisi harus dipenuhi agar perulangan bisa berjalan. Jika kondisi ini terpenuhi makan compiler bahasa C akan melakukan perulangan.

Eks3 : ekspresi untuk increment (penambahan) atau decrement (pengurangan). Bagian ini digunakan untuk memproses variable counter agar bisa menghasilkan akhir dari proses perulangan. Bagian ini yang akan selalu di jalankan pada setiap perulangan.


Contoh program perulangan for :


#include <studio.h>
 int main ()
{
int i ;
/*for*/
for ( i = 0; <=10; i = i + 1){
                printf (“perulangan bahasa C %i \n”, i);
}
Return 0;
} 

Hasil kode program :


perulangan bahasa C 0

perulangan bahasa C 1

perulangan bahasa C 2

perulangan bahasa C 3

perulangan bahasa C 4

perulangan bahasa C 5

perulangan bahasa C 6

perulangan bahasa C 7

perulangan bahasa C 8

perulangan bahasa C 9

perulangan bahasa C 10


keterangan : Jadi program ini dituliskan pada codeblock bisa ya teman-teman, kita akan jelaskan satu persatu maksud dari contoh kode program diatas.


#include <studio.h> merupakan salah satu library yang terdapat dalam bahasa C, kode tersebut wajib di ikutsertakan karena digunakan untuk input (masukan) dan output (pengeluaran). Jika tidak menuliskan kode program tersebut maka tidak akan menampilkan atau menginputkan sesuatu.

  • int main ()

int merupakan tipe data yang akan dieksekusi, sedangkan main () wajib berpasangan atau disertakan return 0 yang berfungsi untuk mengembalikan nilai 0 setelah dieksekusi.

  • int i

int adalah salah satu tipe data dalam bahasa C, int berarti interger yang menunjukan bilangan bulat dan menggunakan %i ataupun %d. sedangkan i merupakan variable tambahan, itu bisa diganti dengan huruf abjad lainnya.

  • for ( i = 0; <=10; i = i + 1){

Pada kondisi di atas yang perlu diperhatikan didalam kurung setelah kata for ialah:

- Hitungan akan dimulai dari 0, karena menggunakan( i = 0). Kondisi ini akan memulai perulangan dan hasil program dari 0. Contoh : perulangan bahasa C 0

- Hitungannya akan sampai berapa? Nah, disini program yang akan mengeksekusi akan sampai berapa program diulang. Jadi sintaks nya adalah (<=10). Maksud dari kurang dari samadengan sepuluh (<=10) yaitu program yang dijalankan akan diulang atau akan looping hingga samadengan 10.

- Lalu disetiap looping atau perulangan i akan bertambah +1 (i + 1). Karena kita mencoba menggunakan increment (penambahan) jadi, program akan melakukan perulangan yang menambah 1 angka.

  • printf (“perulangan bahasa C %i \n”, i);

printf merupakan hasil output yang akan tertamil pada cmd (command prompt) ataupun serial monitor. Kemudian, pada kondisi di atas yang perlu diperhatikan didalam kurung setelah kata printf ialah:

- “perulangan bahasa C”

“perulangan bahasa C”, apa yang ingin kita tampilan itulah diinputkan dalam printf.

- %i, merupakan istilah dari interger.

- \n, digunakan untuk membuat baris baru. Maksudnya tulisan output akan tertampil memanjang kebawah, jika tidak menggunakan \n tidak masalah, akan tetapi output yang dihasilkan akan lurus kesamping.


Itulah pembahasan perulangan for dalam bahasa C, memudahkan dalam membuat suatu program jika kita menggunakan looping. Untuk penjelasan tentang perulangan while dan perulangan do while di next artikel ya readers.


Referensi :


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, Jika ada saran, kritik maupun pertanyaan silahkan kirim pesan ke: PT. Karya Merapi Teknologi contact@kmtech.id Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri! YouTube:https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia Instagram:https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/ Facebook:https://www.facebook.com/kmtech.id LinkedIn:https://www.linkedin.com/company/kmtek

166 views0 comments

Recent Posts

See All