Search

Penemuan Teknologi Paling Luar Biasa yang Pernah Ada !

Updated: Aug 30



Teknologi-KMTek
Ilustrasi Teknologi (sumber : suara.com)

kmtech.id - Beberapa tahun terakhir, para insinyur dan ilmuwan dari seluruh dunia telah meneliti dan mengembangkan banyak hal yang sebelumnya dianggap mustahil, kini menjadi ada dan nyata. Penasaran? Simak 7 penemuan teknologi paling luar biasa yang pernah ada di bawah ini.



1. Artificial Intelligence (AI)



AI-KMTek
Ilustrasi AI (Sumber : bprdigitalbanking .com)

Artificial Intellegence atau Kecerdasan Buatan pertama kali diciptakan pada tahun 1956. Akan tetapi, karena adanya keterbatasan komputasi dan kurangnya kekuatan pemrosesan menjadikan teknologi ini terhambat. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang pesat, Artificial Intellegence dengan mudah menjadi salah satu perkembangan paling inovatif. Hal ini dikuatkan dengan hadirnya teknologi baru seperti Big Data, Chatbot, Robotika, dan Internet of Things dimana Artificial Intelligence sendiri menjadi pendorong utamanya.

Pada saat ini penerapan AI banyak digunakan pada layanan teknologi terbaru, penelitian, analisis konsumen pada perusahaan, mendeteksi penipuan, proyeksi pasar penjualan dan memaksimalkan penggunaan IT.


2. Nanobots



Nanobots-KMTek
Ilustrasi Nanobots (Sumber : Depositphotos.com)

Nanobots atau nanoteknologi adalah teknologi yang berukuran nanometer, ribuan kali lebih kecil dari ukuran rambut manusia. Akan tetapi, dengan ukuran yang sangat kecil nanobots mampu mengubah sifat sebuah materi. Salah satu sifat nanobots yang paling menarik adalah Self-assembly atau kemampuan nanobots untuk berorganisasi membentuk formasi tertentu. Nanobots berperan dalam aspek kehidupan manusia. Contohnya, nanobots dapat difungsikan untuk memperbaiki onderdil mobil, terutama pada bagian dalam mobil. Jadi, kamu bisa menghindari yang namanya turun mesin, lho.

Adanya teknologi nanobots pada dunia kedokteran atau medis juga cukup menguntungkan. Diantaranya, nanobots diproyeksian dapat dimasukkan ke dalam tubuh manusia melalui jarum suntik dan mendegradasi dirinya sendiri ketika tugas dalam tubuh selesai. Nanobots dapat membantu ahli bedah melakukan tugas-tugas medis yang rumit.


3. Mind Controlled Prosthetics



MindControlledProsthetics-KMTek
Ilustrasi MindControlledProsthetics (Sumber : Wordpress.com)

Sebuah tim peneliti di Swedia, mengembangkan tangan robotik yang dapat dikendalikan oleh pasien. Penemuan ini tentu sangat berharga bagi orang-orang yang memiliki kecacatan fisik. Prosthetics ini merupakan prosthetics kelas terbaru yang dapat dikendalikan oleh pikiran. Ilmuwan Swedia mengembangkan satu prototipe yang terhubung dengan saraf, otot, dan kerangka pasien sehingga dapat mengontrol jari dan pergelangan tangan mereka lebih leluasa dari yang di perkirakan sebelumnya.

Uniknya semua alat elektronik yang dibutuhkan telah tertanam pada prosthetics, sehingga pasien tidak perlu membawa peralatan atau baterai tambahan.


4. Advanced Step in Innovative Mobility (ASIMO)



Robot Asimo-KMTek
Ilustrasi Robot Asimo (Sumber : honda-indonesia.com)

Advanced Step in Innovative Mobility atau yang dikenal sebagai robot ASIMO adalah robot keluaran Honda. Proses perancangan robot ASIMO menguras waktu cukup lama sejak tahun 1986 hingga tahun 2000, dimana robot ASIMO diperkenalkan untuk pertama kalinya di seluruh dunia. Dengan dibekali sensor audovisual, ASIMO dapat mengenali suara beberapa orang secara bersamaan saat mengobrol dalam sebuah grup. Ia juga dapat melakukan gerakan meloncat, melangkah mundur, berjalan diatas permukaan yang tidak rata, naik turun tangga, serta dapat melakukan tugas sederhana seperti menuangkan minuman, mendorong trolley, dan menyambut tamu.

Dengan tinggi 130 sentimeter, lebar 45 sentimeter robot seperti ASIMO sudah dapat berlari hingga 6 km/jam. Keren banget ya, sob.


