top of page
Search

Penggunaan Ruby on Rails dalam Pengembangan Web

Sumber : thecodes

Pada era digital yang terus berkembang, pengembangan web telah menjadi salah satu aspek paling penting dalam dunia teknologi. Dalam pengembangan web, pemilihan teknologi yang tepat menjadi faktor kunci untuk mencapai kesuksesan. Salah satu kerangka kerja (framework) yang telah mencuri perhatian banyak pengembang web adalah Ruby on Rails. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan mengapa Ruby on Rails telah menjadi pilihan populer dalam pengembangan web, serta beberapa karakteristik dan keunggulan yang membuatnya begitu menonjol di antara alternatif lainnya.


Apa Itu Ruby on Rails

Ruby on Rails, atau yang sering disebut sebagai Rails, adalah sebuah kerangka kerja pengembangan web open-source yang ditulis dalam bahasa pemrograman Ruby. Diciptakan oleh David Heinemeier Hansson pada tahun 2003, Ruby on Rails telah menjadi salah satu alat yang paling banyak digunakan dalam pengembangan web. Rails dirancang untuk memudahkan pengembang web dalam membangun aplikasi web dengan cepat dan efisien. Kerangka kerja ini mempromosikan prinsip-prinsip pengembangan web yang baik, seperti penggunaan pola desain Model-View-Controller (MVC) dan konvensi-konvensi yang baku, sehingga pengembang dapat fokus pada fungsionalitas aplikasi daripada menghabiskan waktu dalam pengaturan konfigurasi yang rumit.


Keunggulan Ruby on Rails

Sumber : Mobiskill

Ruby on Rails menawarkan sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan populer dalam pengembangan web. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Ruby on Rails begitu diminati:


1. Produktivitas Tinggi

Salah satu keunggulan terbesar Ruby on Rails adalah produktivitas yang tinggi. Rails menyediakan banyak alat bantu dan konvensi baku yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi web dengan cepat. Sebagai contoh, Rails memiliki generator kode yang memungkinkan pengembang untuk secara otomatis menghasilkan sebagian besar kode yang diperlukan. Hal ini menghemat banyak waktu dan usaha, memungkinkan tim pengembang untuk fokus pada fitur dan fungsionalitas penting.


2. Kemudahan dalam Pembelajaran dan Penggunaan

Ruby on Rails relatif mudah dipelajari, terutama jika Anda sudah memiliki pemahaman dasar tentang bahasa pemrograman Ruby. Bahasa Ruby yang digunakan dalam Rails memiliki sintaks yang bersifat manusiawi dan mudah dimengerti, sehingga pengembang baru dapat dengan cepat merasa nyaman dengan kerangka kerja ini. Selain itu, dokumentasi yang kuat dan komunitas yang aktif membuatnya mudah untuk mendapatkan bantuan dan sumber daya.


3. Konvensi over Konfigurasi (CoC)

Salah satu prinsip desain yang mendasari Ruby on Rails adalah "Konvensi over Konfigurasi" (CoC). Artinya, Rails telah menentukan banyak konvensi baku yang harus diikuti oleh pengembang. Ini menghilangkan kebutuhan untuk mengkonfigurasi setiap aspek aplikasi secara manual. Dengan menggunakan konvensi ini, pengembang dapat lebih fokus pada pengembangan fitur dan logika bisnis daripada menghabiskan waktu dalam pengaturan konfigurasi yang berulang-ulang.


4. Pola Desain Model-View-Controller (MVC)

Ruby on Rails menerapkan pola desain Model-View-Controller (MVC) yang memisahkan logika aplikasi menjadi tiga komponen utama: Model, View, dan Controller. Hal ini mempermudah pengembangan dan pemeliharaan aplikasi, karena setiap komponen memiliki tanggung jawab yang terdefinisi dengan jelas. Model berhubungan dengan basis data, View menangani tampilan, dan Controller mengontrol alur logika aplikasi. Ini membuat kode menjadi lebih terstruktur dan mudah dikelola.


5. Ruang Ekosistem yang Kuat

Ruby on Rails memiliki ekosistem yang kuat dengan ribuan perpustakaan (gem) yang dapat digunakan oleh pengembang. Ini memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan berbagai fitur dan fungsionalitas ke dalam aplikasi mereka tanpa harus membangun semuanya dari awal. Gem-gem ini sering dikembangkan dan dipelihara oleh komunitas Rails yang aktif.


