Search

7 Tips yang Bisa Kamu Coba Saat Belajar Pemrograman

Bener ngga sih, belajar pemrograman itu sulit?

Memang, untuk menguasainya tidak semudah membalik telapak tangan. Tetapi, dengan mengikuti panduan yang benar dan rajin praktik, jago di bidang pemrograman itu bukan hal yang mustahil kok. Bill Gates, pendiri Microsoft atau Steve Wozniak co-founder Apple adalah orang yang terbilang sangat sukses di dunia programming, meskipun mereka belajar coding secara otodidak. Belum lagi, sebuah survey mengatakan bahwa 69% dari 50 ribu programmer di dunia belajar secara mandiri, lho.


Nah, pada kesempatan kali ini KMPedia akan berbagi beberapa tips belajar pemrograman dasar. Pastikan kamu sudah memutuskan akan belajar pemrograman yang mana dulu ya. Yuk, mulai !


1. Pahami istilah baru dalam pemrograman


programming -KMTek
sumber : freepik.com

Saat awal-awal belajar pemrograman, kita akan banyak menemukan istilah baru. Seperti : Source Code, Compiler, API, IDE, Framework, Library, Agile, Bug, AJAX, CSS dan lain sebagainya. Segera cari tau di Google atau tanya teman dan guru kamu ya.


2. Perbanyak praktik


programming -KMTek
sumber : freepik.com

Belajar pemrograman atau coding harus diimbangi praktik juga lho, bukan hanya menghafal saja. Untungnya, belajar pemrograman tidak sama seperti belajar bahasa alami yang harus berbicara, mendengarkan, menulis dan membaca. Dalam pemrograman kita hanya perlu menulis dan membaca saja. Tulis kode mu sendiri dan belajar memahami kode milik orang lain.


3. Gunakan modul dan tutorial yang lengkap


programming -KMTek
sumber : freepik.com

Jika kamu belajar melalui internet, pastikan tutorialnya lengkap dan tidak setengah-setengah pembahasannya. Tetapi belajar melalui buku atau modul masih menjadi salah satu cara yang terbaik. Sebab, pembahasannya jauh lebih lengkap. Modul yang lengkap biasanya tersetruktur dari bab ke bab. Kenpa sih harus lengkap dan tersetruktur? Supaya kamu bisa mengikuti tips yang ke 4.


4. Jadwal Belajar


programming -KMTek
sumber : freepik.com

Jadwal akan membuat kamu melakukannya secara rutin dan menjadi kebiasaan. Sediakan waktu setidaknya 1 sampai 2 jam untuk belajar coding. Saat jam tersebut, kamu harus fokus dan jangan lakukan hal yang lain seperti scroll Tik Tok, FB, Email, Twitter dan lain sebagainya. Sebab, hal tersebut dapat menganggu konsentrasi kamu. Kamu dapat memanfaatkan Google Calendar untuk membuat reminder atau pengingat harian, dan merekapnya dengan aplikasi Habits Tracker. Biar kelihatan nih, ada bolong nya atau tidak.


5. Perbanyak teman dan mentor


programming -KMTek
sumber : freepik.com

Belajar sendiri pasti ngebosenin. Coba ajak beberapa teman kamu untuk belajar hal yang sama, atau mungkin teman kamu sudah belajar lebih dulu, kamu bisa menjadikan dia mentor. Mentor dapat kamu manfaatkan untuk meminta saran, bantuan, dan berdiskusi tentang problem yang sedang kamu alami selama belajar.


6. Seimbangkan passive dan active learning


programming -KMTek
sumber : freepik.com

Pada proses belajar pemrograman, ada dua metode yang bisa kamu coba. Passive learning adalah belajar pemrograman dengan cara teori atau membaca atau menonton tutorial. Sedangkan active learning adalah belajar pemrograman dengan mempraktikannya langsung. Nah, kunci belajar pemrograman yang efektif adalah menyeimbangkan keduanya. Alih-alih hanya fokus ke satu metode saja. Kenapa gitu? Jika hanya belajar teori, kamu akan kesulitan mempraktikannya dan begitupun sebaliknya, jika langsung praktik tanpa teori kamu akan kesulitan dan memperlambat proses belajar kamu.


7. Jelaskan ulang yang sudah dipelajari


programming -KMTek
sumber : freepik.com

Menurut penelitian, menjelaskan ulang yang telah di pelajari termasuk cara belajar efektif, lho. Karena bisa dikatakan kamu menggunakan dua prespektif berbeda dalam satu kali belajar. Oleh sebab itu, coba jelaskan ulang materi pemrograman yang sudah kamu pelajari ke orang lain. Kamu tidak perlu menjelaskan secara verbal layaknya guru didepan kelas. Kamu bisa menuliskannya di blog, jurnal, Quora, Medium, Kaskus atau media sosial kamu. Kamu juga tidak perlu menjelaskan semuanya dari awal sampai akhir. Justru sebaliknya, kamu hanya perlu menjelaskan per topik pembahasan, per langkah atau per masalah supaya tidak terlalu banyak dan cepat lupa.


Nah, itu tadi merupakan 7 tips dari KMPedia untuk membantu kamu belajar pemrograman. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan belajar pemrograman kamu semakin lancar, ya! Bersiaplah untuk menjadi the next Bill Gates atau the next Steve Wozniak dengan menciptakan program yang membantu banyak orang. See you di artikel selanjutnya, selamat berkarya!.


Referensi :

https://www.petanikode.com/tips-belajar-pemrograman/

https://www.niagahoster.co.id/blog/belajar-pemrograman/


Follow us :

YouTube:https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia Instagram:https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/ Facebook:https://www.facebook.com/kmtech.id LinkedIn:https://www.linkedin.com/company/kmtek


14 views0 comments

Recent Posts

See All