Search

5 Tipe Data yang Sering Digunakan Pada Arduino

Updated: Oct 7





Mengapa kita harus memilih tipe data pada saat memprogram Arduino?. Perlu kalian ketahui bahwa setiap komponen Arduino memiliki kapasitas memori. Pada projek sederhana tipe data tidak terlalu berpengaruh, akan tetapi pada projek besar hal ini sangat berpengaruh. Berikut merupakan berbagai tipe data yang sering digunakan dalam pemrograman Arduino :


1. Char

Char merupakan tipe data yang digunakan untuk membuat simbol data yang hanya terdiri dari 1 sampai 3 karakter saja. Penggunaan tipe data char pada Arduino IDE yaitu untuk membuat beberapa simbol program. Salah satu contohnya adalah membuat simbol perintah input dan output untuk menjalankan program yang kita buat. Contoh penulisan char yaitu,


char data = 0;

Fungsi char dapat menetapkan data dengan bilangan konstan yang diinginkan dan bersifat tetap. Singkatnya yaitu untuk menetapkan jumlah simbol data dalam program.


2. Void

Tipe data void sebenarnya tidak memiliki jumlah nilai, artinya jika kita menggunakan suatu fungsi tipe data void maka fungsi tersebut tidak memiliki nilai kembali atau (return value). Fungsi loop dan void setup tidak memiliki nilai kembali, artinya setelah statement terakhir running pada kedua fungsi tersebut keduanya tidak memiliki nilai. Contoh penulisannya adalah sebagai berikut :


void main(){
    //...
}

3. Integer

Integer merupakan tipe data yang digunakan untuk membuat variabel yang berbentuk angka (bilangan bulat). Rentang atau jaraknya adalah dari -32.768 sampai 32.768. Jika kalian ingin membuat variabel dengan angka yang tidak kurang dari -32.768 dan tidak lebih dari 32.768 maka kalian dapat menggunakan tipe data integer. Tipe data integer memiliki kapasitas dalam mikrokontroler sebesar 2 byte. Penulisan pada Arduino IDE yaitu : int nilai; (variabel harus diawali huruf), dapat juga ditulis dengan menetapkan nilai variabel integer yaitu


int nilai = 368;

Integer juga seringkali digunakan sebagai penetapan atau penentuan pin yang kita gunakan pada board Arduino, contohnya :


int led1Pin = 2;

Penggunaan variabel pada integer juga dapat menetapkan dan membatasi nilai dari sensor yang digunakan pada sistem atau perangkat, dan dapat digunakan pada sensor Analog maupun sensor Digital. Cara penulisannya adalah sebagai berikut :


int analogSensor1 = A0;

Jika nilai pada sensor tidak sesuai dengan ketentuan tipe data integer maka secara otomatis mikrokontroler tidak akan membaca variabel dan perintah tidak akan dijalankan.


4. Long

Long merupakan tipe data yang dapat menampung ukuran data yang ukurannya terbilang basar dalam Arduino, yaitu 4 byte. Tipe data ini mengolah angka hingga -2,147,483,648 sampai 2,147,483,647. Jika kalian hanya ingin menggunakan variabel angka yang kurang dari angka -2.147.483.648, dan tidak lebih dari 2.147.483.648 maka kalian harus menggunakan tipe data long.Penulisan pada arduino IDE yaitu, long nilai; (variabel harus diawali dengan huruf). Cara penulisannya adalah sebagai berikut :


int Long = 2.786.368;

Fungsi tipe data ini tidak jauh berbeda dengan tipe data integer, hanya jumlah kapasitas memori yang digunakan dan juga rentangnya lebih besar. Tipe data long akan digunakan jika menggunakan data yang rentangnya besar seperti pengaturan waktu untuk penyimpanan data pada mikrokontroler.


5. Float

Float merupakan tipe data yang digunakan untuk membuat variable dalam berbentuk angka (bilangan real atau desimal). Jarak dari tipe data float adalah dari -3,4028235 x 10^38 sampai 3,4028235 x 10^38. Jika kalian ingin menggunakan variabel angka yang tidak kurang dari angka tersebut maka harus menggunakan tipe data float. Float menggunakan memori dalam mikrokontroler dengan kapasitas 4 byte. Penulisan pada arduino IDE yaitu float nilai; (variabel harus diawali dengan huruf), atau dapat ditulis juga dengan menetapkan nilai variabel float yaitu :


 float nilai = 36,8;

Jika kalian ingin membuat variabel angka yang kurang dari angka tersebut maka akan digunakan tipe data Double, akan tetapi untuk tipe inijarang digunakan karena rentang dari tipe data float sudah mencakupi untuk kebutuhan variabel angka dalam program arduino IDE.



Referensi :

https://www.elcreativeacademy.com/2019/10/pengenalan-tipe-data-bagian1.html

http://pauzan.com/tipe-data-c-arduino/

https://www.petanikode.com/c-variabel/

https://fadlur.com/blog/tipe-data-variabel-dalam-bahasa-pemrograman-java


Follow us :

YouTube:https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia Instagram:https://www.instagram.com/kmtek.indonesia

Facebook:https://www.facebook.com/kmtech.id LinkedIn:https://www.linkedin.com/company/kmtek

36 views0 comments

Recent Posts

See All