top of page
Search

Membuat Proyek Smart Home Mini dengan NodeMCU: Kendali Lampu dan Suhu Ruangan melalui Aplikasi Blynk


Sumber: Naftali

Dalam era revolusi digital dan Internet of Things (IoT) yang semakin berkembang, konsep smart home atau rumah pintar menjadi sangat menarik. Menghubungkan berbagai perangkat di rumah melalui jaringan internet membuka peluang untuk mengontrolnya secara efisien dari jarak jauh. Dalam artikel KMTek kali ini, kita akan membahas langkah-langkah rinci untuk membuat proyek Smart Home Mini menggunakan NodeMCU, sebuah mikrokontroler berbasis ESP8266, yang memungkinkan kita untuk mengontrol lampu dan memantau suhu ruangan melalui aplikasi Blynk.


Pendahuluan

nodemcu
Sumber: www.flyrobo.in

NodeMCU adalah sebuah platform pengembangan yang populer dalam bidang Internet of Things (IoT) berbasis mikrokontroler ESP8266. Mikrokontroler ESP8266 sendiri merupakan sebuah chip WiFi yang kuat dan terjangkau, yang memungkinkan perangkat Anda terhubung ke jaringan internet dan berkomunikasi secara nirkabel.

NodeMCU merupakan papan pengembangan yang dirancang untuk memudahkan para pengembang dalam membuat proyek-proyek IoT. NodeMCU memiliki form factor yang mirip dengan papan Arduino, dengan penambahan modul WiFi ESP8266 yang terintegrasi. Hal ini membuatnya sangat cocok untuk membuat proyek-proyek seperti kendali jarak jauh, pemantauan lingkungan, automasi rumah, dan banyak lagi.

NodeMCU dapat digunakan dalam berbagai jenis proyek, mulai dari proyek sederhana hingga yang lebih kompleks. Salah satu contoh adalah proyek yang dijelaskan dalam artikel ini, di mana NodeMCU digunakan untuk mengendalikan lampu dan memantau suhu ruangan melalui aplikasi Blynk. Dengan fitur-fitur yang dimilikinya, NodeMCU memberikan peluang yang besar untuk menggabungkan dunia fisik dan digital dalam proyek-proyek kreatif dan bermanfaat.


Persiapan Awal

Sebelum memulai proyek, pastikan Anda memiliki semua bahan yang diperlukan di tangan. Berikut adalah daftar bahan yang dibutuhkan:


- NodeMCU (atau modul ESP8266)

- Breadboard dan kabel jumper

- Sensor suhu dan kelembaban DHT11 (atau DHT22)

- LED (beberapa buah)

- Resistor 220Ω

- Kabel USB untuk NodeMCU

- Smartphone (Android atau iOS) dengan koneksi internet

- Aplikasi Blynk (tersedia di Google Play Store atau App Store)


Merangkai Hardware

Langkah pertama adalah merangkai komponen-komponen hardware untuk proyek ini:

  • Sambungkan NodeMCU: Sambungkan NodeMCU ke breadboard menggunakan kabel jumper. Ini akan membantu dalam menghubungkan komponen lain dengan mudah.

  • Hubungkan LED: Sambungkan LED dengan menggunakan resistor 220Ω. Resistor ini akan melindungi LED dari arus berlebih dan kerusakan. Pastikan untuk menghubungkan kaki anode (kaki yang lebih panjang) LED ke ujung resistor yang tidak berwarna. Kaki katode (kaki yang lebih pendek) LED dihubungkan ke ground (GND) NodeMCU.

  • Sambungkan Sensor DHT11: Sambungkan sensor suhu dan kelembaban DHT11 ke breadboard. Pastikan untuk menghubungkan kaki VCC sensor ke pin 3.3V pada NodeMCU, kaki GND sensor ke ground (GND), dan kaki data sensor ke salah satu pin GPIO pada NodeMCU.


Konfigurasi Aplikasi Blynk

Sumber: iotdesignpro.com

Langkah selanjutnya adalah mengatur dan menggunakan aplikasi Blynk untuk mengendalikan proyek ini:

  • Daftar dan Buat Proyek Blynk: Unduh aplikasi Blynk dari toko aplikasi ponsel Anda dan daftar atau masuk jika sudah memiliki akun. Setelah masuk, buat proyek baru dengan mengetuk ikon "+" di sudut kanan atas.

