top of page
Search

Jumpa KMTek di Hari UMKM Nasional 2023

Updated: Aug 16, 2023


Expo UMKM 2023 - KMTek
(Sumber Pribadi)

Yogyakarta, 15 Agustus 2023 - Hari UMKM Nasional diperingati setiap tanggal 12 Agustus. Tahun ini, peringatan hari UMKM Nasional diselenggarakan selama 4 hari sejak tanggal 10 Agustus hingga 13 Agustus. Acara ini diadakan di Surakarta, Jawa Tengah, lebih tepatnya Lapangan Pamedan Pura Mangkunegaran Kota Surakarta. Adapun peringatan hari UMKM Nasional diadakan bersamaan dengan UMKM Expo 2023 dan mengusung tema “Transformasi UMKM Masa Depan”. Kegiatan kali ini diharapkan membuat para peserta siap untuk menghadapi tantangan di masa depan, dan bertransformasi digital serta dapat memperluas jaringan pemasaran melalui e-commerce.

Dalam rangka untuk meningkatkan minat dan pengenalan terhadap teknologi saat ini, PT KMTek Indonesia mengikuti kegiatan UMKM Expo ini. Tim KMTek berangkat pada tanggal 10 Agustus pagi, sekitar pukul 06.00 WIB dengan titik pemberangkatan dari kantor KMTek di Jogja. Tim KMTek tiba di lokasi pada pukul 08.00 WIB. Sesampainya di lokasi, tim KMTek kemudian melakukan persiapan seperti menyiapkan media pameran dan berbenah peralatan yang dibawa dari kantor KMTek. Tim KMTek memanfaatkan Hotel Amarelo sebagai tempat untuk menginap, yang berlokasi di Jl Gatot Subroto No 89 - 103 Singosaren, Solo, Serengan, Solo, Jawa Tengah, Indonesia, 57151, kemudian dari hotel ke lokasi pameran, membutuhkan waktu sekitar 5-7 menit perjalanan. Tim KMTek mengikuti pameran hanya selama tiga hari mulai dari tanggal 10 Agustus hingga 12 Agustus, dengan membawa mikrokontroller Mappi32 versi terbaru.

Mappi32 - KMTek
(Sumber Pribadi)

PT KMTek mengikuti acara ini dengan penuh bangga mengenalkan berbagai inovasi teknologi yang dapat membantu kebutuhan masyarakat secara umum. Device yang dipamerkan oleh KMTek, juga cukup menarik perhatian dari dinas pemerintahan yang turut serta meramaikan acara ini. KMTek mendapatkan booth nomor 12 yang terletak di outdoor. Di booth KMTek terpampang mikrokontroller Mappi32. Nah, pada Expo kali ini, diikuti oleh berbagai penggiat usaha di berbagai bidang. Tidak hanya dari satu daerah saja, ada ramai partisipan yang turut memamerkan beragam jenis peranti dari daerahnya masing-masing. Banyak sekali jenis media pada Expo kali ini, mulai dari kuliner, fashion, teknologi, dan berbagai perlengkapan lain, yang sengaja diikutsertakan untuk mengenalkan dan mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

Selain acara utama, yaitu pameran berbagai jenis kegiatan usaha dari masyarakat, ada juga beragam acara menarik yang memeriahkan Hari UMKM Nasional kali ini. Penampilan yang apik dari berbagai musisi lokal Indonesia menyemarakkan dan cukup menghibur semua partisipan pada acara kali ini. Kegiatan yang diadakan selama 4 hari menampilkan musisi yang berbeda untuk memberikan suasana baru, di setiap harinya. Penampilan dari musisi ini diadakan pada malam hari, karena pada pagi hingga sore hari, diadakan pameran. Tim KMTek menyiapkan booth pada pukul 08.30 WIB, dan membuka booth pada pukul 09.00 WIB untuk mulai melakukan pameran dan promosi kepada setiap pengunjung. Kemudian, booth KMTek tutup pada pukul 21.00 WIB. Suasana di lokasi pameran sangat meriah, namun tetap tertib. Acara dimulai dengan pembukaan, kemudian pameran, dan dilanjutkan penampilan dari musisi lokal.

Mappi32 - KMTek
(Sumber Pribadi)

Selain dari masyarakat umum, ada juga jajaran kementerian lain yang turut meramaikan acara ini. Kesempatan bagi para penggiat usaha untuk menampilkan berbagai kegiatan usaha yang didirikan oleh masyarakat. Hal ini juga menjadi momen yang tepat bagi KMTek untuk kembali menambah relasi dengan jajaran pemerintahan, seperti Menteri Koperasi dan UMKM, Menteri PUPR, dan Dinas Pemerintahan yang lain. Selain itu, KMTek kembali membangun relasi yang lebih luas dengan masyarakat sekitar dalam pengenalan teknologi dalam lingkup yang lebih ramai. KMTek memiliki momen untuk berdiskusi dengan penggiat IoT dan Ilmu Teknologi, tentang inovasi teknologi yang dimanfaatkan untuk membantu kegiatan usaha masyarakat. Selain itu, KMTek juga berkesempatan untuk mengenalkan PT KMTek kepada Menteri Koperasi, Drs. Teten Masduki, dengan harapan supaya KMTek dapat dikenal dengan jangkauan yang lebih luas lagi. Kemudian, Tim KMTek juga berhasil mengenalkan Mappi32 kepada Menteri Koperasi.

Selain pengenalan dengan jajaran Menteri, KMTek juga bertukar ide dan gagasan dengan pemilik booth lain yang kebetulan menjaga stand dalam bidang teknologi. Pada kesempatan ini, ada banyak pelajaran dan informasi mengenai teknologi yang didapatkan oleh pihak KMTek terhadap produk dan kelengkapan yang digunakan dalam membangun device. PT KMTek berharap semoga acara pameran kali ini bisa menjadi salah satu ajang penyebaran perkembangan teknologi terhadap pemerintah, dan masyarakat umum yang masih asing terhadap inovasi teknologi. Nah, itulah sedikit cerita mengenai kegiatan Tim KMTek kali ini, semoga bermanfaat dan selamat berkarya! Ingin tahu lebih banyak mengenai cerita kami? Anda dapat mengunjungi kami di:


PT. Karya Merapi Teknologi



36 views0 comments

Comentarios


bottom of page