top of page
Search

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi beserta Fungsinya


KMTek_TIK
Gambar 1. Teknologi Informasi & Komunkasi

Sumber : kompasiana.com


Teknologi adalah kata yang tidak asing lagi bagi semua orang, khususnya kamu yang berkecimpungan dalam dunia kerja, sekolah, atau apapun yang berkaitan dengan teknologi. Penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari hari tentu sudah lazim. Di era milenial ini, teknologi sudah merayap di seluruh dunia, baik di negara maju maupun negara yang berkembang. Teknologi berperan penting pada kehidupan saat ini ketika pandemi Covid-19 melanda. Seperti contohnya pembelajaran yang melalui ponsel, dll. Lalu, teknologi itu sebenarnya apa sih?


KMTek_teknologi informasi dan komunikasi
Gambar 2. Teknologi

Sumber : suara.com


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teknologi adalah suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan merupakan salah satu ilmu pengetahuan terapan. Kemudian, apakah kamu pernah mendengar kata TIK atau teknologi informasi dan komunikasi? Apakah kamu sudah memahami apa itu TIK? Jika belum yuk baca ini.

1. Pengertian teknologi informasi.

2. Pengertian teknologi komunikasi.

3. Pengertian teknologi informasi dan komunikasi.

4. Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi.


1. Teknologi Informasi

KMTek_TIK
Gambar 3. Teknologi Informasi

Dilasir dari wikipedia.org, teknologi informasi (TI), atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebar informasi. Teknologi informasi menyatukan komputasi dan komunikasi

Sumber : tirto.id


berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.

Berdasarkan ITAA (Information Technology Association of America) teknologi informasi adalah suatu perancangan, study, implementasi, dukungan, pengembangan ataupun manajemen sistem informasi yang berbasis computer, terutama pada aplikasi hardware ataupun software komputer.

Teknologi informasi atau information technology dalam penggunaanya membutuhkan hardware komputer dan perangkat lunaknya untuk membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasinya. Lebih singkatnya teknologi informasi (TI) yaitu penggunaan sistem perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dengan menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi untuk mengelola dan menyampaikan informasi.


2. Teknologi Komunikasi


KMTek_teknologi komunikasi
Gambar 4. Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi atau communication technology berasal dari dua kata yaitu teknologi dan komunikasi. Tentang teknologi sudah kami bahas diatas ya, teman-teman. Lalu, komunikasi menurut KBBI (kamus besar bahasa indonesia) adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat

dipahami. Kamu bisa memahami

Sumber : teknologi.id


seseorang dengan cara komunikasi. Kita sebagai makhluk sosial setiap hari melakukan komunikasi untuk bertukar informasi. Dengan menjalankan komunikasi baik dengan orang lain maka menjadikan hubungan yang baik pula. Sedangkan teknologi komunikasi merupakan suatu hardware atau perangkat keras dalam sebuah struktur yang digunakan untuk pertukaran informasi, tanda, dan data.

Perbedaan antara teknologi komunikasi dengan teknologi informasi menurut Wikipedia.com yaitu teknologi komunikasi lebih ke hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat yang dituju sedangkan teknologi informasi lebih kepada hasil data yang diperoleh. Baca selengkapnya : https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komunikasi


3. Pengertian Teknologi Informasi dan komunikasi


KMTek_TIK adalah
Gambar 5. Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sumber : GuruPendidikan.com


Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mencangkup dua hal yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Seperti yang sudah kita bahas di atas, teknologi informasi secara umum yaitu penggunaan sistem perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dengan menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi untuk mengelola dan menyampaikan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah suatu hardware atau perangkat keras dalam sebuah struktur yang digunakan untuk pertukaran informasi, tanda, dan data.

Teknologi informasi dan komunikasi atau sering disebut dengan kata TIK merupakan segala kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, pengelolaan, dan penyampaian atau pemindahan informasi antar media. Adapun pengertian teknologi informasi dan komunikasi menurut para ahli yaitu :

1. Menurut Susanto, teknologi informasi dan komunikasi atau TIK adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk mentransfer data baik itu untuk memperoleh suatu data atau informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.

2. Menurut Eric Deeson, Harper Vollins Publishers, teknologi informasi (TI) penanganan informasi dengan sarana listrik dan elektronik (mikroelektronika) merupakan suatu kebutuhan manusia didalam mengambil dan memindahkan, mengolah, dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat keseluruhan.


Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Secara umum fungsi TIK atau teknologi informasi dan komunikasi ada 3 yaitu :

1. Teknologi berfungsi sebagai alat (tools)

Yang dimaksud dengan teknologi sebagai alat yaitu teknologi berperan dalam pertukaran data, informasi, membuat data grafik, menghitung angka, mendesain, dll. Yang bisa digunakan oleh semua kalangan khususnya kamu yang masih mengenyam bangku sekolah. Di masa pandemi ini pasti kita menggunakan kecanggihan teknologi yang ada, sebagai alat untuk mengerjakan tugas dan lain lain.

2. Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science)

Kecanggihan media sosial ataupun internet khususnya “google” sudah mandarah daging di kalangan umum. Teknologi tersebut bisa digunakan untuk mencari pengetahuan di seluruh dunia, mulai dari pengetahuan umum, mata pelajaran disekolah, informasi entertainment, dll. Tetapi dengan catatan bijak dalam menggunakan internet.

3. Teknologi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy)

Teknologi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran yaitu sebagai contoh seperti pembelajaran jarak jauh karena faktor pandemi. Pembelajaran ini menggunakan ponsel/PC yang digunakan di rumah masing-masing. Dengan teknologi yang ada memungkinkan para siswa/siswi dan guru untuk melakukan pembelajaran.


Itulah sedikit penjelasan tentang teknologi informasi dan komunikasi ya teman-teman, semoga artikel ini bisa menambah wawasan teman-teman semuanya…



Referensi :


PT. Karya Merapi Teknologi

Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!



4,739 views0 comments
bottom of page