top of page
Search

Pengembangan Sistem Keamanan Rumah Sederhana dengan IoT: Sensor Gerak dan Notifikasi Ponsel

Updated: Sep 22, 2023


Sumber: Shutterstock

Kemanan rumah merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan perkembangan teknologi Internet of Things (IoT), pengembangan sistem keamanan rumah semakin mudah dan terjangkau. Salah satu komponen penting dalam sistem keamanan rumah IoT adalah sensor gerak, yang dapat mendeteksi pergerakan di sekitar rumah Anda, dan notifikasi ponsel, yang dapat memberi tahu Anda secara instan jika ada potensi ancaman. Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana Anda dapat mengembangkan sistem keamanan rumah sederhana menggunakan sensor gerak dan notifikasi ponsel.


Alat Dan Komponen Yang Diperlukan

Sumber: Kumacart

Untuk mengembangkan sistem keamanan rumah sederhana dengan IoT menggunakan sensor gerak dan notifikasi ponsel, Anda memerlukan beberapa alat dan bahan berikut:


  • Sensor Gerak PIR (Passive Infrared): Sensor ini digunakan untuk mendeteksi pergerakan dalam ruangan atau area tertentu. Ketika ada perubahan suhu yang signifikan di sekitarnya, sensor ini akan aktif.

  • Node MCU (ESP8266): Node MCU adalah mikrokontroler berbasis ESP8266 yang dapat digunakan untuk menghubungkan sensor gerak ke internet melalui Wi-Fi. Ini akan menjadi otak sistem Anda.

  • Kabel Jumper: Anda memerlukan kabel jumper untuk menghubungkan sensor gerak, Node MCU, dan komponen lainnya dalam proyek ini.

  • Buzzer atau Lampu LED (opsional): Buzzer atau lampu LED dapat digunakan sebagai peringatan tambahan jika sensor gerak mendeteksi pergerakan. Ini opsional dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

  • Aplikasi Ponsel: Anda memerlukan aplikasi ponsel yang dapat menerima notifikasi. Dalam artikel ini, kami menyebutkan penggunaan platform Blynk sebagai contoh, tetapi Anda dapat menggunakan aplikasi atau platform lain yang mendukung notifikasi ponsel.

  • Akses Internet Stabil: Pastikan bahwa rumah Anda memiliki akses internet yang stabil, karena Node MCU akan terhubung ke internet melalui Wi-Fi untuk mengirim notifikasi ke ponsel Anda.


Selain alat dan bahan di atas, Anda juga akan memerlukan komputer atau laptop untuk mengatur Node MCU dengan perangkat lunak Arduino IDE atau platform pengembangan IoT lainnya. Pastikan Anda memiliki pengetahuan dasar tentang pemrograman dan penggunaan perangkat keras, serta akses ke jaringan Wi-Fi rumah Anda untuk menghubungkan Node MCU ke internet.


Rangkaian antara komponen-komponen yang digunakan dalam pengembangan sistem keamanan rumah sederhana dengan IoT menggunakan sensor gerak dan notifikasi ponsel akan tergantung pada bagaimana Anda ingin menghubungkannya. Di bawah ini adalah rangkaian dasar untuk menghubungkan sensor gerak PIR, Node MCU (ESP8266), dan komponen tambahan seperti buzzer atau lampu LED jika Anda memilih untuk menggunakannya.


Langkah-Langkah Perangkaian

Berikut adalah langkah-langkah untuk merangkai sistem keamanan rumah sederhana dengan sensor gerak dan notifikasi ponsel:


Rangkaian Sensor Gerak PIR, Node MCU, dan Buzzer/Lampu LED:

  • Sensor Gerak PIR (Passive Infrared):

    1. Koneksikan pin VCC sensor gerak ke pin 3.3V pada Node MCU.

    2. Koneksikan pin OUT sensor gerak ke salah satu pin digital pada Node MCU, misalnya pin D2.

    3. Koneksikan pin GND sensor gerak ke pin GND pada Node MCU.

  • Node MCU (ESP8266):

    1. Pastikan Node MCU Anda terhubung dengan komputer melalui kabel USB untuk mengatur kode programnya.

    2. Node MCU juga harus terhubung ke jaringan Wi-Fi rumah Anda agar dapat mengirim notifikasi ke ponsel Anda. Anda perlu mengatur SSID dan kata sandi Wi-Fi dalam kode program Anda.

