Search

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrogaman C++, Fotran, HTML, & PHP

Updated: Mar 31


KMTek_Bahasa pemrograman komputer
Gambar 1. Jenis Bahasa Pemrograman

Sumber : INTIPHP.com


Mempelajari dan menguasai berbagai jenis bahasa pemrograman adalah mimpi dari semua software enginer. Akan tetapi, untuk bisa menguasai berbagai atau salah satu bahasa pemrograman, kita wajib tahu kekurangan dan kelebihan dari bahasa pemrograman yang akan kita pelajari. Tujuan daripada mengetahui kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman yaitu untuk mempermudah dalam proses pembelajaran. Untuk itu, mari simak artikel berikut ini.


A. Bahasa C++


KMTek_kelebihan dan kekurangan bahasa C++
Gambar 2. Bahasa C++

Sumber : Logique.co.id


Kelebihan

Kelebihan yang ada pada bahasa pemrograman jenis C++, yaitu tersedia di berbagai jenis komputer. Jadi, memudahkan para pengguna jika ingin membuat sketch dalam bentuk bahasa C++. Bahasa C++ juga menyediakan sedikit kata kunci supaya tidak membuat bingung programmer pemula. Kemudian, Bahasa C++ memiliki kode dengan portabilitas dan fleksibilitas yang tinggi, sehingga bisa digunakan disemua jenis komputer. Lalu ada beberapa keunggulan dari bahasa pemrograman C++ antara lain :


1. Proses eksekusi dari bahasa pemrograman C++ lebih cepat dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.

2. Memungkinkan pembuatan aplikasi makro karena, memiliki pustaka fungsi dan kelas yang banyak.

3. Kode pemrograman dari bahasa C++ bersifat reuseable, yang dapat digunakan Kembali pada projek lain dengan hanya menggunakan library.

4. Terstruktur, bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa yang terstruktur, dengan demikian menndukung OOP (Object Oriented Programming).


Kekurangan


Secara umum, bahasa pemrograman C++ dapat beresiko membingungkan programmer pemula karena adanya operator yang banyak serta fleksibilitas dari penulisan program. Selain itu, programmer pemula juga perlu beradaptasi dalam cara menggunakan pointer.


B. Bahasa Fortran


KMTek_Kelebihan dan kekurangan bahasa fortran
Gambar 3. Bahasa Fortran

Sumber : cx.apps.binus.ac.id


Kelebihan

Bahasa pemrograman fortran bisa menangani ekspresi matematika dan logika yang kompleks. Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, bahasa fortran lebih mudah untuk dimodifikasi.


Kekurangan

1. Pada bahasa pemrograman fortran ini tidak menangani operasi input dan output pada peralatan penyimpanan seefisien yang lain ketika levelnya lebih tinggi.

2. Bahasa fortran lebih sulit dibaca dan tidak mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa level tinggi.

3. Bahasa pemrograman fortran sendiri juga memiliki keterbatasan untuk mengekspresikan dan memproses data numerik.


C. Bahasa HTML


KMTek_kelebihan dan kekurangan bahasa HTML
Gambar 4. Bahasa HTML

Sumber : idcloudhost.com

Kelebihan

Ada bebrapa keunggulan yang ditawarkan oleh bahasa HTML, keunggulan tersebut bisa menjadikan bahasa HTML dijadikan sebuah kode sketch yang sangat berguna. Diantaranya adalah :


1. Bahasa HTML merupakan bahasa pengkodean yang lintas platform (close platform). Yang dimaksud bahasa pengkodean yaitu bahasa HTML dapat digunakan pada berbagai jenis mesin komputer yang berbeda serta berbagai macam sistem operasi.

2. Bahasa fortran bersifat fleksibel, karena bisa ditulis dengan menggunakan editor karakter ASCII.

3. Berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya, bahasa pemrograman HTML bisa disisipi gambar yang statis ataupun dinamis (animasi).

4. Bahasa HTML juga dapat disisipi gambar yang dijadikan hyperlink.

5. Bahasa HTML dapat disisipi animasi berupa java atlet ataupun file animasi dari macromedia flash.

6. Kelebihan lainnya dari bahasa pemrograman HTML adalah dapat disisipi bahasa pemrograman lainnya yang bisa memperindah halaman web, seperti javaScript, VBScript, Active Server Pages, Perl, PHP, TCL, dll.

7. Bahasa HTML bukan termasuk bahasa pemrograman. Jadi, tidak memerlukan compiler. Cara menjalankan bahasa HTML yaitu cukup dengan menggunakan browser.


Kekurangan

Merujuk pada kelebihan dari bahasa HTML, ada beberapa kekurangan dari bahasa tersebut antara lain :

bahasa HTML tidak bisa menghasilkan halaman yang dinamis, karena bahasa HTML hanya menghasilkan halaman yang statis. Jika ingin menghasilkan halaman yang dinamis harus menggunakan bantuan dari bahasa pemrograman lainnya yaitu seperti javascript, dll. Kemudian, bahasa HTML memiliki tag-tag yang banyak sehingga menyulitkan para pengguna yang awam.

Bahasa HTML juga tidak dapat menghasilkan halaman yang interaktif. Maksud dari interaktif yaitu client berinteraksi dengan server. Jadi, untuk menghasilkan halaman yang interaktif, HTML harus disisipi bahasa pemrograman lainnya. Contohnya bahasa Perl atau Tcl.


D. Bahasa PHP


KMTek_kelebihan dan kekurangan bahasa PHP
Gambar 5. Bahasa PHP

Sumber : Nasabamedia.com


Kelebihan

1. Open Source, bahasa PHP dapat disebut juga bahasa open source. Karena dapat digunakan di berbagai mesin seperti Linux, Unix, Macintosh, Windows.

2. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.

3. Web yang didukung oleh bahasa PHP dapat digunakan dimana-mana mulai dari Apache, IIS, List httpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relative mudah.

4. Bahasa PHP lebih mudah dikembangkan, karena banyaknya milis-milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.

5. Bahasa PHP dalam sisi pemahaman merupakan bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.


Kekurangan

Secara umum, bahasa PHP tidak ideal jika program akan dikembangkan ke skala yang lebih besar. Bahasa PHP tidak dapat memisahkan tampilan dengan baik. kemudian, bahasa PHP juga tidak memiliki sistem program yang berorientasi pada objek yang sesungguhnya. Kekurangan lainnya dari bahasa PHP antara lain :


1. Memiliki security yang lemah, apabila seorang programmer tidak jeli dalam melakukan program, maka akan terjadi isu PHP.

2. Kode yang terbilang mudah, jadi semua orang dapat memahami dari kode PHP.

3. Kompilasi dalam bahasa PHP hanya dapat dilakukan dengan tools yang mahal dari zenn.


Dengan banyaknya kelebihan yang dapat memberikan kemudahan kepada pengguna maka, tidak menutup kemungkinan ada kekurangan dari bahasa pemrograman yang ada. Kekurangan yang telah dijelaskan akan bisa menjadi pertimbangan seorang programmer dalam membuat sketch. Mengamankan program yang akan dibuat dan yang telah dibuat adalah hal utama dalam sebuat keamanan program.


Referensi :

PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!

YouTube: https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia

Instagram: https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/

Facebook: https://www.facebook.com/kmtech.id

LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/kmtek

122 views0 comments

Recent Posts

See All