Search

6 Aplikasi Coding untuk Perangkat Android Gratis!

Di era digital seperti sekarang ini, istilah coding mungkin bukan hal yang terdengar asing lagi bagi kita. Lalu apa yang dimaksud dengan coding? Coding adalah proses atau kegiatan pengolahan kode yang kita tulis menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu. Selama ini kita membuat atau menulis coding hanya dilakukan melalui laptop atau perangkat komputer. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi kini kita bisa melakukan penulisan coding melalui perangkat smartphone.

Bagi kalian yang merupakan seorang programmer atau baru ingin belajar coding namun tidak mempunyai alat yang memadai, sekarang kita sudah bisa untuk coding meski hanya menggunakan smartphone. Melalui Google Play Store, kita bisa menemukan banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menulis coding. Berikut adalah beberapa jenis aplikasi coding untuk smartphone yang bisa kalian gunakan. Apa saja? Simak penjelasannya ya!


KMTek_Aplikasi Coding di Android
Gambar 1. Aplikasi Coding di Android

Sumber: towardsdatascience.com

1. Dcoder

Dcoder adalah aplikasi android yang dibuat khusus untuk melakukan pemrograman berbasis mobile programming. Aplikasi coding gratis ini menyediakan fitur latihan coding dalam beberapa bahasa pemrograman ternama seperti HTML, Java, PHP, Pascal, dan lain-lain. Pada Dcoder ini total ada sebanyak 33 bahasa pemrograman yang support dengan aplikasi ini. Dcoder juga memberikan fitur pembelajaran pemograman paket lengkap dan mudah untuk dipelajari. Jadi mungkin untuk kita dapat mempelajari dan memahami bahasa pemrograman dari C ke Ruby. Dcoder sangat cocok digunakan untuk para pemula yang ingin belajar tentang coding dan bahasa pemrograman.



2. AnWriter Free

AnWriter merupakan aplikasi android untuk coding yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan para web programmer. Di aplikasi ini kita dapat membuat kode program untuk web seperti, html, css, javascript, dan php. Selain web, editor ini juga mendukung sintaks untuk C / C ++, Java, SQL, Python, LaTeX. Jadi, bisa dikatakan bahwa aplikasi AnWriter ini mampu menghadirkan akses yang lebih komplit kepada penggunanya. Ditambah lagi, kita tidak perlu membutuhkan ruang penyimpanan yang besar karena aplikasi ini sangat kecil ukurannya.



3. AIDE

Jika kalian ingin mengembangkan berbagai macam aplikasi Android hanya dengan menggunakan perangkat smartphone saja, maka AIDE adalah aplikasi yang cocok untuk kalian coba. AIDE merupakan aplikasi android yang berisi code editor untuk membuat aplikasi android berbasis java dan C++ dan dapat kita akses secara offline. AIDE juga memiliki fitur yang menarik, yaitu ketika kita sedang menjalankan program kemudian terjadi error, maka aplikasi coding ini akan menunjukkan dimana letak kesalahan kita. Dengan menggunakan AIDE kita dapat lebih mudah membuat aplikasi android dan bisa dilakukan dimanapun.



4. Code Peeker

Aplikasi selanjutnya adalah Code Peeker, aplikasi ini sangat menarik untuk dicoba bagi kalian yang ingin mempelajari bagaimana mengatasi sebuah permasalahan dalam coding. Beberapa opsi syntax akan ditampilkan dalam aplikasi ini, lalu aplikasi satu ini juga dapat memberikan solusi yang cukup banyak mengenai kejadian error yang sering terjadi ketika melakukan coding.


5. Buku Pemrograman atau Belajar HTML

Solusi aplikasi coding untuk kalian yang masih belum menguasai bahasa pemrograman web, ya betul Buku Pemrograman atau Belajar HTML yang dapat kalian install secara gratis di perangkat Android. Aplikasi karya anak bangsa ini berisi tentang penjelasan dan ilmu mengenai web programming dengan menggunakan bahasa Indonesia, sehingga mempermudah kita dalam mempelajarinya. Di dalam aplikasi ini kalian dapat belajar berbagai bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, PHP, dan JavaScript. Selain itu, kalian juga dapat mempelajari pemecahan beberapa studi kasus, seperti pembuatan website beserta sumber kodenya. Maka dari itu, aplikasi belajar HTML akan sangat membantu kalian dalam mempelajari bahasa pemrograman.



6. Quoda

Tak kalah dengan beberapa aplikasi code editor yang sudah kita bahas sebelumnya, aplikasi Quoda ini juga mampu mendukung beberapa bahasa pemrograman misalnya saja JavaScript, C++, PHP, dan masih banyak lagi. Lalu, fitur penyimpanan file Quoda ini sudah mempunyai SFTP server dan juga memiliki akses cloud storage yang telah terintegrasi. Dengan fitur tersebut maka file yang kalian simpan dengan aplikasi ini terjamin keamanan dan kemudahannya ketika ingin mengaksesnya kembali. Selain itu, kalian para pengguna aplikasi Quoda juga dapat menggunakan beberapa fitur lainnya, contohnya saja auto-encoding, brace matching, URL source code downloading, HTML formating, line bookmarking, dan ada pula color picking di sebuah aplikasi Android.



Nah, itulah beberapa aplikasi coding untuk perangkat Android yang dapat kalian coba. Kalian bisa memilih aplikasi mana yang sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Semangat terus untuk kalian yang tengah belajar bahasa pemrograman, dengan tekad yang kuat kalian pasti bisa!


Referensi:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, Jika ada saran, kritik maupun pertanyaan silahkan kirim pesan ke:

PT. Karya Merapi Teknologi

contact@kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri! YouTube:https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia Instagram:https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/ Facebook:https://www.facebook.com/kmtech.id LinkedIn:https://www.linkedin.com/company/kmtek



459 views0 comments

Recent Posts

See All