top of page
Search

Apa itu Framework dan Mengapa Penting dalam Pengembangan Perangkat Lunak?



Framework - KMTek
Sumber: ( Telkom University )

Pengembangan perangkat lunak adalah proses yang kompleks dan melibatkan berbagai langkah, mulai dari perencanaan hingga implementasi. Untuk memudahkan dan mempercepat proses ini, pengembang perangkat lunak sering kali menggunakan apa yang disebut sebagai "framework" atau kerangka kerja. Dalam pengembangan perangkat lunak, framework merupakan salah satu elemen penting yang sering digunakan oleh para pengembang. Framework menyediakan struktur dan dukungan bagi pengembangan aplikasi, sehingga dapat membantu mempercepat dan mempermudah proses pengembangan. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan framework, dan mengapa peranannya sangat penting dalam dunia pengembangan perangkat lunak? Nah, pada artikel KMTek kali ini, kita akan belajar bersama mengenai apa itu framework.


Pengertian Framework

Framework dapat diartikan sebagai kerangka kerja atau struktur yang sudah disiapkan sebelumnya untuk memudahkan pengembangan perangkat lunak. Ini berupa kumpulan alat, aturan, dan konvensi yang membantu pengembang untuk merancang, membangun, dan mengelola proyek perangkat lunak. Framework memberikan fondasi yang kokoh dan standar, sehingga pengembang dapat fokus pada logika bisnis dan fitur unik proyek mereka tanpa harus memulai dari awal setiap kali. Framework biasanya menyediakan fungsionalitas dasar yang dibutuhkan oleh banyak aplikasi, seperti manajemen sesi, keamanan, routing, validasi input, dan lain sebagainya.

Sebagai analogi, bayangkan Anda ingin membangun sebuah rumah. Anda bisa memilih untuk merancang dan membangun setiap elemen dari awal, mulai dari pondasi hingga atap. Namun, menggunakan kerangka kerja akan seperti memiliki cetak biru (blueprint) yang sudah ada, memberi Anda struktur dasar untuk bekerja dan memastikan bahwa rumah Anda terdiri dari elemen-elemen esensial.


Komponen-komponen Framework

framework - KMTek
Sumber: ( Alterra Academy )

Sebuah framework umumnya terdiri dari beberapa komponen kunci yang membentuk fondasi pengembangan perangkat lunak:


1. Libraries atau pustaka: Libraries adalah kumpulan modul atau fungsi yang telah ditulis sebelumnya. Pustaka ini menyediakan berbagai alat dan fungsionalitas yang dapat digunakan pengembang untuk tugas-tugas umum tanpa perlu menulis ulang kode. Kumpulan kode yang telah ditulis sebelumnya yang dapat digunakan kembali untuk tugas umum. Ini memungkinkan pengembang menghemat waktu dan usaha dengan tidak perlu menulis ulang kode yang sama.

2. Template (Templat): Struktur dasar atau kerangka dasar untuk membangun tampilan halaman atau komponen. Ini membantu dalam menjaga konsistensi antara berbagai bagian proyek. Ini memungkinkan pengembang untuk memisahkan logika bisnis dari presentasi, membuat pengembangan antarmuka lebih terstruktur.

3. Utilities (Utilitas): Utilitas adalah fungsi-fungsi bantu yang menyediakan fungsionalitas tambahan, seperti penanganan input pengguna, manajemen file, dan operasi umum lainnya. Ini mempercepat pengembangan dengan menyediakan alat bantu yang umumnya dibutuhkan. Utilitas membantu menghemat waktu pengembang dengan menyediakan alat-alat yang sering digunakan.

4. Architectural Patterns (Pola Arsitektur): Kerangka kerja sering kali mendefinisikan pola arsitektur yang memandu bagaimana komponen-komponen perangkat lunak seharusnya berinteraksi. Ini membantu dalam merancang sistem yang terstruktur dan mudah dimengerti. Untuk mempermudah interaksi dengan database, framework menyediakan lapisan abstraksi yang memungkinkan pengembang berinteraksi dengan berbagai jenis database tanpa perlu khawatir tentang detail implementasi.


Mengapa Framework Penting?

framework - KMTek
Sumber: ( fikti.umsu.ac.id )

1. Efisiensi Pengembangan

Menggunakan framework mempercepat siklus pengembangan dengan menyediakan solusi untuk tugas-tugas umum. Pengembang tidak perlu menghabiskan waktu untuk menulis kode dasar yang sama berulang-ulang, melainkan dapat fokus pada pengembangan fitur yang unik dan kompleks.

2. Konsistensi

Framework membantu dalam menjaga konsistensi di seluruh proyek. Dengan menyediakan template dan aturan baku, semua bagian dari perangkat lunak memiliki tampilan dan perilaku yang seragam, membuat pengguna lebih mudah untuk beradaptasi dan memahami sistem.

3. Pemeliharaan yang Mudah

Ketika menggunakan framework, pemeliharaan perangkat lunak menjadi lebih mudah. Jika ada pembaruan atau perubahan yang diperlukan, pengembang hanya perlu berfokus pada bagian-bagian tertentu tanpa harus memeriksa setiap aspek proyek.

4. Kepatuhan Standar

Framework umumnya dibangun dengan mengikuti praktik-praktik terbaik industri dan standar pengembangan perangkat lunak. Ini memastikan bahwa proyek mengikuti pedoman yang telah terbukti, meningkatkan kualitas dan keamanan perangkat lunak.

5. Pengelolaan Kesalahan yang Lebih Baik

Framework sering kali menyediakan alat bantu untuk mengelola kesalahan, termasuk pemecahan masalah dan pelaporan kesalahan yang lebih baik. Ini memudahkan pengembang dalam menemukan, memahami, dan memperbaiki bug.


Jenis-jenis Framework

Terdapat berbagai jenis framework yang dikembangkan untuk kebutuhan dan bahasa pemrograman yang berbeda. Beberapa contoh framework yang populer termasuk:

1. Web Framework: Seperti Django untuk Python, Ruby on Rails untuk Ruby, dan Laravel untuk PHP. Mereka dirancang khusus untuk membangun aplikasi web.

2. Front-end Framework: Seperti React, Angular, dan Vue.js. Mereka fokus pada pengembangan antarmuka pengguna di sisi klien.

3. Mobile Framework: Seperti Flutter untuk pengembangan aplikasi seluler lintas platform, dan React Native untuk membangun aplikasi seluler menggunakan JavaScript dan React.

4. Desktop Framework: Seperti Electron, yang memungkinkan pengembangan aplikasi desktop lintas platform menggunakan teknologi web.


Framework adalah komponen integral dalam pengembangan perangkat lunak modern. Mereka membantu dalam meningkatkan efisiensi, konsistensi, dan pemeliharaan perangkat lunak. Dengan menyediakan fondasi yang kokoh, framework memungkinkan pengembang untuk fokus pada inovasi dan fitur unik, sambil tetap mengikuti praktik-praktik terbaik industri. Oleh karena itu, memahami dan menguasai penggunaan framework merupakan keterampilan yang sangat penting dalam dunia pengembangan perangkat lunak yang terus berkembang. Nah, itulah penjelasan mengenai framewrok, semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!



Sumber:

50 views0 comments

Comments


bottom of page