4. Warp Drive



Warp Drive-KMTek
Ilustrasi Warp Drive(Sumber : biz.crast.net)

Miguel Alcubierre, salah satu fisikiawan terkemuka di dunia mencetuskan sebuah teori yang disebut "Warp Drive" ditahun 1994. Teknologi Warp Drive memungkinkan kita untuk melakukan sebuah perjalanan dengan berkecepatan sepuluh kali lebih cepat dari kecepatan cahaya, tanpa melanggar kaidah kecepatan cahaya. Sekilas memang ini seperti ide yang mustahil untuk dilakukan. Akan tetapi, Prof. Harold White pada tahun 2010 mengungkapkan bahwa ide tersebut dalam proyek pengerjaan. Untuk menciptakan sebuah pesawat antariksa memang tidak mudah, saat pesawat menempati 'ruang' untuk meloncat ke galaksi lain akan mengakibatkan efek destruktif. Jadi, manusia membutuhkan sesuatu untuk menjadi alternatif yang memungkinkan kita dapat menjelajahi angkasa dengan sangat cepat, tentunya tanpa melanggar kaidah kecepatan cahaya.

Prof. Harold White dan timnya menemukan jawaban dari permasalahan tersebut, ditemukan 'celah' dalam persamaan matematika yang super rumit, celah tersebut mengindikasikan bahwa membengkokkan ruang dan waktu (warping) itu dapat dilakukan. Saat ini, proyek termaju NASA tersebut masih dalam pengerjaan para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu di Pasadena, Amerika Serikat. Tahap yang dilakukan adalah proyek masih diatas kertas hipotesa, desain, rancangan teknik, dan teori. Bentuk fisik dari proyek tersebut diperkirakan terlihat oleh manusia sekitar ratusan tahun mendatang, dengan perkiraan peluncuran perdananya pada tahun 2112.


6. Large Hadron Collider



Large Hadron Collider-KMTek
Ilustrasi Large Hadron Collider(Sumber : https://www.space.com)

Large Hadron Collider merupakan sebuah terowongan bawah tanah sepanjang 17 mil yang terletak di perbatasan antara Prancis dan Swiss. Large Hadron Collider adalah salah satu rekayasa terpenting yang pernah dilakukan. Tujuan utama diciptakannya Large Hadron Collider adalah untuk menghancurkan berbagai jenis partikel dengan kecepatan yang terbilang sangat tinggi untuk memahami sifat sebenarnya dari kenyataan. Large Hadron Collider pertama kali di operasikan pada tahun 2008. Lebih dari 10.000 ilmuwan, insinyur, dan profesional lainnya ikut serta dalam perancangan mesin ini. Dengan harga lebih dari $10 miliar, Large Hadron Collider menjadi mesin paling mahal yang pernah dibuat. Sejak pertama kali dijalankan, mesin ini telah membuat banyak kontribusi penting dan mendasar untuk fisika teoritis.

Prinsip yang melatarbelakangi CERN melakukan eksperimen ini, untuk membuktikan bahwa alam semesta dibalik ukurannya yang sangat besar dan kandungan nya yang kompleks, sebenarnya adalah sebuah kesatuan yang teratur dan masuk akal.


7. High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP)



HAARP-KMTek
Ilustrasi HAARP(Sumber wikimedia.org)

HAARP adalah program penelitian ionosfer yang didanai oleh Angkatan Udara Amerika, Universal Alaska, dan Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). HAARP Diranacang dan dibangun oleh BAE Advance Technologies, tujuan utama alat ini untuk menyelidiki potensi pengembangan teknologi ionosfer baru dan menganalisis ionosfer untuk pengintaian dan komunikasi radio. Akan tetapi, ionosfer juga sangat sulit diukur. Balon tidak dapat mencapai lapisan tersebut karena udara yang terlalu tipis, satelit juga tidak dapat dilepas disana karena udara yang terlalu tebal. Hal ini memungkinkan terjadinya peneletian mengenai ionosfer belum signifikan.

HAARP adalah teknologi yang dalam hukum belum diatur mengenai bentuk fisik serta pengoperasiannya. Sehingga studi kasus HAARP merupakan kekosongan hukum. HAARP berpotensi besar dijadikan sebagai senjata rahasia sebagai upaya pertahanan negara dan perlawanan. Kegiatan HAARP perlu diawasi, karena terbukti pada beberapa kasus percobaan yang mengakibatkan timbulnya bencana di negara lain, salah satu contohnya Venezuela.


Nah, itu tadi merupakan pembahasan singkat mengenai Penemuan Teknologi Paling Luar Biasa yang Pernah Ada. Menarik sekali bukan? Makanya terus pantau artikel terbaru dari kami ya!


Referensi :

https://www.honda-indonesia.com

https://infokomputer.grid.id

https://news.umich.edu

https://www.kompasiana.com

http://www.fisikanet.lipi.go.id

https://www.idntimes.com

https://id.wikipedia.org

http://hukum.studentjournal.ub.ac.id


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, jika ada saran, kritik maupun pertanyaan silahkan kirim pesan ke: PT. Karya Merapi Teknologi contact@kmtech.id Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri! YouTube:https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia Instagram:https://www.instagram.com/kmtek.indonesia

Facebook:https://www.facebook.com/kmtech.id LinkedIn:https://www.linkedin.com/company/kmtek

43 views0 comments

Recent Posts

See All