Search

Pengertian, Jenis-jenis, Tipe & Perkembangan Bahasa Pemrograman Komputer

Updated: Mar 11


KMTek_bahasa pemrogaman
Gambar 1. Bahasa Pemrogaman Komputer

Sumber : qwords.com


Bukankah kalian pernah mendengar kata bahasa pemrograman? Sama seperti manusia, komputer juga memerlukan bahasa dalam berkomunikasi. Namun, bahasa pemrograman bukan berarti yang sering diucapkan oleh manusia pada umumnya, tetapi bahasa pemrogaman adalah bahasa yang digunakan oleh programmer dalam membuat, mengedit, dan menulis syntak suatu program. Lalu apa yang dimaksud dengan bahasa pemrogaman?


Pengertian Bahasa Pemrogaman, Program, & Coding

KMTek_pemrogaman prosedural
Gambar 2. Pemrogaman

Sumber : jurnalweb.com


Bahasa pemrograman adalah alat dalam bentuk notasi yang digunakan untuk membuat suatu program. Sedangkan pengertian program menurut P.Insan Santoso yaitu kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa, sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. Contoh hasil dari pemrogram yang sering kita gunakan yaitu kalkulator. Kalkulator tersusun atas beberapa program. Program yang disusun dalam membuat suatu projek sering kali disebut dengan kata coding. Apa itu coding?

Coding adalah proses penulisan sintaks pembuatan program menggunakan bahasa pemrograman. Kemudian, dalam hal menyusun software dengan program dinamakan dengan pemrograman.

Pemrograman adalah seluruh kegiatan atau aktifitas pembuatan suatu program mulai dari perencanaan, eksekusi, implementasi, testing, dan evaluasi. Orang yang membuat program disebut sebagai programmer.


Pengertian Compiler dan Interpreter

Ketika seorang programmer menjalankan kode program yang telah dibuat, maka akan terjadi proses konversi. Pada proses konversi dibedakan menjadi dua, yaitu compile dan Interpret.

1. Compiler

Compiler adalah suatu program yang menterjemahkan bahasa program (source code) ke dalam bahasa objek (object code). Compiler menggabungkan ke seluruh bahasa program dan dikumpulkan kemudian disusun kembali.

2. Interpreter

Interpreter memiliki fungsi yang sama dengan compiler, hanya saja untuk interpreter mengekseskusi perintah tiap baris. Eksekusi perintah tersebut tidak menyeluruh seperti compiler. Jadi, prosesnya cenderung lebih lambat dan keamanannya kurang terjamin.


Perkembangan Bahasa Pemrograman


KMTek_pemrogaman prosedural
Gambar 3. Perkembangan Bahasa Pemrogaman

Sumber : lancangkkuning.com


1. Bahasa tingkat rendah atau bahasa mesin

Bahasa mesin sering disebut-sebut sebagai bahasa yang sulit dipahami oleh manusia. Bahasa tingkat rendah sendiri hanya bisa dipahami oleh mesin. Contoh dari bahasa mesin yaitu 111000011, 100100111,…,dst.

2. Bahasa assembly

Bahasa assembly atau bahasa rakitan (assembly language) merupakan notasi untuk menyajikan bahasa mesin yang lebih mudah dibaca dan dipahami oleh manusia. Contoh bahasa rakitan yaitu MOV AX 111 to AX 1101.

3. Bahasa tingkat tinggi

Bahasa pemrograman tingkat tinggi yaitu bahasa yang lebih dekat dengan manusia. Kelebihan utama bahasa ini adalah mudah dibaca, ditulis, dan mudah untuk diperbarui. Contohnya : IF nilai andi 200 then andi paling jenius.

4. Bahasa SQL (Structured Query Language),

Bahasa SQL biasanya untuk mengakses database. Bahasa SQL ini semakin mudah dipahami oleh manusia.


Tipe-tipe Pemrograman

1. Terstruktur

Yang dimaksud dari terstruktur yaitu program harus berurutan dan terstruktur, program dapat dibagi-bagi menjadi prosedur dan fungsi. Contoh dari tipe pemrograman terstruktur yaitu bahasa pemrograman pascal dan bahasa C.

2. Prosedural dan terstruktural

Prosedural berasal dari bahasa prosedur yang berarti kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan. Prosedural dan terstruktural yaitu pemrograman yang berdasarkan urutan-urutannya. Ketika memrogram menggunakan tipe prosedural dan terstruktural harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah.

