top of page
Search

Apa Itu Proxy? Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja Proxy

Updated: Jan 4

Proxy merupakan sistem yang bekerja sebagai perantara jaringan, di mana data pribadi menjadi lebih aman karena proxy akan mengubah alamat IP ketika pengguna mengakses sebuah website. Siapa sih, yang mau jika informasi pribadinya tersebar luas? Terlebih jika mengingat pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab akan memanfaatkannya. Maka dari itu, teknologi hadir untuk mencegah hal itu terjadi. Sebelum mengenal proxy lebih jauh, ada baiknya kita memahami pengertiannya terlebih dahulu.


Pengertian Proxy


Proxy server_KMTek
https://www.techsains.com/cara-mengetahui-komputer-sedang-menggunakan-server-proxy/20220530179

Proxy adalah sistem layanan jaringan yang menengahi pengguna atau seorang user dengan website yang diakses, sehingga data yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses website menggunakan IP address yang berbeda, bukan alamat IP pengguna. Agar dapat bekerja, proxy membutuhkan sebuah server yaitu proxy server. Layanan jaringan yang menyediakan proxy disebut proxy server. Proxy server dapat berupa komputer yang berfungsi untuk memproses permintaan menggunakan proxy. Pada praktiknya, proxy banyak digunakan oleh perusahaan dan bisnis yang juga bisa menggunakan proxy untuk membuat jaringan bisnis secara tertutup.


Cara Kerja Proxy


Cara kerja proxy_KMTek
https://blog.rumahweb.com/proxy-adalah/

Setiap komputer yang menggunakan internet, tentunya membutuhkan IP address untuk membantu proxy mengetahui ke mana data pengguna akan dikirim. Ketika kita melakukan request di mesin pencari atau mengakses website, proxy server akan langsung mengirimkan permintaan tersebut ke server website, mengambil respon dari server website, lalu mengantarkannya pada tampilan browser anda. Hebatnya, ketika meneruskan permintaan dari pengguna, proxy server akan mengubah alamat IP pengguna sehingga server website tidak mengetahui persis lokasi anda mengakses data, juga data anda aman karena bisa terenkripsi dan tidak dapat dibaca ketika melakukan transit. Selanjutnya, proxy juga mampu memilah bahkan memblokir akses ke halaman website tertentu berdasarkan alamat IP.


Manfaat Penggunaan Proxy


Berikut kami rangkum beberapa manfaat dari penggunaan proxy berdasarkan beberapa sumber.

1. Mengontrol penggunaan internet karyawan dan anak-anak

Beberapa organisasi atau perusahaan melarang karyawan mereka untuk mengakses beberapa website dengan alasan tertentu. Selain perusahaan, orang tua juga mampu memanfaatkan proxy untuk membatasi website apa saja yang aman diakses oleh anak-anak.

2. Menyimpan bandwith dan meningkatkan kecepatan

Mampu menyimpan cache adalah salah satu dari manfaat proxy. Manfaat tersebut mampu meningkatkan kecepatan website, karena proxy hanya perlu mengakses dari penyimpanan.

3. Privacy yang terjaga

Kemampuan proxy server dalam mengubah IP dan informasi pengguna tentunya membuat data-data pengguna yang sifatnya rahasia menjadi lebih aman.


Fungsi Penggunaan Proxy


1. Meningkatkan keamanan pengguna

Menggunakan proxy server sama saja dengan melakukan koneksi online secara anonim, karena server proxy akan menghalangi website untuk mencatat alamat IP asli pengguna sehingga yang terdeteksi oleh website adalah alamat IP server proxy.


2. Akses ke resources yang diblokir

Proxy server mampu membuat pengguna seakan-akan mengakses website dari belahan dunia lain, padahal sebenarnya berada di Indonesia. Ini karena konten yang diblokir memungkinkan untuk diakses oleh pengguna.


3. Pemantauan trafik

Proxy dapat digunakan untuk memonitoring apa saja yang diakses oleh pengguna internet, sehingga bagus untuk diterapkan pada lembaga pendidikan maupun perusahaan guna memantau penyalahgunaan internet.


Risiko Menggunakan Proxy

  • Tidak semua layanan proxy gratis itu aman

  • Ada proxy yang tidak dienskripsi

  • Log sejarah pencarian (browsing history)


Jenis-Jenis Proxy


1. Transparent proxy

Transparent proxy adalah proxy yang memberi tahu pada situs web bahwa dirinya adalah proxy server dan akan mengirimkan IP address pengguna, sehingga akses yang diminta akan diproses. Beberapa yang menggunakan proxy transparan adalah bisnis, perpustakaan umum, dan sekolah yang digunakan untuk memfilter konten karena sisi klien dan server lebih mudah dalam menyimpan data.


2. Anonymous proxy

Berbeda dengan transparent proxy, anonymous proxy tidak akan meneruskan alamat IP pengguna ke situs web, hanya saja anonymous proxy akan mengidentifikasi dirinya sebagai proxy. Dengan begitu, ini membantu pengguna menjaga keamanan dan kerahasiaan datanya.


3. Distorting proxy

Saat mengidentifikasi dirinya sebagai proxy, distorting proxy mampu memalsukan IP address. Melalui kemampuan ini, pengguna mampu mengubah lokasi akses dengan lokasi asli sehingga pengguna dapat mengakses konten yang diblokir.


4. High anonymity proxy

Di sini, lalu lintas yang dilakukan sangat sulit untuk dilacak karena high anonymity proxy akan mengubah alamat IP yang mereka berikan ke server web secara berkala. High anonymuty proxy adalah jenis proxy paling anonim dan aman untuk mengakses hampir semua konten di internet.


Cara Setting Proxy

Berikut ini merupakan cara setting proxy untuk Google Chrome dan Firefox

a. Klik menu ‘Customize and control Google Chrome’ dengan icon ( ፧ ), lalu pilih menu settings.

b. Klik menu Advance, pilih menu System. Lalu klik ‘open your computer’s proxy settings.


https://blog.rumahweb.com/proxy-adalah/

c. Ubah status “use a proxy server” menjadi On untuk mengaktifkan, lalu isi alamat pewali yang anda gunakan beserta portnya.


https://blog.rumahweb.com/proxy-adalah/

d. Klik tombol save

e. Pastikan bahwa proxy sudah berjalan. Untuk memastikan dapat dilakukan melalui alamat website proxy checker.


Itulah tadi merupakan penjelasan mengenai pengertian, jenis, serta cara kerja proxy yang dilansir dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.


PT. Karya Merapi Teknologi

contact@kmtech.id




Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri! YouTube:https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia Instagram:https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/ Facebook:https://www.facebook.com/kmtech.id LinkedIn:https://www.linkedin.com/company/kmtek




Sumber:

https://www.dewaweb.com/blog/proxy-panduan-lengkap/

https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-proxy#:~:text=Proxy%20adalah%20sebuah%20sistem%20yang,aman%20saat%20mengakses%20sebuah%20website.

https://ezy.co.id/proxy-server/

https://blog.rumahweb.com/proxy-adalah/





49 views3 comments
bottom of page