  • Tambahkan Widget Button: Pada layar proyek yang baru dibuat, pilih widget "Button" (tombol) dengan mengetuknya. Tempatkan tombol ini di area proyek sesuai keinginan Anda. Setelah menambahkan tombol, Anda perlu mengkonfigurasinya.

  • Konfigurasi Widget Button: Tekan tombol yang telah Anda tambahkan untuk mengakses pengaturannya. Di sini, Anda dapat menetapkan pin output yang akan dikendalikan oleh tombol ini. Pilih pin GPIO yang akan mengendalikan LED (misalnya, GPIO2).


Menulis Kode NodeMCU

arduino
Sumber: peppe8o.com

Langkah berikutnya adalah menulis dan mengunggah kode ke NodeMCU agar dapat berkomunikasi dengan aplikasi Blynk dan komponen lainnya:

  • Instalasi Library: Buka Arduino IDE, pilih "Sketch" > "Include Library" > "Manage Libraries". Cari dan instal library "Blynk" dan "DHT Sensor" jika belum terpasang.

  • Koneksi WiFi dan Token Blynk: Di bagian atas kode, tentukan nama dan kata sandi jaringan WiFi Anda. Juga, masukkan token autentikasi Blynk yang diperoleh dari e-mail konfirmasi.

#define WIFI_SSID "nama_wifi_anda"
#define WIFI_PASS "password_wifi_anda"
#define AUTH_TOKEN "token_blynk_anda"
  • Inisialisasi Library dan Pin: Inisialisasi library Blynk dan sensor DHT. Tentukan pin yang digunakan untuk LED dan sensor DHT.

#include <ESP8266WiFi.h>
#include <BlynkSimpleEsp8266.h>
#include <DHT.h>

#define DHT_PIN  D4  // Pin untuk sensor DHT11
#define LED_PIN  D2  // Pin untuk LED
  • Koneksi ke WiFi: Di dalam fungsi 'setup()', sambungkan NodeMCU ke jaringan WiFi.

void setup() {
  Serial.begin(9600);
  Blynk.begin(AUTH_TOKEN, WIFI_SSID, WIFI_PASS);
}
  • Membaca Suhu dan Kelembaban: Di dalam loop utama, baca suhu dan kelembaban dari sensor DHT11.

void loop() {
  Blynk.run();
  
  float temperature = dht.readTemperature();
  float humidity = dht.readHumidity();
  
  // Kirim data suhu dan kelembaban ke Blynk
  Blynk.virtualWrite(V5, temperature);
  Blynk.virtualWrite(V6, humidity);
  
  delay(1000);
}
  • Mengontrol LED melalui Blynk: Tambahkan fungsi callback untuk mengendalikan LED menggunakan tombol di aplikasi Blynk.

BLYNK_WRITE(V0) {
  int ledValue = param.asInt();
  
  if (ledValue == 1) {
    digitalWrite(LED_PIN, HIGH);
  } else {
    digitalWrite(LED_PIN, LOW);
  }
}

Implementasi dan Uji Coba

Unggah Program ke NodeMCU: Hubungkan NodeMCU ke komputer melalui kabel USB. Pilih papan NodeMCU dan port yang sesuai di Arduino IDE, lalu unggah program yang telah Anda buat.

Pantau hasilnya dengan membuka serial monitor di Arduino IDE untuk melihat data suhu dan kelembapan yang dibaca dari sensor DHT11. Kendalikan lampu dengan membuka aplikasi Blynk di smartphone Anda, buka proyek yang telah Anda buat, dan coba kendalikan LED menggunakan tombol yang telah ditambahkan.


Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas langkah-langkah mendetail untuk membuat proyek Smart Home Mini menggunakan NodeMCU dan aplikasi Blynk. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memahami dasar-dasar pembuatan proyek IoT sederhana. Proyek ini dapat menjadi fondasi untuk eksplorasi lebih lanjut dalam pengembangan sistem smart home yang lebih kompleks dan efisien. Dengan pengetahuan yang lebih mendalam dan kreativitas yang tinggi, Anda dapat mengembangkan proyek ini menjadi solusi yang lebih canggih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi



Sumber:


53 views0 comments

Bình luận


bottom of page