6. Skalabilitas dan Kinerja

Meskipun Ruby on Rails sering dikritik karena kinerjanya yang kurang bila dibandingkan dengan beberapa kerangka kerja web lainnya, seperti Node.js, banyak aplikasi sukses yang dibangun menggunakan Rails. Dengan pengetahuan dan praktik yang tepat, aplikasi Rails dapat diskalakan untuk mengatasi beban kerja yang lebih tinggi. Beberapa perusahaan besar, seperti Airbnb dan GitHub, masih menggunakan Ruby on Rails untuk aplikasi utama mereka.


7. Keamanan

Ruby on Rails memiliki berbagai mekanisme keamanan yang sudah ada dan dapat digunakan oleh pengembang. Dengan asumsi default yang aman dan penggunaan ORM (Object-Relational Mapping) seperti ActiveRecord, Rails membantu melindungi aplikasi dari ancaman umum, seperti SQL injection dan Cross-Site Scripting (XSS).


8. Kemudahan dalam Pengujian (Testing)

Rails memiliki dukungan bawaan untuk pengujian (testing) dan pengembangan berbasis tes (test-driven development). Hal ini memungkinkan pengembang untuk dengan mudah membuat dan menjalankan tes otomatis untuk memastikan bahwa aplikasi berfungsi sesuai yang diharapkan. Kemampuan ini membantu dalam menciptakan aplikasi yang lebih andal dan berkinerja tinggi.


Contoh Kasus Penggunaan Ruby on Rails

Sumber: Start design

Sejumlah besar aplikasi sukses telah dibangun menggunakan Ruby on Rails, termasuk beberapa nama besar dalam dunia teknologi. Berikut adalah beberapa contoh kasus penggunaan Ruby on Rails:


  1. GitHub: Salah satu platform pengembangan perangkat lunak terbesar di dunia, GitHub, dibangun menggunakan Ruby on Rails. GitHub memanfaatkan keunggulan Rails dalam produktivitas dan kemampuan untuk mengelola proyek-proyek perangkat lunak dengan mudah.

  2. Airbnb: Situs web dan aplikasi berbagi akomodasi populer, Airbnb, juga

  3. Basecamp: Basecamp adalah perangkat manajemen proyek populer yang dikembangkan oleh pencipta Ruby on Rails, David Heinemeier Hansson. Ini adalah contoh nyata bagaimana Rails dapat digunakan untuk membangun produk perangkat lunak yang sukses.

  4. Shopify: Shopify, salah satu platform e-commerce terkemuka di dunia, juga menggunakan Ruby on Rails. Rails membantu Shopify dalam menyediakan toko online yang mudah digunakan, aman, dan dapat disesuaikan.

  5. Yellow Pages: Yellow Pages, direktori bisnis besar, menggunakan Ruby on Rails untuk platform mereka. Rails memungkinkan mereka untuk menghadirkan informasi bisnis kepada pengguna dengan cepat dan efisien.


Kesimpulan

Ruby on Rails adalah kerangka kerja pengembangan web yang sangat populer, dan banyak alasan mengapa begitu banyak pengembang web memilihnya. Keunggulan dalam produktivitas, kemudahan dalam pembelajaran, konvensi baku, dukungan MVC, dan banyak lagi, menjadikan Rails sebagai alat yang kuat dalam mengembangkan aplikasi web. Contoh penggunaan di perusahaan-perusahaan terkemuka juga mengukuhkan reputasi Rails sebagai kerangka kerja yang dapat diandalkan untuk proyek web besar dan kecil.


Meskipun Ruby on Rails memiliki sejumlah keunggulan, penting untuk diingat bahwa setiap kerangka kerja memiliki pro dan kontra, dan pemilihan teknologi harus didasarkan pada kebutuhan proyek dan tim pengembang. Namun, Ruby on Rails tetap menjadi pilihan yang menarik dan kompetitif dalam dunia pengembangan web, dan akan terus menjadi alat yang berharga bagi pengembang di masa mendatang. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi



Sumber :


26 views0 comments

Comments


bottom of page