  • Buzzer (opsional) atau Lampu LED (opsional):

    1. Jika Anda ingin menggunakan buzzer atau lampu LED sebagai peringatan tambahan, hubungkan salah satu kaki buzzer atau lampu LED ke salah satu pin digital pada Node MCU (misalnya, pin D3) dan kaki lainnya ke pin GND pada Node MCU. Anda juga perlu mengatur kode program agar mengaktifkan buzzer atau lampu LED saat sensor gerak mendeteksi pergerakan.


Setelah Anda memiliki rangkaian ini, Anda dapat mengatur kode program di Node MCU menggunakan Arduino IDE atau platform pengembangan IoT lainnya untuk membaca input dari sensor gerak PIR dan mengirim notifikasi ke aplikasi ponsel Anda melalui Blynk atau platform yang Anda pilih. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dan dokumentasi dari platform yang Anda gunakan untuk mengintegrasikan Node MCU dengan aplikasi ponsel Anda.


Merancang Antarmuka Dalam Aplikasi Blynk

Sumber: Blynk

Untuk membuat antarmuka dalam aplikasi Blynk untuk sistem keamanan rumah sederhana dengan sensor gerak dan notifikasi ponsel, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat Proyek Baru:

    1. Buka aplikasi Blynk di ponsel Anda.

    2. Buat proyek baru dengan mengetuk tombol "+" atau "Create New Project."

    3. Beri nama proyek Anda dan pilih perangkat yang sesuai (Node MCU atau jenis perangkat lain yang Anda gunakan).

  2. Tambahkan Widget Notifikasi:

    1. Dalam tampilan proyek, ketuk "Add Widget" atau "Add New Widget."

    2. Pilih jenis widget "Notification" (notifikasi).

  3. Konfigurasi Widget Notifikasi:

    1. Setelah menambahkan widget notifikasi, ketuk widget tersebut untuk mengonfigurasinya.

    2. Atur pesan notifikasi yang ingin Anda terima ketika sensor gerak mendeteksi pergerakan. Ini bisa berupa pesan seperti "Deteksi Pergerakan!" atau sesuai kebutuhan Anda.

  4. Tambahkan Widget Lain (Opsional):

    1. Jika Anda ingin menambahkan widget lain, seperti tombol on/off untuk mengaktifkan atau menonaktifkan sistem keamanan, Anda dapat melakukannya dengan menambahkan widget lainnya. Anda dapat menggunakan widget "Button," "Switch," atau widget lain sesuai kebutuhan Anda.

  5. Simpan Perubahan:

    1. Setelah Anda selesai mengatur antarmuka proyek Anda di Blynk, pastikan untuk menyimpan perubahan dengan mengetuk tombol "Save" atau "Done."

  6. Peroleh Token Proyek:

    1. Token proyek adalah kode unik yang akan digunakan dalam kode program Node MCU Anda untuk menghubungkan perangkat ke proyek Blynk Anda. Token ini dapat ditemukan di bagian atas tampilan proyek Anda.


Penulisan Script

Sumber: Arduino.com

Berikut adalah program dasar untuk Node MCU (ESP8266) menggunakan Arduino IDE untuk mengintegrasikan sensor gerak PIR dengan aplikasi Blynk dan mengirim notifikasi ponsel ketika pergerakan terdeteksi. Pastikan Anda telah menginstal library Blynk pada Arduino IDE dan mengatur token proyek Blynk Anda sebelum menggunakan kode ini.

