top of page
Search

Mengenal Apa Itu VLAN? Definisi Hingga Manfaatnya


VLAN_KMTek
Sumber: www.unitedworldtelecom.com

Jaringan komputer seperti jembatan yang menghubungkan banyak komputer dan perangkat elektronik lainnya. Bayangkan jika komputer adalah rumah-rumah kecil, dan jaringan adalah jalan raya yang menghubungkan mereka. Di dalam jaringan komputer, komputer bisa berbicara satu sama lain dan berbagi informasi seperti foto, video, atau pesan. Jadi, jika Anda ingin mengirim foto kepada teman Anda, jaringan komputer memungkinkan Anda untuk melakukannya. Ada berbagai jenis jaringan komputer. Beberapa adalah jaringan kecil yang hanya menghubungkan beberapa komputer di kantor atau di rumah, sedangkan yang lain adalah jaringan besar yang menghubungkan ribuan komputer di seluruh dunia, seperti internet. Jadi, intinya, jaringan komputer membuat komunikasi dan berbagi informasi menjadi lebih mudah dan cepat di antara komputer-komputer yang terhubung.VLAN atau Virtual Local Area Network adalah seperti membagi jalan raya besar menjadi beberapa jalan kecil yang berbeda. Bayangkan jika Anda memiliki jalan raya yang besar, lalu Anda membuat garis yang memisahkan bagian-bagian tertentu dari jalan tersebut. Dalam hal ini, VLAN memungkinkan kita untuk membuat beberapa kelompok komputer di dalam jaringan yang bisa berkomunikasi satu sama lain, tanpa harus terhubung langsung ke setiap komputer lainnya. Misalnya, dalam satu gedung, kita bisa memiliki beberapa VLAN yang berbeda untuk departemen yang berbeda seperti keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia. VLAN memungkinkan kita untuk membuat jaringan yang lebih teratur dan aman dengan membagi jaringan besar menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan terpisah.

 

A. Definisi VLAN

VLAN (Virtual Local Area Network) adalah sebuah teknologi dalam jaringan komputer yang memungkinkan untuk membagi atau mengelompokkan beberapa perangkat komputer ke dalam jaringan yang sama, meskipun mereka berada di lokasi yang berbeda. Dengan VLAN, kita dapat membuat beberapa jaringan virtual di dalam satu jaringan fisik, yang memungkinkan untuk mengatur dan mengelola lalu lintas data dengan lebih efisien serta meningkatkan keamanan jaringan.

 

B. Komponen-Komponen VLAN

1. Switch

Switch adalah perangkat utama dalam jaringan yang mengatur lalu lintas data antara perangkat-perangkat yang terhubung. Dalam VLAN, switch digunakan untuk mengatur komunikasi antara perangkat-perangkat yang tergabung dalam VLAN yang sama.

 

2. Port VLAN

Setiap port pada switch dapat dikonfigurasi untuk menjadi bagian dari satu atau lebih VLAN. Ini memungkinkan switch untuk mengarahkan lalu lintas data ke VLAN yang tepat berdasarkan port tempat perangkat terhubung.

 

3. Tag VLAN

Tag VLAN adalah informasi tambahan yang ditambahkan ke paket data untuk menandai keanggotaan VLAN dari paket tersebut. Ini memungkinkan switch untuk mengidentifikasi dan mengarahkan paket data ke VLAN yang sesuai.

 

4. Access VLAN

Access VLAN adalah VLAN yang ditugaskan ke setiap port pada switch. Ini menentukan keanggotaan VLAN default untuk perangkat yang terhubung ke port tersebut, kecuali ditentukan secara khusus.

 

5. Trunk VLAN

Trunk VLAN adalah koneksi yang digunakan untuk mengirimkan lalu lintas data antara switch-switch atau perangkat-perangkat yang terhubung ke beberapa VLAN. Ini memungkinkan lalu lintas data dari beberapa VLAN untuk dikirimkan melalui satu koneksi fisik.

 

C. Perbedaan antara VLAN dan LAN

1. VLAN (Virtual Local Area Network)

  • Merupakan jaringan virtual yang dibuat di dalam jaringan fisik yang ada.

  • Memungkinkan pembagian jaringan fisik menjadi beberapa jaringan virtual yang terpisah secara logis.

  • Memungkinkan perangkat-perangkat dalam VLAN yang sama berkomunikasi satu sama lain, meskipun berada di lokasi yang berbeda dalam jaringan fisik.

  • Menggunakan konfigurasi perangkat seperti switch untuk mengatur dan mengelola lalu lintas data antar-VLAN.

VLAN_KMTek
Sumber:indiepers.com

2. LAN (Local Area Network)

  • Merupakan jaringan fisik yang terdiri dari perangkat-perangkat yang terhubung langsung ke jaringan yang sama.

  • Semua perangkat dalam LAN berbagi alamat IP dan segmen jaringan yang sama.

  • Komunikasi antar-perangkat biasanya hanya terjadi di dalam satu jaringan fisik, dan perangkat di luar jaringan tersebut tidak dapat berkomunikasi langsung tanpa menggunakan perangkat tambahan seperti router.

   

D. Manfaat Penggunaan VLAN (Virtual Local Area Network)

1. Pemisahan dan Segmentasi

Teknologi ini memungkinkan satu jaringan fisik dibagi menjadi beberapa jaringan virtual yang terpisah, yang memisahkan data dan mengatur siapa yang bisa mengaksesnya.

  

2. Keamanan Tinggi

Meningkatkan keamanan jaringan dengan mengontrol akses antar-VLAN, mencegah akses tidak sah ke data sensitif.

 

3. Efisiensi Lalu Lintas

Mengoptimalkan penggunaan bandwidth dengan mengarahkan lalu lintas data ke VLAN yang tepat, mengurangi kebisingan dan memastikan kinerja jaringan yang optimal.

 

4. Skalabilitas dan Fleksibilitas

Memungkinkan penyesuaian jaringan dengan pertumbuhan perusahaan atau perubahan kebutuhan tanpa harus membangun infrastruktur jaringan fisik yang baru.

 

5. Manajemen yang Lebih Mudah

Memudahkan manajemen jaringan dengan memberikan kontrol yang lebih terperinci atas lalu lintas data dan konfigurasi perangkat, serta memfasilitasi pemeliharaan dan pemecahan masalah.


VLAN_KMTek
Sumber:id.linkedin.com

Secara keseluruhan, penggunaan VLAN (Virtual Local Area Network) memberikan berbagai manfaat penting dalam pengaturan jaringan komputer, termasuk pemisahan dan segmentasi jaringan untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi lalu lintas data, serta memberikan fleksibilitas dalam penyesuaian dengan pertumbuhan perusahaan atau perubahan kebutuhan. Dengan kontrol yang lebih baik atas akses dan lalu lintas data, serta kemudahan dalam manajemen, VLAN menjadi alat yang sangat berharga dalam mengelola jaringan modern. Nah, seperti itulah penjelasan mengenai apa itu VLAN (Virtual Local Area Network). Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!

 

PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!

 

Sumber:

 

57 views0 comments

Comments


bottom of page