top of page
Search

Apa Itu Mikrotik? Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Fitur Mikrotik Secara Lengkap

Pengertian Mikrotik


Mikrotik_KMTek
https://gmdp.net.id/artikel/pengertian-mikrotik/

Mikrotik adalah suatu sistem operasi independen berupa perangkat lunak (software) yang mampu menghubungkan perangkat lebih dari satu jaringan, dan digunakan untuk menjadikan komputer sebagai router jaringan yang handal. Mikrotik memiliki berbagai fitur yang cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot, dan warnet, di mana fitur-fitur tersebut dibuat untuk IP network dan jaringan wireless. Administrasi jaringan komputer menjadi pekerjaan yang sangat cocok menggunakan sistem operasi ini, misalnya saja untuk membangun sistem jaringan komputer besar atau pun kecil. Selain itu, mikrotik juga menawarkan berbagai fasilitas mulai dari management bandwidth, statefull firewall, hotspot for plug-and-play access, remote winbox GUI admin, hingga routing.

Akan tetapi, rupanya masih banyak orang yang belum memahami perbedaan antara mikrotik dan router. Router adalah perangkat keras yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara dua jaringan atau lebih, sedangkan mikrotik adalah sistem operasi golongan open source berupa software yang digunakan untuk menjadikan komputer sebagai router jaringan.


Fungsi Mikrotik


Fungsi Mikrotik_KMTek
https://gmdp.net.id/artikel/pengertian-mikrotik/

1. Memberikan sistem otentikasi

Mikrotik dapat digunakan untuk memblokir situs dengan konten yang dilarang oleh Undang-Undang. Hal ini berdampak positif karena mampu mengurangi konten-konten yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

2. Untuk pengelolaan sistem jaringan internet

Administrator dapat melakukan pengelolaan dan manajemen data dengan lebih baik karena jaringan internet lebih terpusat.

3. Konfigurasi jaringan lokal

Konfigurasi LAN (Local Area Network) yang menggunakan PC Mikrotik Router OS dan hardware yang berspesifikasi lebih rendah dapat diatur dengan menggunakan mikrotik.

4. Pembuatan PPPoE server

5. Berperan sebagai hotspot

Konfigurasi dan membagi bandwidth bagi setiap jaringan komputer akan sangat mudah karena mikrotik juga berperan sebagai hotspot.


Jenis-Jenis Mikrotik


Setelah mengetahui beberapa fungsi dari mikrotik, selanjutnya kita akan memahami jenis-jenisnya. Berikut jenis-jenis mikrotik yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Mikrotik Router OS

Mikrotik Router OS memungkinkan untuk bisa menjadikan komputer dapat mempunyai kemampuan seperti router, firewall, bridge, hotspot, proxy server, dan masih banyak lagi. Ini karena mikrotik Router OS adalah sistem operasi jaringan yang berbasis UNIX. Untuk sistem operasi ini, sangatlah ringan karena hanya membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang rendah. Ada beberapa kelebihan yang diperoleh dari mikrotik Router OS, yaitu.

  • Berbasis linux sehingga ringan digunakan

  • Mikrotik Router OS dapat merubah komputer biasa menjadi router handal

  • Diinstall pada power PC

  • Diinstall sebagai sistem operasi

2. Router Board

Router Board dikembangkan oleh Perusahaan Mikrotik dalam bentuk perangkat keras khusus dan dikemas dalam board router yang di dalamnya sudah terinstal Mikrotik Router OS. Router Board memiliki beberapa kelebihan seperti berikut.

  • Instalasinya yang mudah

  • Hemat biaya

  • Spesifikasi komputer yang tidak terlalu tinggi


https://baophong.vn/huong-dan-cau-hinh-router-mikrotik/

Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik


Kelebihan Mikrotik

1. Harga lisensi router board jauh lebih murah dibanding router OS, sehingga lebih hemat biaya.

2. Hemat listrik

3. Proses instalasi tidak ribet, hanya perlu nyalakan setting maka router siap digunakan.

4. Untuk router yang beban kerjanya kecil hingga menengah, cocok menggunakan mikrotik, sedangkan yang berat dapat membeli router board spek tinggi.


Kekurangan Mikrotik

1. Kurang bagus jika digunakan sebagai Web Proxy Internal.

2. Kerusakan berat pada hardware akan sulit diperbaiki, bahkan tidak jarang harus membeli yang baru, kecuali jika kerusakan ringan.

3. Spek hardware terbatas


Manfaat Menggunakan Mikrotik


1. Dapat menghubungkan beberapa jaringan lokal untuk dihubungkan ke internet dan dijadikan sebagai Internet Gateway bagi LAN (Local Area Network). Selain itu, router mikrotik juga mampu mengatur konten dari internet yang dapat diakses oleh client, juga mampu menjadi pengatur lalu lintas data yang masuk atau pun keluar.

2. Umumnya, jaringan publik seperti sekolah, kampus, atau pun cafe menggunakan router mikrotik sebagai access point wifi.

3. Dapat menghubungkan beberapa jaringan dan menentukan jalur terbaik menuju komputer atau alamat tujuan karena dapat dijadikan sebagai routing.


Fitur-Fitur Mikrotik


https://rahadd.blogspot.com/2017/04/4-cara-mengakses-router-mikrotik.html

  • Interface

  • Firewall

  • IP Routing

  • Service

  • Bandwidth management

  • AAA (Athorization And Accounting)

  • Monitoring

  • Diagnostic Tools and Scripting

  • VRRP (Virtual Router Redudant Protocol)

Itulah penjelasan mengenai pengertian, fungsi, jenis, manfaat, serta fitur-fitur yang terdapat pada mikrotik yang dilansir dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.


PT. Karya Merapi Teknologi

contact@kmtech.id


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri! YouTube:https://www.youtube.com/c/KMTekIndonesia Instagram:https://www.instagram.com/kmtek.indonesia/ Facebook:https://www.facebook.com/kmtech.id LinkedIn:https://www.linkedin.com/company/kmtek


Sumber:

https://www.sekawanmedia.co.id/blog/mikrotik-adalah/

https://pakdosen.co.id/mikrotik-adalah/


26 views1 comment
bottom of page