3. Fungsional

Dikatakan tipe pemrograman fungsional yaitu harus berdasarkan teori fungsi matematika. Fungsi tersebut merupakan dasar utama dari sebuah program.

4. Modular

Tipe pemrograman modular membentuk banyak modul. Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri. Tipe pemrograman modular merupakan sebuah program yang dapat berkumpul menjadi sebuah modul – modul.

5. OOP (Object Oriented Programming)

OOP merupakan pemrograman yang berdasarkan prinsip object, dimana object memiliki data atau variable atau property dan method prosedur yang dapat manipulasi. Contoh dari tipe pemrogaman OOP adalah bahasa C ++, object pascal, dan java.

6. Berorientasi fungsi

Yang dimaksud dengan berorientasi fungsi adalah pemrograman yang berfokus pada suatu fungsi tertentu saja, ini sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman. Contoh dari beroreintasi fungsi adalah SQL (structured query language), HTML, XML, dll.


Jenis-jenis Bahasa Pemrograman


KMTek_jenis-jenis bahasa pemrogaman
Gambar 4. Jenis-jenis Bahasa Pemrogaman

Sumber : accurate.id

1. Bahasa Java

Bahasa pemrograman java dapat dijalankan di berbagai platform baik melalui PC, maupun perangkat mobile. Salah satu kelebihan dari bahasa java adalah OOP (Object Oriented Programming) yang artinya semua aspek di java adalah objek. Hal tersebut sangat memudahkan programmer untuk mendesain, membuat, dan mengalokasikan kesalahan sebuah program dengan basis java secara cepat, tepat, mudah, dan terorganisir.

2. Bahasa Pascal

Bahasa pemrograman pascal memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fugsi-fungsi kecil (procedure and function) yang dapat digunakan berulang-ulang. Memiliki struktur yang sederhana dan mendekati bahasa manusia. Bahasa pemrogaman pascal juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrogaman bagi tim nasional olimpiade komputer Indonesia.

3. Bahasa Delphi

Bahasa delphi mempunya desain yang user friendly terhadap para programmer beginner. Mempunyai aplikasi plugin database bawaan (BDE) serta memiliki kecepatan kompilasi yang baik.

4. Bahasa C

Program dalam bahasa C dapat dieksekusi di mesin komputer sendiri melalui web. Bahasa pemrogaman C memiliki sekumpulan perintah yang sama dengan C++ dan memberi tahu dimana letak kesalahan kita bila ada kesalaahan dalam penulisan syntak.

5. Bahasa C++

C++ merupakan bahasa yang terstruktur, dengan demikian akan lebih mendukung OOP. Kode program dalam bahasa C++ bersifat reuseable, sehingga dapat digunakan Kembali pada projek lain dengan hanya menggunakan library.

6. Bahasa fortran

Fortran tidak menangani operasi input output pada peralatan penyimpanan se-efisien yang lain yang memiliki level lebih tinggi, tetapi bahasa pemrogaman fortran menangani ekspresi matematika dan logika yang kompleks.

7. Bahasa HTML

Bahasa pemrograman HTML merupakan bahasa pengkodean yang lintas platform (cross platform), maksudnya HTML dapat digunakan pada berbagai jenis mesin komputer yang berbeda dan berbagai macam sistem operasi yang berbeda. HTML dapat disisipi gambar, baik gambar statis atau dinamis. Akan tetapi, HTML memiliki tag-tag yang banyak sehingga susah dipelajari untuk yang masih awam.

8. Bahasa PHP

PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya. PHP merupakan bahasa open source yang dapat digunakan diberbagai mesin (linux, unix, macintosh, windows) yang dapat dijalankan secara runtime melalui console.


Jika teman-teman ingin menjadi seorang programmer, maka harus memahami terlebih dahulu apa saja yang harus disiapkan dalam membuat sebuah program. Seperti penjelasan diatas, akan memudahkan teman-teman dalam memahami apa itu sebuah program dan isinya.


understand the earliest to start a big thing

Erinta, Djogja 11 februari 2022


Referensi :


PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!

YouTube: https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia

Instagram: https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/

Facebook: https://www.facebook.com/kmtech.id

LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/kmtek







655 views0 comments

Recent Posts

See All