#include <ESP8266WiFi.h>
#include <BlynkSimpleEsp8266.h>

// Konfigurasi WiFi
char auth[] = "YOUR_BLYNK_AUTH_TOKEN";
char ssid[] = "YOUR_WIFI_SSID";
char pass[] = "YOUR_WIFI_PASSWORD";

// Pin yang digunakan untuk sensor gerak PIR
int pirPin = D2;

void setup()
{
  // Inisialisasi serial monitor
  Serial.begin(115200);

  // Menghubungkan ke WiFi
  Blynk.begin(auth, ssid, pass);

  // Mengatur pin sensor gerak sebagai input
  pinMode(pirPin, INPUT);

  // Menyisipkan widget Button di aplikasi Blynk (jika diperlukan)
  // Widget Button ini digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan sensor gerak secara manual
  // Blynk.virtualWrite(V1, HIGH); // Aktifkan sensor (jika diperlukan)
}

void loop()
{
  Blynk.run();

  // Membaca status sensor gerak
  int motionStatus = digitalRead(pirPin);

  // Jika sensor mendeteksi pergerakan
  if (motionStatus == HIGH)
  {
    // Kirim notifikasi ke aplikasi Blynk
    Blynk.notify("Deteksi Pergerakan!");

    // Tambahkan perintah lain yang ingin Anda jalankan ketika pergerakan terdeteksi
  }

  delay(1000); // Jeda 1 detik sebelum membaca ulang status sensor
}

Pastikan untuk mengganti nilai `auth`, `ssid`, dan `pass` dengan informasi yang sesuai dengan jaringan Wi-Fi dan token proyek Blynk Anda. Anda juga dapat menambahkan fitur tambahan sesuai kebutuhan, seperti mengaktifkan atau menonaktifkan sensor gerak melalui aplikasi Blynk menggunakan widget Button.


Setelah mengunggah kode ini ke Node MCU Anda, sistem akan membaca sensor gerak PIR secara terus-menerus. Ketika sensor mendeteksi pergerakan, notifikasi akan dikirim ke aplikasi Blynk melalui perintah `Blynk.notify()`. Anda dapat menyesuaikan pesan notifikasi sesuai kebutuhan Anda. Pastikan Node MCU terhubung ke jaringan Wi-Fi rumah Anda dan memiliki akses internet yang stabil untuk mengirim notifikasi ponsel dengan sukses.


Uji Sistem

  • Tempatkan sensor gerak di lokasi strategis di dalam rumah Anda, misalnya di pintu masuk atau ruang tamu. Pastikan sensor dapat mendeteksi pergerakan dengan baik.

  • Uji sistem dengan bergerak di depan sensor gerak. Jika sensor mendeteksi pergerakan, Anda harus menerima notifikasi di ponsel Anda sesuai dengan konfigurasi yang Anda buat.

Perbaikan dan Pemantauan

  • Setelah menguji sistem, perbaiki dan tingkatkan sesuai kebutuhan Anda. Anda juga dapat memantau sistem secara berkala untuk memastikan kinerjanya optimal.


Setelah mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan memiliki antarmuka dalam aplikasi Blynk yang memungkinkan Anda menerima notifikasi ponsel ketika sensor gerak mendeteksi pergerakan di rumah Anda. Anda juga dapat mengendalikan sistem keamanan tambahan, seperti tombol on/off, melalui antarmuka yang Anda buat. Pastikan untuk mengacu pada dokumentasi Blynk dan petunjuk khusus perangkat keras Anda untuk pengaturan yang lebih rinci.


Kesimpulan

Dengan menggunakan sensor gerak, Node MCU, dan aplikasi ponsel, Anda dapat mengembangkan sistem keamanan rumah sederhana dengan IoT yang efektif dan terjangkau. Sistem ini akan membantu Anda memantau keamanan rumah Anda secara real-time dan memberi tahu Anda segera jika ada aktivitas mencurigakan. Dengan sedikit usaha dan investasi, Anda dapat meningkatkan tingkat keamanan rumah Anda dan merasa lebih tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan Selamat Berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi



Sumber:


55 views1 comment

1 Comment


artikelnya keren


Like
bottom of page